Berprasangka Buruk Terhadap Pengendara Lain akan "selamat"…Kok bisa…???

Lampu Merah

Dalam berkendara di era kini kita harus dituntut extra hati-hati… bahkan kita yang sudah tertib dan ikuti aturan tidak menjamin akan selamat…tidak menjamin kita tidak akan celaka…dan cedera…
Semua itu bersumber dari pengendara lain… lalu kenapa judul diatas seperti sebuah hal yang tampaknya “ora umum” wong berprasangka itu kan harusnya yang baik…. to?

lampu merah

Di tempat RT ada perempatan yang baru saja dipasang lampu merah(Traffic light) sudah berapa korban nyawa meregang diperempatan itu… selain karena itu adalah jalan Provinsi yang menghubungkan Bali dan Surabaya ..kesadaran pengendara juga minim… petugas polisi juga standby-nya di jam-jam tertentu saja…
Nah mungkin karena belum terbiasa atau memang sengaja melanggar Lampu merah korbanpun berjatuhan… seorang ibu (guru sekolah dasar) yang sekitar jam 2 siang pulang dari ngajar sekolah… ketika mendapati lampu sudah hijau dengan percaya diri dia masuk kejalur  utama jalan raya tadi…. sebuah mobil Avanza dengan kencang tak bisa mengendalikan laju kendaraannya… mungkin karena jam-jam segitu tidak ada petugas bisanya baik motor mupun mobil sering melakukan pelanggaran…
Kembali ke si-ibu tadi…dimana akhirnya tewas di TKP …dia menganggap bahwa lampu Hijau sudah pasti tidak ada kendaraan lain yang akan menabraknya dari arah belakangnya…

Dari kejadian di atas kalau kita berfikir ” pasti nanti ada kendaraan yang akan menerobos lampu merah” akan lebih aman dibanding
” pasti semua pengendara taat aturan lalu lintas(tidak melanggar lampu merah)”

Kemungkinan selamat akan lebih besar jika kita berfikir “TIDAK SEMUA ORANG TAAT LALU LINTAS” … ini demi keselamatan kita sendiri…
Bukan kita berprasangka buruk terhadap individu pengendara lain..namun kita antisipasi terhadap “perilaku” mereka pada umumnya….
Contoh lagi apakah setiap orang yang belok akan memberi tanda lampu sein..? nah jika kita berada dibelakang mereka, kita harus berfikir “bagaimana jika tiba-tiba dia belok tanpa kasih sein..? ” artinya waspada dan mending bisa memposisikan ditempat yang aman…sewaktu-waktu dia belok mendadak piye jal…???

Bagaimana bro… walau RT berprasangka buruk terhadap pengendara lain…tapi para pembaca disini baik-baik kok 😀

Comments Via Facebook

comments

BMW 6 series Gran Turismo

Tahun Ini BMW Indonesia Akan Meluncurkan 10 Mobil Baru

Tak hanya produsen mobil Jepang yang menyiapkan model terbaru di tahun ini. BMW Indonesia juga tak mau ketinggalan. Produsen mobil asal Eropa ini rencananya akan meramaikan pasar mobil baru di Indonesia. Tahun Ini BMW Indonesia akan [ Baca Lagi...]

24 Comments

  1. Pertamax ga nih? Kejadian belok tanpa pake sein, minggu lalu nona muda ane yg dibonceng adenya kena tuh. Apanjah mo belok kiri, si nona mau lurus. Tiba” apanjah belok dan nyrempet si nona mpe jatoh. Bruk. Baru sein dinyalain. Hahaha, pekok. Kadang mesti maen feeling jg, liat arah ban nya, apa keliatan mau belok ga, liat pergerakan kendaraannya lurus apa rada mencong. Cz kalo berpatokan dasar kaya sein kiri ya belok kiri, gada sein ga belok, wis selamat deh.

    • MANUSIA2 ZAMAN SKRNG MEMANG BRENGSEK KALOK BERKENDARA, APALGI DISINI, BRENGSEK SEMUA!!!!!! BEDA SM TAON 80-90AN DIMANA KALOK KITA NGEBUT PATOKANNYA LAMPU SEIN ORANG MASIH BISA, SKRNG SEENAK UDELNYA SEMUA PENGENDARA BANGSAT2….!!!!

  2. Thx pa RT.. dksh wejangan informatif. Kadang sein idup jg juga bikin ragu2, lupa matiin, mo nyalip ato belok. Klo ane mo belok selain sein pake isyarat nengok jg kaki, jadi yg belakang lg ngikutin langsung ngerti.

  3. Betul Pak RT.
    Memang menurut kaidah Defensive Driving, salah satunya adalah kita harus antisipasi kelakuan pemakai jalan lain.
    Misalnya di trffic light, kalo lampu ijo ya jangan langsung gas, tapi liat dulu apa jalan sudah bebas.
    Saya juga pernah menyaksikan sendiri dari atas bis, pengendara Vespa yg langsung gas waktu lampu ijo, ditabrak ama Minicab yg ngelanggar lampu merah.

  4. turut berduka buat korban. pengendara mobil Avanza pasti taat lalu lintas. jadi yang nabrak pasti siibu korban tersebut.

    eniwei, kalo dijalanan anggap aja semua musuh yang mau bunuh kita. di lamer pun tengak tengok kalo mw nyebrang.

    bikerpul otder, dey ar enimel…

    😉

      • saya pernah mental di jalan cacing pak rt, truk kontainer ngebut, kena anginnya aja motor saya tergelincir. mereka tau saya ada disitu tapi mereka gak perduli jadi ya tetep ngebut dengan suara gedombreng besi yang beradu.

        darah pemotor itu halal bagi supir truk, bis dan mobil pribadi(terutama yg kokay). jadi hati2 aja ma mereka.

      • @ ROI SEMPAK :
        LOE BILANG DARAH BIKER HALAL??!!
        SILAHKEN LOE COBA BERKENDARA DISINI!!!! YG NGUASAI JALANAN DISINI JUSTRU PARA BIKER, ANJRET DAH..!!!!!!!!!
        NYOPIR MOBIL DISINI JARAK 10 KM BISA 1 JAM’AN..!!!!!!

  5. SEBENERNYA PABRIKAN KENDARAAN JUGAK BERKONTRIBUSI :
    1. MOBIL2 BARU JAMAN SKRNG SPEDOONYA DIGITAL, JDI OTOMATIS ISI LAMPU, AKIBATNYA : DI KOTA2 BANYAK PEMOBIL YG SUKAK LUPA NGIDUPIN LAMPU PAS MALEM….
    2. SEIN MOTOR NDAK BUNYI KAYAK JAMAN 80’AN DULU, AKIBATNYA BANYAK BIKER BRENGSEK YG SUKAK LUPA MATIIN SEIN DAN BRAKIBAT FATAL..!!!

1 Trackback / Pingback

  1. Mengerikan..!! Truk itu Tak Mampu Menaiki Tanjakan dan Lalu Mundur..,Tepat Beberapa Meter di Depanku.. | Bakul Kangkung Jpr

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*