Ambil Keuntungan Terlalu Besar Pabrikan Roda Dua Di Indonesia Akan diperiksa Pemerintah…

bebek jalanan

Menurut Pemerintah, melalui Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) biaya produksi untuk motor bebek dan skutik rata-rata hanya Rp 7,5 juta atau maksimal  Rp 8 juta per unit nya ..saat ini para produsen roda dua tanah air menjualnya  dengan  harga rata-rata di atas Rp 15 juta …Menurut KPPU harga yang wajar untuk motor bebek dan skutik adalah mentok di angka 12 juta saja… dengan kondisi ini secara hitungan produsen menetapkan harga dua kali lipatnya…( Biaya produksi 7,5 juta dijual 15 juta..)
Kenapa Harganya bisa “mahal” ?..berikut pendapat Versi Pemerintah dan Pihak Produsen..

hak konsumen

Menurut KPPU :

  • Produsen terlalu banyak mengambil keuntungan.
  • Terjadi kesepakatan antar sesama produsen untuk tidak menurunkan harga

Menurut Produsen:

  • Produsen  melakukan persaingan secara wajar.
  • Harga Rp 15 jutaan itu masuk akal dan wajar.
  • Harga per unit motor itu ditentukan berdasar biaya produksi, bahan baku, pajak, dan ongkos angkut…

Nah tindakan pemerintah nantinya akan memeriksa, mengundang dan mengklarifikasi masalah ini terhadap  semua pabrikan roda dua di tanah air, karena ada keanehan dimana pabrikan tertentu keuntungannya naik, namun produksi turun… ???
Benar tidaknya pabrikan melakukan “kecurangan” kita tunggu saja hasil investigasi dari KPPU karena menurut mereka jika hal ini benar terbukti dan dibiarkan maka  hak-hak konsumen untuk mendapatkan harga yang wajar terampas.

Siapakah nanti yang akan ‘dijewer’…atau memang pabrikan roda dua tidak berlaku curang atauuuu.. beritanya akan tenggelam & menguap…? embohlah
# Urusane sopo..?

Comments Via Facebook

comments

30 Comments

  1. yg pasti

    karena karyawan gajinya setiap thn minta naek.

    plus tunjangan kesehatan buat anak dan istri ( kalu permanent yach)

    kalu karyawan outscour yach ngak ada tunjgan buat keluarga ( nasib)

  2. Hrga motor overprice nggak 100% kesalahan pabrikan… Dikasih motor harga realistis ngga mau beli alasannya takut ini itu, onderdil, merk nggak terkenal… Lbh milih yg overprice…. Sekarang didikte pabrikan…. Kapokmu 😀 …. Sssttt blogger kudu jd penengah…. Kecuali ikut menangguk untung 😀

  3. 1triliun(1000M) kalau ditaro diBank bunga 0,5persen/bln dapat 5M/Bln.invest Pabrik+Bangunan+Mesin Produksi harus dihitung”berbunga”.jadi= Biaya Produksi+Bunga total Investasi+Biaya Bulanan Pabrik diluar Produksi.dibagi hasil produksi=harga modal barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*