April 30, 2017

YZF R15 HARGA SEBUAH SENI…!?

Menulis dengan hati manjadikan karya tulis  berarti...!

Kalau bicara masalah seni,kadang segala sesuatunya tidak bisa dihitung secara matematis bisa jadi selera yang bicara, bila yang melihat sebuah karya seni adalah seorang yang mempunyai selera seni tinggi tentunya akan tahu nilai sebuah karya seni,sebaliknya bagi awam mungkin hanya menganggap sebagai benda mati tak berarti…misalnya saja sebuah lukisan bisa ratusan juta rupiah nilainya…fantastis.. padahal hakekatnya hanyalah sebuah cat yang digoreskan diatas kain kanvas (menurut pemikiran awan),namun berlipat lipat nilainya jika digarap oleh tangan terlatih dan berbakat atau biasa disebut seniman….dan dinikmati oleh penikmat seni… sepakat…!!! nilai dari sebuah seni tergantung selera penikmatnya….

R125

Lalu apa hubungannya dengan R15…? Yup benar kalau dilihat bahan dasar semua motor itu sama to,besi,aluminium dan plastik namun karena desainlah semua jadi beda.. kreatifitas desainer sebuah motor bisa juga disebut sebuah karya seni, terutama bagi penikmat roda dua pasti akan menghargai desain yang bernilia seni tinggi, sebaliknya bagi awam hanyalah sebuah alat transportasi dengan roda berjumlah dua…..tak kurang tak lebih…jadi ada benarnya jika kita ditanya tentang desain sebuah motor, yang satu bilang bagus yang lain kurang sipp, maka hal itu tidak layak dijadikan bahan perdebatan, kita menghargai selera masing-masing orang…karena selera “seni” tiap orang tentunya juga gak sama…

yzf r15-1

Kasus R15 ini bisa dijadikan ukuran berapa nilai sebuah karya seni… apa pasal…? engine keduanya gak beda jauh…ingat gak beda jauh (sama-sama bukan DOHC) untuk mudahnya saja kita bulatkan harga NVL 25juta…R15 dibulatkan 30 juta…jika kita beli fairing ori R15 dan dipasangkan ke NVL artinya kita beli bajunya 5 juta, plus bonus sebuah karya seni….! kesimpulannya apa…?

  1. Apakah R15 kemahalan…?
  2. Apakah Desain R15 nilai “seni”nya rendah karena hanya diberikan “free” alias cuma-Cuma… melihat harga fairing bisa jadi selisih harganya….?
  3. Simpulkan sendiri…

Contoh lain adalah desain P200NS by Bajaj , dimana varian brand India ini sebenarnya maha karya desainer terkenal eropa, meracik sebuah karya seni yang bisa dibilang sangat “klik” dengan kemauan biker asia …Sayang karena kurang kuatnya jaringan pabrikan India di marih membuat tersendat…(sekarang kolaborasi dengan kawasaki Indonesia)…sebenarnya konsumen P200NS bisa dikategorikan berselera “seni” tinggi… dengan memiliki motor ini …bukan promosi …….

Hal inilah yang harusnya jadi patokan para desainer roda dua bahwa ditangan yang tepat nilai motor meningkat ….

R15 autoby

Comments Via Facebook

comments

16 Comments on YZF R15 HARGA SEBUAH SENI…!?

  1. klo mnurut ane r15 bsa bda 5 jta dri nvl itu bkan dliat dri hrg fairingnya aj tp jg dri arm banananya,bannya yg lbih gmbot dbnding nvl,stoplamp led dll jd dliat dri klebihan2 r15 dbndingng nvl klo diitung2 beda 5 jtaan itu trmasuk murah..krn 5 jta itu bkan hrg fairing doank tp sma yg lainnya jg, tp klo dtmbah nilai hrg sebuah seni nampaknya yimm gk trlalu memikirkan dech, krn yimm jg ingin prang hrg dgn kompetitor krn klo yimm ngbandrol r15 diatas 28 jta istilahnya bwt byar ‘hrga nilai seni’ trus kompetitornya jauh lebih murah bsa melempen r15..! jd ksimpulannya krn persaingn antar kendaraan roda dua itu shingga pnambahan hrg utk sebuah nilai ‘seni’ jd mulai trabaikan..wlau gk selalu smuanya pbrikan roda dua sprti itu pd.motor2nya..contohnya mioj,mio gt,dn soulgt, wlwpn mesin ketiganya sma tp hrgnya beda..ya itulah ‘seni’ mngkin mio gt lebih mahal dri mioj y krn disegnnya mio gt lebih brnilai ‘seni’ istilahnya lebih bagus disegnnya dbnding mio j dn soulgt lebih mahal dbnding miogt..ya itu jg krn selain biaya produksinya lbih mhal soul gt dbnding mio gt jg nilai ‘seninya’ lbih tinggi dbnding mio gt dn itu jg sma bwt honda beat,spacy,vario fi,scoopy fi, yg wlaupun mesinnya sma tp beda hrg y krn selain biaya produksinya beda jg slah stu faktornya krn ad nilai ‘seni’ nya…

  2. Ya memang klo bicara karya seni yang istilahnya prodak mono yg pastinya inipun dihargai dengan kepuasan batin andai karyanya disanjung/laku,sama r15 juga karya seni walau dengan power minim tapi seni lekuk tubuihnya membius kawula muda jaman sekarang yang rindu punya tunggangan sexi kaya gadis impiaYa memang klo bicara karya seni yang istilahnya prodak mono yg pastinya inipun dihargai dengan kepuasan batin andai karyanya disanjung/laku,sama r15 juga karya seni walau dengan power minim tapi seni lekuk tubuihnya membius kawula muda jaman sekarang yang rindu punya tunggangan sexi kaya gadis impiaYa memang klo bicara karya seni yang istilahnya prodak mono yg pastinya inipun dihargai dengan kepuasan batin andai karyanya disanjung/laku,sama r15 juga karya seni walau dengan power minim tapi seni lekuk tubuihnya membius kawula muda jaman sekarang yang rindu punya tunggangan sexi kaya gadis impiaYa memang klo bicara karya seni yang istilahnya prodak mono yg pastinya inipun dihargai dengan kepuasan batin andai karyanya disanjung/laku,sama r15 juga karya seni walau dengan power minim tapi seni lekuk tubuihnya membius kawula muda jaman sekarang yang rindu punya tunggangan sexi kaya gadis impiannya

  3. Desain motor bersifat fix cost mbah. sangat disayangkan jika tidak dimaksimalkan dalam setiap produk motor baru. jika saja pabrikan yang ntu mengerti ini, fiuhhh.

Leave a Reply

Translate »
%d bloggers like this: