Ini Ternyata Kelemahan Motor Superbike 2016 Yamaha YZF-R1 Kata Josh Brookes

josh brookes

YZF R1

RiderTua.Com— Josh Brookes kini bergabung dengan  Team Milwaukee BMW dengan Juragannya Shaun Muir , Buka- bukaan tentang motor Tim Yamaha WSBK yang tahun kemarin pernah dibelanya itu…Sangat menarik ketika ditanya apa saja kelemahan dari YZF R1 saat dia tunggangi dulu ( Milwaukee Yamaha R1 British Superbike Team)
Sebagai mantan pembalap yang pernah Juara dengan motor R1 tentunya dia tahu apa kelebihan dan kekurangan R1 saat ini… karena ini bukan motor Prototype bisa jadi tidak akan banyak berubah dari tahun lalu…sepertinya itu sudah menjadi karakter motor-motor Yamaha baik dikelas MotoGP atau Superbike-nya…jika masalah ini tidak segera terpecahkan maka Josh ragu musim ini Yamaha WSBK tidak akan bisa kompetitif…lalu masalah apa itu…sepertinya sudah bisa ditebak…ya…

“Yang kita rasakan kekurangan dari motor R1 adalah masalah Top Speed… R1 adalah motor dengan handling yang Indah, aku merasa ingin menaikinya saat  melihatnya di garasi sebelah saat ini. Saya memiliki banyak ‘Feel’ yang baik dengan motor ini ….Tapi Anda tidak bisa mengabaikan fakta bahwa titik lemah motor ini adalah powernya , bukan delivery tenaganya karena memang sangat halus, tapi power ‘instan’  adalah area yang membuat kami takut disuatu saat akan kurang saat duel…”  Kata Brookes

2015-Yamaha-YZF-R1M

 

Memang saat geber R1 dulu di trek lurus Josh Brookes sering khawatirkan power motor Yamaha-nya, dan  Brookes merasakan Yamaha masih defisit(kurang) power 20bhp dibanding pesaingnya saat ini , tapi jika masalah Power ini bisa diatasi, R1 adalah  senjata ampuh pada grid World Superbike bagi Tim Crescent  Yamaha WSBK  Racing  besutan Paul Denning dengan pembalapnya Alex Lowes dan Sylvain Guintoli.

2015-yamaha-yzf-r1m

Comments Via Facebook

comments

14 Comments

  1. Masih awal ikut WSBK, masih wjar ane kira kalo problem power mendera, dulu saat kawasaki ZX 10R ikut superbike tahun 2011-2012 pada awalnya, mereka juga belum mampu berbicara banyak, sering diasapi kompetitor, namun setelah riset dan pengembangan selama beberapa tahun terakhir, ZX 10R akhirnya bisa menjadi penguasa WSBK, yg jadi pertanyaan, CBR 1000 rr, yg katanya punya chassis terbaik, yg sudah sejak tahun 2008 katanya punya desain timeless itu kok belom mampu jadi juara dunia yee?

  2. yg paling powerful ninja ZX-10 dan ducati 1199r. menurut hayden sendiri lebih cepat 7 km/jam di lintasan lurus aragon.

    yamaha r1 crossplane crankshaft, firing order non konvensional mungkin kalah peak power dg motor screamer dg firing order konvensional. walaupun power delivery r1 lebih rata (linear), mengurangi ban belakang spin pada waktu akselerasi kuat posisi motor masih miring utk keluar tikungan. jga ban bisa sedikit lebih awet.

    tapi jockey yamaha cukup paten, ada silvain guintoli juara wsbk musim 2014

    motor wsbk siap fight di 2016 :
    https://sepedamotorblok.wordpress.com/2016/01/28/motor-motor-wsbk-siap-fight-di-musim-balap-2016/

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*