Kenapa Harley Tidak Pakai Radiator…?

Harley-Sportster-XR1200X

Kenapa motor-motor negara Amerika seperti Harley dengan kubikasi besar didesain dengan pendingin udara… Latar belakangnya adalah karena Amerika termasuk negeri 4 musim….dan Ini mungkin salah satu jawabannya…mungkin loh ya !

Anomali Air

Sejenak kita kembali belajar tentang Anomali air… air tidak sama dengan benda lainnya yang jika semakin dingin akan mengkerut, maka justru pada suhu dingin air akan memuai…diantara kurang lebih 15 juta zat kimia dijagad ini, air memiliki keunikan…Volume air akan bervariasi sesuai dengan kondisi suhu , peningkatan/ekspansi volumenya kisaran 9% saat pembekuan, hal inilah yang bisa menjelaskan kenapa pipa berisi air bisa meledak saat membeku…! (lihat artikel sebelumnya)
anomali perubahan volume air

Air (H2O) normal suhu 27ºC ~28ºC jika didinginkan akan menyusut     ( volume air akan berkurang ) dan mentok pada suhu 4 ° C terjadi keanehan itu… volume akan mulai bertambah (memuai) dan ekstrimnya pada suhu  0 °C akan memuai 9% peningkatannya….

water jacket cooling system

Sekarang bisa dibayangkan seberapa bermasalahnya jika air dipakai dalam “Cooling System” pada saat musim dingin….menurut penelitian 67% kerusakan diakibatkan dari gagalnya sistem ini bro… !
Pada saat musim dingin tentunya air akan membeku dan bisa jadi sistim pendingin akan terganggu…dimana air pada saat membeku akan mengembang(expand) dan tentu saja kondisi ini akan menggangu part ‘cooling’nya.. yang paling parah blok mesin bisa pecah…karena pada water cooling air pendingin ini kan menyelimuti mesin / Water jacket…!

motor dalam salju

Pada artikel terdahulu juga, tujuan gak dipakainya radiator selain pertimbangan style classic bike , efisien part dan kepraktisan..
Namun bagaimana jika musim panas? apakah radiator benar-benar tak berguna…manusia memang makhluk yang diberi akal dan kecerdikan selalu ada jalan keluarnya…ada semacam cairan antifreeze yang bisa mencegah pembekuan air hingga suhu -36º C…

Campuran harus tepat (50-50)kalau tidak,  maka bisa jadi akan membuat air cepat mendidih dan habis / boil over…..agak ribet to bro…atau saat ini sudah ditemukan lagi air Radiator khusus 4 musim..may be… .atau dipasang busi pemanas di blok mesin…ribet ah…

Kesimpulannya mungkin ini yang membuat desainer motor negara 4 musim lebih memilih pendingin udara ketimbang pakai radiator…dengan alasan praktis dan aman dari perubahan musim…. cmiiw

2015-Victory-Gunner

 

Nek gini carane mesin Honda Tiger gak masalah kalau dibawa ke kutub Utara… Vixion semakin ketinggalan disana… karena harus manasin mesin dulu, tiger dah ngacir duluan…. :mrgreen:

tiger-honda

 

*Bersyukurlah kita sebagai biker yang tinggal di daerah tropis… walau ‘miskin’ dan moge hanya impian, namun gak direpotkan dengan masalah musim dingin dan bersalju…Tuhan maha adil….opo gak ngono kang bro…?

Comments Via Facebook

comments

23 Comments

  1. Ya jangan kira msn Tiger lebihh mumpuni untuk menjelajah antar benua bro yang ga kuat itu ban rantai pokoknya mesin oke makanya kenapa mesti diskontinue klo msn vixion itu bukan penjelajah klopun bisa spartpart kurang durabilitynya dibanding tiger asal msn tigernya yang Ya jangan kira msn Tiger lebihh mumpuni untuk menjelajah antar benua bro yang ga kuat itu ban rantai pokoknya mesin oke makanya kenapa mesti diskontinue klo msn vixion itu bukan penjelajah klopun bisa spartpart kurang durabilitynya dibanding tiger asal msn tigernya yang Ya jangan kira msn Tiger lebihh mumpuni untuk menjelajah antar benua bro yang ga kuat itu ban rantai pokoknya mesin oke makanya kenapa mesti diskontinue klo msn vixion itu bukan penjelajah klopun bisa spartpart kurang durabilitynya dibanding tiger asal msn tigernya yang Ya jangan kira msn Tiger lebihh mumpuni untuk menjelajah antar benua bro yang ga kuat itu ban rantai pokoknya mesin oke makanya kenapa mesti diskontinue klo msn vixion itu bukan penjelajah klopun bisa spartpart kurang durabilitynya dibanding tiger asal msn tigernya yang ori

  2. Habis melototin harley terus ngelihat tiger rasanya aneh bingittss..lucu amir nih mongtor yakk

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*