August 18, 2017

MotoGP: Honda Repsol tidak panik !

Memang Honda MotoGP harus menyikapi kondisi yang kini dialami nya dengan tidak main main lagi, dua seri dilibas tim Yamaha seperti halnya tim Ducati dan Suzuki yang menderita, Honda di awal musim juga mengalami kendala, Hanya Yamaha yang saat ini bisa menikmati kejayaannya, mengkoleksi kemenangan, podium,  pole position dan bahkan dengan bangga menempatkan empat sepeda motor Yamaha dari total  enam motor yang diturunkan di seri Argentina….
Walau  Yamaha belum bisa klaim kemenangan tahun ini karena itu baru awal dan hanya dua seri serta masih 16 lagi harus bersaing dan untuk alasan yang sama Honda tidak merasa putus asa dan selama masih ada  Marc Marquez yang tetap bisa turun ke trek tidak pernah menyerah kalah sampai dia melintasi garis finish terakhir di Grand Prix terakhir Valencia.

Seri pembuka GP Qatar kurang memberi keuntungan untuk HRC dengan menyelesaikan balapan di tempat keempat dan kelima untuk Marc Marquez dan Dani Pedrosa… Sirkuit Qatar memang tidak menguntungkan RC213V, berikutnya bencana melanda tim Orange ini di Argentina dua rider mereka jatuh  persis tempat yang sama di tikungan 2 dan dengan sebab yang sama, artinya bisa jadi ini adalah masalah motor…
Apakah Honda tidak perlu waspada setelah dua Grand Prix berlalu ? Dalam Klaseman sementara  Kejuaraan Dunia Maverick Vinales memimpin dengan 50 poin, Crutchlow pembalap Honda tertnggi dengan poin 16 di tempat kelima, Jack Miller posisi ketujuh dengan 15 point, Marc Marquez di posisi kedelapan dengan 13 poin dan Dani Pedrosa di tempat kesepuluh dengan 11 poin.

Dalam klasemen pabrikan Honda berada di posisi ketiga dengan 29 poin, di belakang Yamaha yang berhasil dipuncak dengan 50 point dan Ducati 33 poin… sementara klasemen tim Honda Repsol berada di posisi kelima dengan 24 poin,  memimpin Movistar Yamaha  86 point , Monster Yamaha Tech 3 posisi ke dua dengan 27 point , Octo Pramac Racing ketiga dengan 26 poin dan Tim Ducati 25 poin.. ada Pull & Bear Tim Aspar di posisi keenam dengan 21 poin.

Bagaimana pendapat Boss Honda dengan situasi sulit ini?  Livio Suppo pun menjawab,

“Kami melihat dari sisi positif nya bahwa tidak satu pun dari pembalap kami terluka dan keduanya sangat cepat… Selain itu Cal Crutchlow bisa raih podium dengan motor kami meski belum 100% dan masih memerlukan pengembangan lebih lanjut namun lebih kompetitif dibandingkan tahun lalu….Mengenai jatuhnya Marc Marquez Jika kita melihat catatan waktu Marc melaju dengan kencang walau tidak sangat cepat…dan yang dia lakukan adalah kecepatan race, untuk  Dani dia sedikit di belakang Danilo Petrucci, sayangnya  Rio Hondo adalah trek yang sangat licin dan permukaan yang tidak rata itulah yang menjadi sebab melakukan kesalahan….Sekarang kita harus tetap tenang dan tidak panik, Sepeda motor kita masih dalam proses pengembangan….  Selama warm up kedua pembalap kami merasa senang karena masih ada ruang untuk perbaikan…
Kejuaraan masih baru dimulai saya ingat pada tahun 2011, ketika itu Casey jatuh menyusul insiden dengan Valentino di Jerez di awal musim dan iru adalah balapan seri kedua…. Tapi kemudian kami memenangkan gelar dunia, Kami harus mengambil sesuatu yang bagus dari tiap balapan dan yang terbaik . “

Honda memang tidak panik dengan kondisi ini berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya karena senjata mereka adalah Marc Marquez dan perbaikan RC213V .. yup keduanya bisa diandalkan buat membendung dominasi Yamaha-Vinales dan Rossi ..

Comments Via Facebook

comments

3 Comments on MotoGP: Honda Repsol tidak panik !

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: