July 21, 2017

Shuhei Nakamoto Buka Rahasia: HRC Punya Motor Terkencang(hyper) di MotoGP..!!!

shuhei nakamoto

Wakil Presiden HRC Shuhei Nakamoto beberkan rahasia bahwa Honda punya motor Hyper dan super cepat…dan bicara kenapa motor Dani Pedrosa gak pakai sayap namun tetap ngacir di Misano, dimana hal ini erat sekali hubungannya dengan sisi aerodinamika motor RC213V, yah dengan tanpa winglet Dani begitu kencang dan menunjukkan performa yang mengejutkan semua pihak… memang winglet adalah temuan dari Ducati dan disesuaikan dengan karakter Desmo…bukan yang lain.. 😀
Bahkan Dani juga tidak menggunakan winglet di seri Sachsenring, Silverstone dan Brno, kecuali di Sirkuit Red Bull Ring itupun hanya sayap kecil yang melekat pada fairing Pedrosa.

Dani Pedrosa Sachsenring
Dani Pedrosa Sachsenring
Dani Pedrosa Silverstone
Dani Pedrosa Silverstone

Sebenarnya rahasia itu sudah dibeberkan saat seri Silverstone dimana Honda sudah menguji aerodinamika motor di Suzuka dan kecepatan perlap RCV justru lebih cepat 1 detik dengan RC213V…bahkan lebih dari satu detik katanya…yang boneng….? gimana detail cerita horror itu… 😀

Dani Pedrosa Brno 2016
Dani Pedrosa Brno 2016

Winglet memang kontroversial dimana ketika para insinyur berupaya menyiasati downforce dengan perangkat satu ini kini justru dilarang dimana sayap pada motor  di MotoGP  memiliki efek positif pada kinerja motor, tapi mengapa  Dani Pedrosa tidak memakai sayap itu di beberapa seri…???
Berikut Penjelasan Nakamoto….

“Dengar, biarkan aku memberitahu Anda sesuatu yang Anda tidak tahu, diawali, sebelum mengungkapkan hal yang menarik dan relevan…Lebih dari 20 tahun yang lalu di Honda, kami membangun motor dengan aerodinamis sempurna. Kita sudah uji di Suzuka dan kecepatan per lap-nya lebih dari satu detik lebih cepat per lap dari motor yang kami gunakan balapan saat ini … lebih dari satu detik…!! ”
Namun motor itu tidak pernah digunakan untuk balapan…kenapa…?

Dani pedrosa

“Bukan karena alasan teknis , namun karena setelah satu lap pengendara selesai,tidak bisa melanjutkan race lagi karena kondisi fisik tes ridernya… motor ‘hyper-physical’ untuk dinaiki…Ya, motor yang cepat, sangat cepat, lebih dari satu detik lebih cepat dari apa yang kita punya, tapi tidak ada pengendara bisa naik lebih dari dua lap. Dan omong-omong, sepeda itu paling jelek yang pernah saya lihat dalam hidup saya! ” kata Nakamoto sambil tertawa…

Dengan pernyataan Nakamoto maka ada beberapa hal yang bisa disimpulkan bahwa ketika Honda mendapat tantangan masalah aerodinamika pabrikan berlogo sayap mengepak ini adalah yang paling siap dengan teknologi dan dana yang melimpah… dan masalah kenapa Dani tidak memakai winglet adalah karena masalah fisik saja, dengan motor yang kencang dan dengan aerodinamika bagus justru fisik dani yang mungil akan terkuras dan akan loyo dalam full race….

Jadi, kurangnya sayap pada RC213V Dani Pedrosa di Misano tidak ada hubungannya dengan hasil balapan yang menakjubkan nya. Itu tidak lebih dikarenakan  pilihan ban yang unik, yang memberi kepercayaan diri Dani untuk mengendarai RCV. Karena sisi teknis motor tentu penting, tetapi dalam balap motor, yang membuat perbedaan adalah otak pengendaranya.

Dan sepertinya HRC punya motor bengis dan sadis namun tidak diturunkan disirkuit buat balap MotoGP…wah..ternyata Honda lebih galak dari Ducati dalam masalah development…wajar..tim kaya.. Dana unlimited … Hahaha…. ($mile)

Casey-Stoner-Honda-RC213V-test-Motegi-HRC 2014

Comments Via Facebook

comments

Berlangganan/ Subscribe Blog 'ridertua' via Email 👍

Artikel dalam Blog ini menarik bagi anda? Daftarkan Email anda untuk mendapatkan update rutin dari ridertua via email, gratis !!

Join 43 other subscribers

5 Comments on Shuhei Nakamoto Buka Rahasia: HRC Punya Motor Terkencang(hyper) di MotoGP..!!!

  1. ah gak yakin,kalau ia kenapa gak dikeluarin pas mereka terseok-seok 2007-2010? kenapa juga gak koar koar dulu jaman 2tak intinya gini om kalau memang ada keluarin minimal adopsi perangkatnya kalau cuma ngomong hantu juga bisa buktikan aja bukannya mereka mewek sama dorna?

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: