Suzuki belum Siap Dengan Tim Satelit Tahun Depan….Tahun 2017..??

Suzuki Maverick Aleix

RiderTua.Com— Tahun ini adalah tahun kembalinya Suzuki pada ajang balap MotoGP, dimana saat ini lagi sibuk dengan pengembangan motor demi meladeni pergerakan yang agresif dari para pesaingnya, namun sejalan dengan regulasi baru untuk tahun 2017 dimana setiap tim pabrikan diharuskan punya tim “pendamping” adalah hal yang masih menyisakan tanya buat tim Jepang ini… apakah iya sanggup melayani 4 rider dengan kondisi saat ini sedangkan persaingan semakin ketat…???
Suzuki MotoGP 2015

 

Perkembangan Suzuki di musim ini sangat positif namun dipastikan belum terfikirkan akan “membelah diri” dengan menyajikan tim satelit dimana regulasi 2017 akan merevisi kontrak  dengan produsen di kelas MotoGP selama 5 tahun , dengan menyelipkan tim satelit pada tim pabrikan saat nanti (Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, Aprilia dan KTM)  dengan dua rider masing-masing …jadi harus ada 4 motor dan 4 rider… tiap tim pabrikan…. bagi tim besar seperti Honda sih gak masalah (kini ada 8 rider Honda) Ducati mengusulkan 6 rider, sedangkan Yamaha menyarankan 4 saja sudah cukup untuk musim 2017…
suzuki-motogp-davide-brivio

Team Manager Davide Brivio pun angkat bicara menyikapi rencana Dorna ini:

Kami mendengar ide-ide Dorna  itu, tapi buat Suzuki itu tidak mudah untuk meningkatkan line -up MotoGP menjadi empat mesin, selama kami bertahun-tahun ikut ajang ini (motoGP) tidak pernah ada tim satelit  sejak tahun 2002 ….kita masih mempertimbangkan hal ini mungkin pada tahun 2017.
Namun  Suzuki  pada tahun 2016 masih akan  fokus pada tim kerja dengan Aleix Espargaró dan Maverick Vinales dalam tahap pengembangan dan masih sulit untuk melayani 4 rider..
Mungkin jika tahun 2016 kondisi kita stabil bisa mempertimbangkannya tahun berikutnya untuk memasukkan tim satelit

Ketika disinggung apakah akan mengikuti jejak Ducat,i dimana ketika Suzuki masuk 6 besar rider pabrikan tercepat, baru akan siap menerjunkan tim satelitnya… Suzuki masih belum yakin karena masalahnya tidak semudah itu hanya memberikan motor doang ke tim lain, dimana selain masalah sponsor masalah pengadaan Part dan tim mekanik juga jadi masalah lainnya….

Suzuki MotoGP 2015
Atau bisa jadi mengikuti cara Honda dengan kolaborasinya with HRC..? Atau menggunakan Opsi lain dengan tim open … masih-masih dipertimbangkan…
Sepertinya dan seharusnya Dorna jangan terlalu memaksa tim baru untuk hadirkan tim satelit…selain dari sisi dana…mereka masih fokus dalam pengembangan motor agar kompetitif… kalau ditekan terus bisa jadi mereka akan mundur maning loh….
Btw…gimana nih Kawasaki…??? 😀

 

Comments Via Facebook

comments

5 Comments

  1. si dorna ni kadang2 rada2 jg, dah tau tim factory suzuki msh selevel dgn tim satelit pabrikan lain, maksa lg bkin tim satelit, emang ada yg mau, ,,,

  2. mungkin kalo kawasaki ikut, dan ktm juga ikut, bakal rame, bisa jadi sebagian pabrikan saja yang harus ada tim satelitnya.

  3. @raybers: boleh jadi regulasi baru akan membuat suzuki kompetitif. kan isunya aplikasi ecu akan jadi satu model.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*