Sudah sesuaikah motor dengan kebutuhanmu…?

lampu motor

Bro Nonot(bukan nama sebenarnya) adalah karyawan sebuah perusahaan swasta, gaji per bulan (kotor) 3 juta , punya anak 2 masih kecil-kecil… kebutuhan sehari-hari karena hidup disebuah “kota satelit” sehingga tidak terlalu tinggi dalam pengeluaran buat kebutuhan sehari-hari sekitar 1,5 ~ 2 juta per bulan…
Bensin rata-rata 10 ribu per hari sebulan kira kira minim 300rb .. buat kebutuhan per bulan .. biaya rutin wajib cicilan motor 500rb..!!!

Satu yang menarik dari budaya masyarakat kita adalah adanya angsuran .. seakan gak bisa dipisahkan dari masyarakat kita, dimana kalaupun sudah lunas dan ada motor baru lagi…tetap berani ambil secara kredit… kalau kita lihat ilustrasi diatas untuk per bulan saja pas…dan empet-empetan..!! belum kalau jelang bulan puasa pengeluaran tambah tak terduga… 🙁
Sebelum ditimpuk orang leasing RT sampaikan disini bahwa saiya tidak melarang Kredit Motor…cuma menghimbau agar lebih bijak saja..bedakan antara kebutuhan dan “nafsu”, boleh kredit asal memang benar-benar dibutuhkan… walau nabung itu lebih baik…(gimana mau nabung oom…uang dah terkumpul ada Gadged baru pengin beli,ludes…nabung lagii.. )

fungsi motor

Motor sport atau bebek

Untuk bro Nonot diatas lebih cucok mana ? sport atau bebek… walau jawabnya pasti beragam, sesuai selera dong de el el… namun pastinya motor bebek lebih masuk akal… coba kalau beli motorsport trus pengin ngajak jalan-jalan kedua anaknya misalkan… satunya duduk didepan “tangki” motor sport…walau tidak disarankan bonceng anak naik motor tapi di Indonesia hal ini sebuah ‘budaya’ apalagi saat mudik…entah sekarang dilarang apa tidak….?
Gimana kalau beli motor threecycle saja muat banyak… 🙂

Tidak selamanya Replika moge "disuka" konsumen kita....!!! Apa itu.. ???

Kubikasinya berapa CC sih…???

Ginian kok dibahas ya terserah yang beli dong… 😀 .. sesuai tema kali ini..sudah sesuaikah dengan kebutuhan…? bagaimana kalau beli motor 100 cc saja sudah irit dan gak perlu kencang…emang mau ngebut kemana…???
Selain kondisi jalan memang untuk bro Nonot tadi cukup dengan kebutuhan minimum kubikasi yang ada sekarang 125cc..mau beli yang lebih nendang powernya boleh..tapi lihat kebutuhan ekonomi si Nonot tadi…sesuaikan kebutuhan.. 🙂

Honda Perkenalkan 7 varian motor baru di India.. Indonesia minus moge...!!!

Matic, semi matic atau Kopling …

Kalau point 1 tadi berdasarkan kapasitas yang bisa diangkut yang ini adalah berdasarkan fungsionalitasnya, bisa saja kalau usia si Nonot tadi kalau masih muda,cucok saja beli motor berkopling kan kopling identik dengan motor sport…sport dekat dengan image anak muda 🙂 , namun secara fungsi matic lebih sesuai dengan dia, bebek pun ok lah…

honda-verza-150-cw-sporty-red (kilau biru.wp)

Harga

Sudah belinya ngangsur motor premium lagi…jangan maksa mas bro… 🙂 kalau ada yang bilang kapan lagi kalau gak nekat…keburu anak gede,kebutuhan tambah banyak malah gak kebeli tuh motor idaman ane… 🙁
Sekali lagi bukan dilarang semua sudah dewasa dalam menentukan pilihan motor dengan segala resikonya.. namun bagi bro Nonot tadi harga motor dibawah 20juta adalah yang sesuai dengan kebutuhan…lain cerita kalau ortunya tajir… dan masih disupply.. emboh, lain ceritane… 😀

Memang realitanya semua hal diatas akan beragam dan disini RT bukan membatasi bahkan melarang pembaca untuk menentukan pilihan saat membeli sebuah motor hanya sebagai materi diskusi saja… monggo kalau ada pendapat lain…

Soul GT by ridertua -5

Comments Via Facebook

comments

33 Comments

  1. Waduh.. Kena sentil ane.. 😀
    cicilan buanyak..
    Tuk motor yg satu masuk area sangat pas dgn kebutuhan, yg satu lg hobby saja. Tp g kredit te… Krn dah brkeluarga udah g gila2an lg ke hobi, cukup yg ringan2 saja. Gimana tu te.. Padahal kan duit buat hobby bisa dialihkan ke cicilan ya 😀

    • loh RT dulu waktu muda …cieee.. waktu awal nikah juga kredit motor banyak… Hobby juga harus terkendali(udah terlanjur beli motor hobby) .. yang perlu hati hati adalah jangan terjebak lagi dengan Modifikasi…karena modif itu juga butuh duit to… nabung kok di assesories…puas sih puas tapi kalau dijual apa ikut nambah nilai jual…bahkan ada loh yang bikin turun harganya, karena modif lebih bersifat selera personal …
      Berapa biker yang sudah beli motor “premium” trus tergoda upgrade lagi..? rata-rata semua… 😀

  2. paling cocok beli metik,
    125 CC
    jok panjang jadi bisa muat 1 keluarga. 🙂
    bagasi besar buat bawa barang bawaan biasanya kalau punya anak2 bawaannya banyak.

    merk suka2 masbro.

  3. curhat :
    kondisi : sudah keluarga anak 1..
    katakanlah motor yg saya mau harganya 15jt net,, saya harus siapin DP 3jt (plus biaya dll 500rb).. Tapi setelah sya pikir2,, apa pilihan ini udah tepat..??

    akhirnya sya berubah pikiran,, uang yg udah siap sya belikan motor second Vega th 2003, dengan catatan jika uang angsuran sya simpan selama setahun, minimal bisa buat upgrade motor..

    ternyata benar,, nga sampai setahun pas uang udah terkumpul, langsung jual Vega n dapet MegaPro th 2003.. alhamdulillah rasanya kebutuhan udah tercukupi,, nga ad pikiran ke motor yg diinginkan d awal yg harganya 15jt itu,, malah uang angsuran yg rutin disimpan bisa buat beli keperluan lain.. Alhamdulillah..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*