Istilah DOHC seakan kelas “dewa” di Roda dua…Tapi jika di mobil kok Biasa aja ya… Tanya Kenapa?

dohc
Ketika RT bincang dengan seorang mekanik mobil saat servis dan bilang DOHC pada type mobil tertentu terlihat sang mekanik tidak terlalu tertarik membincangkannya..seolah DOHC itu hal yang biasa saja… namun seperti yang kita ulas dan bahas diartikel terdahulu seolah DOHC itu adalah yang paling super dan dewanya type engine…
grandmax

Terlepas dari keuntungan masing-masing type engine itu kok di Roda dua ini yang paling seru pembahasannya tentang DOHC Vs SOHC…. apakah RT saja yang kurang pengetahuan tentang mobil atau gimana…karena didunia roda 4 DOHC itu buat angkutan… πŸ˜€

mobilio

Sebenarnya RT tahu jawabannya tapi emoh menjabarkan disini…kasih tau gak eaaa… :mrgreen:

ninja Vs Hayabusa

Comments Via Facebook

comments

63 Comments

  1. kalu tdk salah ada yg pernah komen,

    bahwa putaran mesin mobil lebih rendah dari putaran mesin motor

    itun mungkin yg menyebabken dohc di mobil ngak terlalu ngaruh

    makanya dohc diandalken di balap, karena putarannya tinggi sekali

    tanya warung dohc aja pak rt

  2. sakjane nek ming mtr cc cilik cukup sohc…
    dohc ming kanggo gimmick marketing men ketok unggul dbanding kompetitor…
    ngono to pak rt????

  3. kalo di mobil DOHC itu murahan pak RT πŸ˜€

    sangking murahannya HONDA ga pakai buat mobil andalannya (Jazz & Mobilio) :mrgreen:

    DOHC di mobil itu hanya cocok buat angkut penumpang dan barang. kalau SOHC cocok buat eleganitas dan kenyamanan berkendara bareng keluarga. πŸ˜‰

    hal ini membuka fakta bahwa DOHC juga justru lebih cocok buat putaran bawah. seperti motorcross spek DOHC tapi OVERSTROKE ya gan πŸ˜‰

  4. *DOHC sebenarnya lebih canggih dikarenakan 2 hal. sistem klep tahan pemuaian akibat panas di puataran atas jadi tetap persisi ga mengganggu kepersisian waktu oleh buka tutup klep. dan munculnya teknologi VVTi gan. makanya mobil demen pakai DOHC ada VVTi. mudah melakukan setting kepersisian disaat mobil suka minum ‘macam macam BBM’. πŸ˜‰

    SOHC itu irit ongkos produksi. tapi begitulah HONDA di permobilan. SOHC andalannya. atau SOHC pada Honda Jazz memang begitu superior dari sisi material. jadi ga perlu VVTi segala. hehe πŸ™‚

    kalau ada alasan lain saya kurang tau ya. semoga bisa terdukasi.

      • Vvti sama dengan ivtec cuma beda nama krna beda pabrikan. Mekanisme bukaan katup diatur secara elektronik. Beda sama idsi ini sama kyk pulsar dlm stu silinder ada 2budi

      • haha saya kecele dong ya. saya ga habis pikir ivtec di sini sama seperti vvti. karena saya logikakan percuma pakai vvti di mesin SOHC. saya pikir SOHC iti gimmick doang. kalau DOHC sangat cocok pakai ivtec. bukan berarti haram ya buat SOHC.

        eh pas saya denger denger di youtube … baru ngeh!

        macem macem mekanisme valve-timing itu. fokus utama ya ke irit dan speed. tapi ada juga yang vvti-e. yang bisa mengembalikan kepersisian material akibat kinerja mesin bekerja keras atau BBM ga cocok sehingga knockling atau lain hal.

        akhirnya saya menerima gokilnya honda yang bisa nge-trik supaya mesin SOHC bener bener optimal meskipun main putaran sedang menuju putaran atas.

        ga habis pikir..ternyata trik nya main ‘rocker arm’. juga main ‘cam’. tujuannya hanya untuk irit dan speed saja. jadi ga ada beda kemampuan SOHC ivtec dengan DOHC ivtec dalam hal ‘irt’.

        tapi soal speed beda.

        tentunya DOHC digunakan pada CRV dan seri lainnya hanya untuk CC terbesar. 1800 cc – 2000-an dan lebih. karena DOHC lebih tahan bermain putaran atas ketimbang SOHC.

        heh! runyem πŸ™‚

        thanks sudah disanggah.

  5. Mau DOHC atau SOHC sama aja.. tergantung karakter bore x stroke mesin itu sendiri.. jd untuk pemakaian harian DOHC atau SOHC gk ngaruh.. buktinya mobil honda jazz dgn SOHC nya bisa jauh lbh besar tenaganya dibanding pesaingnya yg DOHC..ya krn tergantung teknologi dan karakter mesin itu sndiri.

    DOHC dipakai balap alasannya krn lbh mudah saat penyetingan mesin..krn timing camnya bisa disetel secara individual, in dan out terpisah..beda sm SOHC yg lbh ribet, krn utk mengubah timing cam hrs ubah profil cam in dan out secara bersamaan.. CMIIW

      • hehe betul juga si agan ini. setuju. saya sudah nonton beberapa presentasi di youtube tentang teknologi ivtec. berkat ivtec dan mekanisme lain membuat SOHC se-superior DOHC bro. lah ya jelas kalau DOHC tambah dahsyat lah.

        saya yakin dengan logika awal. DOHC (dua cam) canggih sejak ditemukan vvti atau apa lah. karena timing valve bisa lebih fleksible dari SOHC (satu cam).

        tapiii soal irit sepertinya ga terlalu signifikan.

      • eh ya bro! saya.pikir kembali ini bukan sekedar DOHC atau SOHC. tapi mekanisme.

        bicara insinyur dan formula mesti tiap tahun perkembangannya positif. hasilnya mesin tambah irit tapi juga lebih berakselerasi.

        jangan lupa soal material bahan baku.

        atau juga regulasi suatu tempat.

        ya banyak faktor bukan!

        jadi ga close statement ya πŸ™‚

  6. dohc vs sohc, yg jelas mereka kalah sama 2tak, motor mending sohc aja lebih efisien, drpada dohc yg borosnya setara 2tak (contoh satria fu vs ninja rr) tp performa mirip2 sohc, kalau pilih performa mending 2 tak sekalian borosnya mirip dohc powernya 2x lipat dr dohc itu (cc sama)

    • Di anjungan lepas pantai kami ada Detroit Diesel SOHC 2 tak buat Emergency Genset. Trus ada Caterpillar DOHC buat Fire Pump.

  7. menurut saya jgn disamakan motor sama mobil. karena kita tau kalau kerja mesin motor itu jauh lebih berat dibandingkan dengan kerja mesin mobil.

  8. Yg bingung itu kalau kalau DOHC diset gede gir belakangnya, Biar gak kalah tarikan ama SOHC….. disini saja sudah jelas yg kepake buat harian umumnya itu di rpm mana…..

    Pinternya yg jual dohc itu turun di ajang balapan, sedang yg jual sohc di parkiran saja….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*