Advertisements
January 23, 2017

Valentino Rossi (Yamaha) Rekrut Mark Elder (Ducati) Ahli Sasis dan Aerodinamika.. Wah Rahasia Ducati bisa Bocor ..???

"Tanggung jawab Mark Elder saat di Ducati adalah sebagai mekanik chassis reguler, namun Ducati mengubah mesin , semua bagian suspensi, bahkan elektronik(sehingga dia melihat bagaimana Ducati berevolusi), Tugas Utama Mark Elder di Yamaha fokus pada pengembangan bagian Ban, bahan bakar, dan fairing ...

Mark Elder (Amerika) seorang mekanik yang bekerja musim ini dengan tim Ducati dikabarkan akan hengkang ke tim Yamaha MotoGP.
Setelah sekian lama akhirnya mekanik spesialis MotoGP ini berhasil direbut untuk Valentino Rossi.
“Akan menyenangkan karena banyak warga Amerika di paddock, tapi tidak mudah menjadi mekanik, pekerjaan langka dan banyak yang ingin bekerja sebagai mekanik dari kelas kecil ke MotoGP ” kata Mark Elder
Mark Elder yang berasal dari Los Angeles, menjadi bagian dari Ducati di MotoGP sejak tahun 2003 dan melakoni 245 race … dimana sebelumnya dia ikut membantu dalam ajang  World Superbike dengan Ducati dan AMA Superbike dengan tim Vance & Hines.

andrea-dovizioso-ducati-mark-elder
Mark Elder kini  bergabung dengan Yamaha, dimana dia akan bekerja di garasi Valentino Rossi , namun tugas Mark bertambah berat karena kalau di Ducati dia berfokus pada pengembangan  chassis untuk Andrea Dovizioso… di Yamaha, dia akan memiliki tiga tugas khusus…!!

“Tanggung jawab saya saat di Ducati adalah sebagai  mekanik chassis reguler, di Ducati kami mengubah  mesin , semua bagian suspensi, bahkan elektronik………..Tugas Utama saya di Yamaha hanya tiga yaitu bagian Ban, bahan bakar, dan fairing … dan ketika tugas saya kelar sebagai mekanik maka saya akan membantu orang lain selagi saya bisa…..”kata Elder

Mark Elder termasuk orang yang paling awet sebetulnya di Tim merah ..dia menyaksikan beberapa kru yang keluar masuk tim lalu lalang dan melihat cerita mereka.. Elder banyak menyaksikan perubahan personil di dalam garasi ducati hingga sekitar  empat tahun yang lalu, sebagian besar tim sudah sama sejak dia membidani mesin di kelas Superbike, lebih mirip seperti keluarga kata elder, spertinya dia kerasan dengan kondisi yang mirip keluarga itu…
Lalu elder juga menyaksikan saat kelompok inti telah pergi…dimana ada kelompok yang datang dengan Troy Bayliss, bekerja sama dengan Casey Stoner, dan kemudian pergi dengan Stoner juga (ke Honda)  Dan kemudian ada tim saya, yang bekerja dengan Loris Capirossi, Marco Melandri, dan Nicky Hayden…. dan seperti terahir adalah dengan tim Dovi dimana Elder dan Dovi bersama-sama selama empat tahun.
Namun kata Elder ada beberapa orang di tim yang sudah dia kenal selama 15 tahun….serta beberapa insinyur yang juga telah ada sejak awal. ada pula sekelompok besar orang-orang pergi untuk bekerja di tim Suzuki…Hingga pada akhirnya, hanya ada segelintir dari tim di ducati yang telah ada selama ini dia miliki/kenal.
Pindah ke tim Yamaha ini sebenarnya tidak ada  dipikiran Elder,bahkan dia awalnya menolak tawaran Yamaha. .
“Bukan hal yang mudah untuk mengambil keputusan seperti itu psatinya( pergi dari Ducati) . Pada awalnya, saya mengatakan kepada mereka bahwa aku tidak akan pergi(ke Yamaha) dan pasti tidak…Lalu aku berubah pikiran, menelepon mereka, dan bertanya apakah aku bisa memiliki satu minggu untuk memutuskan. Pada saat itu, saya sudah memutuskan. ”
Lalu bagaimana sih sebenarnya kehidupn mekanik ini..dimana saat dulu jadi mekanik Amerika Superbike dibandingkan Ikut sirkus MotoGP..?
“Di Amerika(superbike), kami bekerja Senin sampai Jumat kemudian bekerja  di “shop” dan kemudian pergi ke arena balapan, Di sini (MotoGP)Anda terbang  melakukan pekerjaan dan pulang. Kita sudah banyak pergi ke beberapa tempat, sehingga akan jauh lebih sulit jika kita harus berada di tempat kerja setiap hari. “kata Elder.
Kini Elder akan terus hidup bersama keluarganya di dekat pabrik Ducati di Bologna. “Yamaha shop dekat Milan,” katanya, “sehingga tidak jauh, beberapa jam dengan mengendarai mobil, jika saya harus pergi ke sana. Di Ducati, beberapa insinyur harus sering ke pabrik cukup sering dimana Gigi Dall’Igna selalu di kantornya. ”
Sejatinya Elder sudah pernah bekerja dengan Rossi selama musim 2011-2012 saat di Ducati. “Saya bergabung dengan baik saat Valentino Rossi di ducati, menjadi  mekanik nya, menjadi bagian seluruh tim,” katanya. “Itu sangat membantu karena kami pernah bekerja dengan mereka selama dua tahun. ”
Tentang kemenangan Dovizioso di Malaysia Elder berujar “Kemenangan Dovizioso di Malaysia adalah hadiah perpisahan yang manis untuk saya..Itu bagus, Sudah lama baginya dan juga timnya dimana rider ducati  tidak memenangkan balapan lagi sejak era Loris Capirossi pada tahun 2007. Jadi, itu sangat memuaskan. Plus, kita ingin lebih dari Dovi karena ia adalah orang yang hebat dan layak mendapatkannya. ”
mark-elder-dan-jeremy-burgess
Hubungan Mark Elder dan mantan crewchief Rossi dulu, Jeremy Burgess,ternyata dekat juga ya teman baik ternyata…

Advertisements

Comments Via Facebook

comments

1 Comment on Valentino Rossi (Yamaha) Rekrut Mark Elder (Ducati) Ahli Sasis dan Aerodinamika.. Wah Rahasia Ducati bisa Bocor ..???

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: