Honda Little Bit Better Than Yamaha atau Much Better….???

RC212V Vs M1
Pernyataan Valentino Rossi di Media banyak mendekati kebenaran dan terbukti kemarin saat dia bilang “Sirkuit Mugello Baik Buat Yamaha, Namun masih Sulit Mengalahkan marquez” terbukti sudah kebenarannya….
Berikutnya adalah kata-kata lain yang diungkapkan Rossi tentang kedua motor pemuncak saat ini RCV dan M1… RT cuplik dikit aja pernyataan ini dan selalu diungkapkan oleh seorang Valentino dalam setiap pembicaraannya di berbagai media…

“And at this moment technically the Honda is a little bit better than the Yamaha..”

( Valentino Rossi)

Namun apakah benar Yamaha M1 kini hanya selisih sedikit saja dari Honda RCV performanya…? apakah Rossi hanya menjaga image Yamaha dengan tidak bilang Honda memang cepat dan tidak bilang berkali-kali “little bit”…??

Fakta 1:From ten to one“-nya Marquez jadi bukti kalau RCV memang kencang…sedangkan Pedrosa kala itu pasca operasi tentunya tidak maksimal…(Le-Mans 2014)

Fakta 2: Yamaha masih dalam uji coba chassis yang mana bagian ini adalah bagian yang paling vital untuk sebuah motor artinya Tim Yamaha belum menemukan”rumus” yang tepat dan fokus pada komposisi yang pas buat M1..dikuatkan dengan tidak stabilnya grafik performa M1 Lorenzo..setelah Mugello kemarin memang performa motor kembali bagus..Rossi dan Lorenzo bisa podium…namun tetap saja little bit…( Jerez 2014)

Fakta 3: Konsistensi perolehan Marquez pada musim ini sebuah bukti RCV cepat disetiap sirkuit walau memang rider berperan namun masa kini teknologi motor yang dominan to dibanding skill ridernya (Rossi dan Stoner pernah komplain bahkan Stoner hengkang dari motoGP gara-gara ini ..) (Qatar-Mugello 2014)

Fakta 4: Walau belum Final namun…. Lihat data di bawah ini
MotoGP Constructors’ Championship 2014 (after Mugello)

1Honda 150
2Yamaha 107
3Ducati 66

 

 

Comments Via Facebook

comments

29 Comments

  1. Fakta ada, sejarah mencatat, bukti seabrek…ya inilah yg bikin fbyek sering ayan, sembuh dikit koar2 ayan lg.. Yg tetap 2mingguan pasti ayan

  2. Ngitung nilai konstruktor niku pripun pak?
    Sebenarnya Yamaha unggul dalam gaji lho, apa masih kurang ya?

  3. Menurut saya sih bener “a little bit”. Dengan kemajuan riset dan teknologi sekarang, sebenarnya antar pabrikan bedanya tipis2 aja.
    Yg membedakan prestasi menurut saya lebih banyak ke skill pembalapnya. Saya rasakan sendiri udah lama, dulu tahun 1977 waktu saya masih suka main motocross (zaman Popo Hartopo dan Bandung Sunggoro), dgn motor yg sama, prestasi antar pembalap bisa beda jauh (apalagi dibanding saya walau motornya sama, he he).

  4. Untuk perolehan poin konstruktor, bukannya merupakan total capaian dari tiap pembalap dalam tim tersebut ya? Koq nilai pembalap ke-2 (Pedrosa) ga diikutkan?
    Kalo cuma Marquez doang sih ya, mungkin “cuma” 150 dari raihan sempurna di 6 balapan lalu. CMIIW

  5. m1 dan rc213v sudah maksimal ditangan kedua masing rider…kalo membandingkan performa dari kedua motor…jelas rc213v unggul telak dibanding m1…mugello adalah sirkuit yg sangat cocok dgn m1…potensi terbesar m1 bisa dikeluarkan secara total disirkuit ini…jika kemarin lorenso mampu meladeni keberingasan 93…itu karena terbantu oleh sirkuit dan rem yg memiliki diameter yg lebih lebar…padahal 93 menggunakan cakram yg standar…
    …jika 93 mampu melakukan exit cornering sebaik stoner…dimana putaran mesin tetap terjaga sehingga mampu melesat keluar tikungan bagai anak panah(ingat valencia 2011)…maka m1 plus lorenso dan rossi akan swmakin terbata bata melihat kebuasan rc213v…

  6. ku tunggu artikel selanjutnya jika yamaha udah ngalahin honda…. jangan maksa berita kalo yamaha emang KO…..

    • betul bro… RT tuh emang peliaraan YIMM,tumben artikelnya bener,biasanya kan yamaha hebat bisa ngalahin honda di sirkuitnya honda, padahal honda udah biasa ngalahin yamaha disirkuit yamaha.. tapi itulah RT!

      • Wah.. Tobat broo.. Hidup trlalu singkat untuk berburuk sangka.

        Lebih baik berbagi kebaikan drpd menanam bibit permusuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*