Safety Komplit…Kok masih Meninggal…????


Ilustrasi :www.jakartautara.co

Masih gemetar rasanya RT ingat kejadian tadi pagi… di kawasan Industri tempat keluar masuknya karyawan tepat didepan adalah jalur provinsi Surabaya-Bali… dimana melintas kendaraan berat macam truk,container, Bus besar… pokoknya kendaraan kelas berat… tepat di mulut kawasan industri itu saat RT berangkat kerja ada kejadian kecelakaan tragis yang menewaskan pengendara bebek berhelm standart..pakai sepatu lengkap saat pulang kerja…sepertinya karyawan shift malam… ketika mau masuk jalur utama terlindas truk container..tak ayal tubuhnya tergencet ban truk dan usus terburai….meninggal ditempat… Posisi korban ada ditengah jalur..artinya dia berada diantara kendaraan-kendaraan besar..bukan di tepi kiri… (perkiraan RT..)

2008_AGV_Stealth_Shadow_Helmet

Dan ternyata anggapan RT selama ini selama pakai safety gear lengkap akan “selamat” dijalan jadi sirna..dan anggapan bila pakai helm standart kepala terhindar dari benturan akan ‘hidup lebih lama’ :D  Lah kalau sudah kelindas tronton bagian manapun akan hancur… *Namun untuk kecelakaan “ringan” Helm memang harus…!!! selain safety lengkap maka perilaku adalah yang terpenting… jangan ‘lawan’ kendaraan besar… dan semakin cepat motor, maka resiko celaka semakin tinggi… atau semakin tidak fokus fikiran,bahaya mengintai..

Mungkin ada urun rembug dari bro sekalian… misalnya jaga jarak dari kendaraan besar… karena jika kita kejeblos lobang dan hilang keseimbangan bisa ngeriii kalau masuk ban Truk…naudzubillahimindzalik………Aku berlindung kepada Alloh dari hal yang mengerikan itu…

Ilustrasi :www.jakartautara.co

About these ads

Tentang heru kuncahyono

KeepBrotherhood & Peace
Tulisan ini dipublikasikan di diskusi, Inspirasi dan tag , , . Tandai permalink.

128 Balasan ke Safety Komplit…Kok masih Meninggal…????

  1. Crewools berkata:

    go…safety driving…sluman..slumun..slamet

  2. budizaky berkata:

    Takdir pak rt
    Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

  3. Yoshi berkata:

    mengerikan . . .

  4. orangsunda berkata:

    sudah di tentukan oleh Yang Maha Kuasa

  5. vega r berkata:

    atut pk elte.gl belani tidul…….:-D

    • manSar berkata:

      wkwkwkwkwkwkwkwk,, mati lampu lagi gan..

      • Mas Sayur berkata:

        nebeng,bro… emang anokwari sering mati lampu juga,kah..? :-)
        @ artikel : ada banyak faktor Pak RTmungkin itu orang kecpekan habis tugas malam sehingga konsentrasinya terganggu dan akhirnya lalai,atau mungkin memang truk kontainernya yg emoh ngalah pada ‘bebek’…saya ada sedikit gambaran tentang seorang sopir kendaraan besar macam truk pengangkut barang dan bus…
        KETIKA MEREKA MENGHADAPI KENDARAAN KECIL DLM HAL INI MOTOR,YG TIBA -TIBA NYELONONG DAN TAK BISA DI HINDARI,ADA SOPIR YG BERFIKIR LEBIH BAIK MELINDASNYA DARIPADA MENGHINDARI TAPI CELAKA DAN KORBAN BISA BERTAMBAH BANYAK DARI KENDARAAN YG DI KENDARAINYA ( SOPIR BUS ), KALAU SOPIR TRUK KONTAINER MUNGKIN MEREKA MEMPERHITUNGKAN NILAI BARANG YG DI BAWANYA ATAU APALAH…
        PENGAKUAN INI SAYA DAPAT LANGSUNG DARI SOPIR SAYA SEWAKTU MENJADI KONDEKTUR DI PO RESTU TH ’99 SILAM…WAKTU ITU SOPIR SAA MELINDAS SEORANG PENGENDARA RX KING YG TIBA TIBA NYELONONG DAN TAK BISA DI HINDARI DI WILAYAH SINGOSARI MALANG…DIA BILANG APA..? “DARIPADA SAYA HINDARI..,BISA JADI BUS TERGULING DAN KORBAN PENUMPANG BANYAK.. LEBIH BAIK ,YA… GITU DAAHH… :-(
        MA’AF..PAK… TERLALU PANJANG KOMENKU DAN AGAK OOT…TAPI SEMOGA CERITA SAYA INI BISA MENJADI PELAJARAN BAGI REKAN BIKER YG LAIN..”JANGAN SLONANG SLONONG MENYALIP KENDARAAN BESAR…..

        sambil nitip boleh kan, Pak..? ;-)
        http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/03/26/hanya-motor-yang-boleh-minum-premium-hayooo-gimana-coba/

      • bdt berkata:

        yach itu salah satu perhitungan supir kendaraan besar.

        hukumannya pun jadi lebih ringan kalu hanya 1 nyawa yg ilang toh

      • ochep_jr berkata:

        mas bdt; hukuman itu g berlaku buat yang inisial “R”, ngilangin 2 nyawa cuma divonis 5 bulan penjara, hukum emang masih belum adil.
        http://id.berita.yahoo.com/rasyid-divonis-5-bulan-penjara-percobaan-6-bulan-081703982.html

      • manSar berkata:

        kadang-kadang masih suka digilir Pak De,, kalo kata koran sih ada masalah teknis,, tapi tenang, su sedia genset jadi.. haha

  6. aanam berkata:

    Wah malem malem artikel gini dipasang, ngeri euy…gpp lah yg penting ga ngambek..xixixi

  7. soleh berkata:

    salam pak rt. saya adalah pembaca lama di blog pak rt tpi bru ngomen hehe.
    saya juga punya pengalaman lihat kecelakaan tragis pak rt di jalan raya lumajang-malang yang minim penerangan, pengendaranya satu keluarga suami istri dan anaknya yng kira2 umurnya masih 4 tahunan, menurut saksi mata di TKP kecelakaan itu berawal dri kesenggolnya sepeda korban oleh orang yng tidak di kenal (kabur/tabrak lari) dari arah yang sama yang mau menyalip sepeda korban dri arah kiri, lalu korban kena senggol sama tersangka dan jatuh ke jalan yang arah berlawanan dan saat itu juga ada truk bermuatan pasir melintas
    dan suami istri terlindas sampai remuk dan anehnya anaknya selamat cuma patah tangan aja. kasihan anak itu sekarang yatim piatu.
    maaf pak RT karena trlalu panjang komenya soalnya saya juga mau mengutarakan pengalaman saya. keep safety riding. dan mohon buat tersangka segera menyerahkan diri.!!

  8. soleh berkata:

    aku sich g takut sama kematian soalnya mahluk yang bernafas pasti mati, tpi yang aku takutkan adalah cara matinya.
    siapa yang ingin mati kyak gitu (tubuh hancur),,?pasti g ada yang mau soalnya semua orang ingin mati secara wajar.

  9. boss sticker berkata:

    malah meden2 Ni ngono pak..huuuaaa…simbok ..ak rawNi tufu ki…

  10. sama ama jalan cacing d jakarta utara….yg lwat kntainer yg mnuju tnjung priok

  11. manSar berkata:

    Udah serem,, nga ada bonus lagi.. hehehehehe
    Jaga jarak yang menurut bro2 kira2 aman,,,, jangan ambil jalur mereka (mboil2 kelas berat),,,, biarkan mereka jalan duluan kalo jalan kosong,,,, kalo perlu tabrak mereka sebelum mereka menabrak anda.. hehehehe (yang terakhir jangan ditiru y masbro)

  12. manSar berkata:

    Mudah2an proyek2 jalan tol cepet pada jadi,, biar mboil2 kelas berat pada masuk kesana, nga lewat jalur umum lagi,, atw wacana pemerintah (kayaknya dulu pernah) yang mboil2 kelas berat harus lewat jalur laut cepat terlaksana.. Yang penting birokrat jangan pada ngehe memperlambat hal2 seperti ini.. aamiiiinnn..

  13. awakku berkata:

    diambil pelajaran’e Pak rt

    Naik sepeda ojo sembarangan, gimanapun juga sepeda (motor) adalah alat transportasi sing paling gak safety, sing paling gampang nggoling. Nak numpak sepeda ojo pecicilan.
    Kudu mawas diri nak ketemu kendaraan rodo 4 lan sak lebih’e. Masi’o rumongso banter, nak nyalip kendaraan rodo 4 gak usah sombong athik gaya gunting barang, nak ketenggor mesti kalah’e sepeda kuwi. Opo maneh musuh bis, truk, buldoser utuwo tank… jaga jarak lan ngalah wae…
    nak senggolan awak ndeek ambruk, truk’e gak budi babar blass…

  14. Rony berkata:

    memang begitu mas…hidup mati di tangan Alloh…
    sebisa mungkin ttep memakai piranti keselamatan berkendara…jaga jarak lebih jauh dengan kendaraan besar misal bus, truk…dll…
    bapak saya 3 minggu yg lalu mengalamai tabrakan dengan bebek alay…langsung gak sadar…masuk icu 10 hari….gegar otak mas…motor hancur…pakaian safety lengkap cuma luka lecet ringan….meski helm bagus tetep gegar otak juga…tapi paling nggak ud ikhtiar…alhamd nyawanya selamat….sekarang masih ngamar di rmh sakit…yang nunggang bebek anak alay malah gpapa cuma lecet dikit aja padahal gpake helm…dia jatunya di pinggir…pas rerumputan….
    maap jadi curcol..hehehe….
    untuk kasusnya yang mas rt ceritakan memang sebaiknya jaga jarak lebih jauh dengan kendaraan besar…karena kadang si sopir gak liat pengendara sepeda motor kalo jarak terlalu mepet…cakupan spion kendaaan besar juga terbatas….
    selain resiko ketabrak…resiko ban meletus, kejatuhan muatan juga mengintai….

  15. Fitready berkata:

    santun dijalan :)

  16. uJang_Ga2HH berkata:

    Prilaku adalah pertahanan terkuat dan fikiran adalah senjata terhebat.

  17. Cah_Angon berkata:

    HHHhhhm… Depan pintu masuk PIER, jalur cepat n gak ada TL, rambu2 jg kurang, penerangan jalan jg kurang.
    Semoga beliau mendapatkan tempat yg sebaik-baiknya disisiNya…

  18. akang berkata:

    Berdo’a dan sedekah…

  19. ♥♡ Mb@h D@rmo ll ♡♥ berkata:

    SEMUA ORANG AKAN MATI… BAHKAN BUMI INI… TAPI KALO BISA, MATI YG QUSNUL QOTIMAH…

    SYARATNYA SATU … BERIMAN DAN HIDUP DI HUTAN DAN GUNUNG JAUHI GEMERLAP DIDUNIA INI YANG BAK LAMPU DISCO … INSYALLAH BISA… YO TO ????

  20. ken39 berkata:

    gambar pertama di “kampung halaman” saya tuh… daerah itu emang sadis, mending cari jalur tikus masuk perumahan daripada tipis tipisan sama kontener dkk

  21. ♥♡ Mb@h D@rmo ll ♡♥ berkata:

    HARUSNYA ADA JALUR SENDIRI BUAT KENDARAAN BESAR…..

    TAPI YA ITULAH INDONESIA SEMUA DI GADO GADO….

  22. sodiqcho berkata:

    MOTOR SEBAGAI KENDARAAN KECIL AKAN MENERIMA RESIKO PALING BESAR..
    UNTUK ITU SELAIN PERANGKAT KEAMANAN, KONSENTRASI DAN KEWASPADAAN TETAP HARUS DI JAGA.
    DEMI KESELAMATAN SENDIRI, TETAP HARUS MENGALAH, SIAPAPUN YANG SALAH

  23. apri berkata:

    aku jg sering ngeri kalau berkendara dekat dengan truk terutama yg ruas jalan’nya campur *di jogja spt di jalan jogja-magelang, jalan jogja-solo*….

  24. ♥♡ Mb@h D@rmo ll ♡♥ berkata:

    PAK RT DI SAMPING KONTAINER ITU KOK ADA VARIO MERAH… LA MIO NYA MANA HAYOO ???!

  25. andi berkata:

    di luar takdir safety…juga termasuk melihat potensi bahaya..misal dipikir nyerobot diantara 2 kendaraan besar ada resiko kegencet kalo ga yakin aman ya jangan dilakukan….mentang2 pake safety lengkap helmet mahal kalo leher kelindes ya modyar juga…. sabar … yang pasti nyampe kok…tapi kalo takdir nyampe akhirat juga :) pasti itu…cepat ato lambat. berdoalah sebelum berangkat kemanapun.(termasuk gue neh sering lupa).

  26. Soeharto Jooss berkata:

    1. jaga jarak & usahakan ttp masuk zona spion sopir,jgn masuk di zona blindspot
    2. sabar,terlambat kerja gpp drpd sruntulan & tergesa2 yg bisa berakhir fatal
    3. jgn mainin hp,klo perlu matikan hp taruh ditas
    4. safety gear lengkap,bukan berarti “SELAMAT” hny meminimalkan trauma,pake helm klo yg patah leher ttp aja meninggal..
    5. jg perilaku berkendara,jgn sruntulan,kasih sein klo mo belok,jgn mebghindar lobang mendadak bisa ditubruk dr belakang atau hilang keseimbangan.klo ada lobang jgn panik,kurangi kecepatan,setang pegang kuat tp ttp rilex,terjang dg badan berdiri (ky crosser) tp untuk kasus yg lobangnya g lebih besar & dalam dr ban motor.
    6. jgn lupa berdoa sblm & sesudah berkendara
    7. …ada yg mo nambahin… :-D :-D

  27. whitesmilee berkata:

    oh ya klo di tikungan melengkung ambilnya jangan di kanan truk

    pengalaman nih, mau nyelip truk di sebelah kiri trus nyelip di sebelah kanan sama2 di tikungan, tau ndiri truk tronton panjang banget, jadinya hampir aja kejepit oleh body truk

    motor dah geal geol mempertahanin keseimbangan, alhamdulillah banyak motor yang nyelip dari kiri klaksonin dan lambaiin ke supir truk, ane juga ga berhenti klakson, truknya minggir ke kiri, ane gaspoll

    pelajaran yang dipetik, klo ada truk badan gede, diamatin larinya kemana, mending sabar dulu ga nyelip, tetap di belakang truk juga bahaya lo, jadi mending jaga jarak jauhan atau nunggu jalan agak lebaran dikit dan nyalip dengan safety, klo sama2 di tikungan jangan nyalip dari kanan, bisa gepeng ntar, ngesot and akhirnya kepala remuk kesenggol ban belakang truk

    sumber: pengalaman

  28. orong-orong berkata:

    Takdir ga bisa diganggu gugat

  29. Dian berkata:

    klo safety sudah komplit, klo masi kejadian itu namana Takdir

    • ridertua berkata:

      antisipasi… ngebut tapi terkontrol… kalau memang harus kencang..dan siap2 dengan cara jatuh dengan selamat ( sulit) :)

      • whitesmilee berkata:

        oh ya dalam situasi terjepit gitu pikiran jernih kadang sukar di tata

        pas tu ane mikir, tetap tenang jaga keseimbangan motor atau ngabruk ke pembatas jalan sebelah kanan dengan resiko tulang rusuk patah karena ngabruk ke beton atau kesamplok rujek beton bisa patah leher, semua karena-Nya dan manusia hanya bisa berusaha and berdoa :(

  30. andiphebe berkata:

    jalur Bangil-Pasuruan memang lebar dan lurus, mengundang hormon utk melaju kencang, tapi dari dulu jalan itu memang horor, banyak gundukan dan bergelombang, aspal sering rusak dan berlobang. sering kali udah hati2, aku ingat2 bagian mana jalan yg rusak, tapi seminggu kemudian aku lewat lagi tahu2 ada lobang tak terduga padahal lg riding enak2nya dibelakang bus, glodakk!!! hehehe
    sekarang biarpun sudah diaspal mulus tetap saja harus hati2 karena yg lewat sana memang kelas berat semua…

  31. Ebod berkata:

    Mestinya ada kelas cara aman mengendarai sepeda motor. Kelas seperti ini tersedia di negara2 lain, sayang saya belum mendengarnya di negara kita. Kalau memang tidak ada mbo Ya minimum polisi menyediakannya dan menayangkan video tentang cara aman mengendarai sepeda motor sebelum memberikan surat ijin mengemudi

  32. What? berkata:

    intiny hrus hti2 sm kndra’n2 gede, soalny ane pnah nglmin pas nyelip truk gede tiba2 di bgian helm belakang kyk ad yg mukul keras gtu spontan ane kget untng msh bsa kontrol, hbstu ane nepi lepas helm eh tnyta helm bgian blakng sdkt penyok, kmungknan akbt batu yg trpental keinjak ban itu truk pas ane nyelip, ngeri byanginny gmana kalo gk pke helm.

  33. Laskarjawa berkata:

    Apalagi aspal dinegara kita yg sering cepat rusak, pagi masih bagus, sore udah ada jebakan betmen. Jangan berkendara tepat dibelakang mobil, mobil lewat tau2 ada lubang, dan gak bisa menhindar,hati-hati nyawa cuma 1. …

  34. supri berkata:

    serem, kadang lihat alay main potong aja tuh truk2 gedhe macem truk molen salah dikit aja bubar tuh isi kepala. hiih amit2, jgn lp berdoa sblm berkendara, hati2 dan konsentrasi semoga selamat sampai tujuan.

  35. sing penting keep calm dalam berkendara, jgn anggap remeh penggunaan helm, gloves, sepatu, dll. ane dulu waktu pake vega r pernah diketawain gara2 pake safety gear hampir kayak motogp :D, yg mungkin harganya bisa melebihi motornya, tp kalo dilihat apa yg dilindungi dibalik itu semua, harga ga ada apa2nya…
    o iya, jgn lupa selalu berdoa, karna walau kita udh safety, yg lain belum tentu ;) :) ;)

  36. bdt berkata:

    jangan lupa selalu berdoa sebelum berangkat.

    dan selalu dzikir di perjalanan.

    jadi kalu ajal kita sudah sampe, kita dah siap.

    ajal tidak adayg tau kapan datangnya, walu dah pake safety lengkap

  37. bapakeVALKYLA berkata:

    itu udah takdir..
    yg penting udah berikhtiar pakai safety gear.
    perlu diingat, pakai safety gear komplit tp kalau cara berkendaranya tidak safe ya percuma saja…

  38. bdt berkata:

    jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan dzikir selama perjalanan, selain pake perlengkapan safety.

    ajal manusia tidak ada yg tau, jadi kalu ajal itu dateng, kita dah siap

  39. bdt berkata:

    ternyata mbah darmo komennya lurus-lurus aja kalu artikelnya tentang kematian,

    kalu artikel motor dan merk, lain ceritanya

  40. bdt berkata:

    jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan dzikir selamam perjalanan, selain pake safety

    ajal tidak ada yg tau, jikalu ajal itu dateng, maka kita dah siap

  41. zugha berkata:

    pengalaman yg mirip pak RT waahhh g kolu maem!!!! mugi gusti paring keslametan amin2

  42. bdt berkata:

    jangan lupa beroda sebelum berangkat dan berdzikir selama perjalanan selain pake alat safety.

    ajal tidak ada yg tau kapan datengnya.

    jadi kalu kita sudah berdoa dan ajal dateng di perjalanan, insyaallah kita mati khusnul khotimah

  43. Callmewhy berkata:

    Iya x yah, tuh sopir melampiaskan nafsu stlh jalan lemot, dklakson orang.. Soalnya gue jg pernah ketemu sm sopir kontainer yg kyk gt, siang2 lg lewat dpn mall ambasador kuningan (kalo djkt kebayangkan dpn mall itu ramenya org nyebrang mau kekantornya dimega kuningan atau cm skdar makan siang di ambasador,jam makan siang bro), ugal2annya minta ampun itu truk, orang2 sampe pd ga brani nyalip dia… Ujung2nya pas mau lewat kolong jembatan casablanca gue beraniin diri buat salip dia, trs didepan dia gw kasih jari telunjuk sambil gue suruh turun tuh sopir+klakson2… Untungnya tuh sopir lgsg ngerti isyarat kek gt, lgsg ngelambai tangan tanda minta maaf, trs jln pelan2…
    f*** for alay… Mau itu alay motor atau mobil2 kek.. Sekali alay tetep alay..

  44. paidjo berkata:

    di kawasan industri mana pak rt ? PIER kah ?? domisili saya di bangil ..

  45. topenk berkata:

    Defensive riding
    jangan menyebabkan kecelakaan, jangan terlibat kecelakaan

  46. dalBoyz berkata:

    kalo bisa ati2, jalan di pinggir, jgn nengah2, jgn ngebut, jgn nyalip, jgn emosi, jgn buru2, konsentrasi

  47. kebo sinengker berkata:

    - jangan pernah menyalip truk kontainer dari kiri soalnya rata2 tidak ada kernetnya sebagai mata kedua sopir
    - kalau ingin menyalip truk kontainer/gandengan beri isyarat klakson/lampu dim,tunggu sampai si sopir memberi tanda untuk kita menyalip,setelah sopir memberi tanda kadang lambaian tangan ke depan barulah kita salip…

    (pengalaman beretika dlm jalan raya)

  48. Raito yagami berkata:

    Moga2 selamet selawase

  49. Raito yagami berkata:

    Moga2 selalu selamet selawase

  50. zzz berkata:

    inalillahi
    Amit-amit

  51. ♥♡ Mb@h D@rmo ll ♡♥ berkata:

    MENDING URIP NENG ALAS … GAK ENEK TRUK TRONTON… :D

  52. Hadi berkata:

    Sebuah resiko buat rider,. mau benar atau salah dalam suatu accident, tetap jadi korban yang paling menderita. Apalagi jika melibatkan kendaraan besar seperti truk.
    Sudah jadi kebiasaan (jelek) bahwa setiap truk (mungkin pengecualian untuk truk tanki BBM dan kendaraan khusus) “PASTI” overload. Meski angka kir truk tronton dinyatakan hanya 23 atau 27 ton, tapi nyatanya (hampir) semua truk tronton yang lewat dijalanan berbobot 30-50 ton, dan (hampir) semua truk tsb sengaja telah memodif chasis (nambah ketebalan dan nambah panjang sampai belasan meter) plus penambahan lembar per, biar sanggup gendong muatan lebih banyak lagi. Beban roda dan rem yang semestinya cuma 23 ton, jadi 50 ton!!
    Jelasnya, truk tsb tak akan bisa ngerem mendadak ; tak bisa jalan agak kepinggir – takut rebah ; dan tak bisa manuver buat nghindari kendaraan lain. Belum lagi resiko berkendara disamping ban truk. Ring velg yang bisa saja lepas terpental dan ban yang beresiko meledak akibat kelebihan beban, Apalagi banyak truk cenderung memakai ban murah buatan china dan ban vulkanisir (ban gundul yang lapis lagi).

  53. afa\ berkata:

    koran pasuruan 3 hari ni bahasnya juga sama am pak RT, ad apakah am jalan d sni ya??? hehehe

  54. king_julien berkata:

    selain riding gear mumpuni(mutlak),harus konsen juga,ngantuk,lelah,mumet ndase,,opo maning mendem/mabuk(nek sing terakhir mending di gileske sepur sisan),mending istirahat dulu,nek kondisi g memungkinkan mending minta jemput nek g ngangkot sekalian..
    nek sing matane silinder,rabun senja,harus extra hati2 nek riding malem,lampu wajibun terang,nekat ngebhut brati wis niat ingsung cepet is dead..

  55. adhik076 berkata:

    Emang Serem pak RT kalo “temen” dijalan Brang2 gede kaya gtu, serasa kaya semut ane hehehe, untung g tiap hari lwat jalanan yg Kelas brat kaya gtu, plingan wktu mau Pulkam Malang – Madiun Harus lwat jalan Provinsi :D

  56. ron berkata:

    sruntal sruntul slamet
    wkwkwkwk

    piss

  57. bondan berkata:

    heyy mbah darmo. jangan lupa.Kuwi tronton yo yamaho!

  58. temonsoejadi berkata:

    perangkat safety hanya meminmalisasi bhaya akibat kecelakaan saja..

    ijin nitip mas,[share]sederhanakan hatimu, engkau kan tahu kekuarang2anmu ..
    http://temonsoejadi.com/2013/03/24/hanyalah-butiran-butiran-debu/

    suwun

  59. vario iss berkata:

    Sangat sering terjadi peristiwa pemotor terlindas truk. Kebanyakan karena pemotor jatuh, baik karena kondisi jalan atau bersenggolan) saat berada tepat di samping truk. Karena itu kalau kelihatan tidak cukup lapang, janganlah mendahului dari kiri, teruma mendahului kendaraan basar.

  60. budi berkata:

    Yang paling utama ya jaga jarak dan jangan terburu-buru. Tapi kalo jam berangkat kerja, jam makan siang, jam pulang kerja ya mana ada yang jaga jarak. Yang ada di-klakson-in terus.

  61. kasamago berkata:

    miris, tata cara berkendar yg aman hrsny udah dipelajari n dipahami saat ujian SIM..

    ttp berdoa..

  62. woko berkata:

    turut berduka
    semoga arwah di terima di sisiNYA

    mending ngalah tapi selamat. kl ketemu mobil” besar itu,

  63. anak jalanan berkata:

    TRUK-TRUK BESAR MACAN KONTENER SEKARANG DI BAGIAN SAMPING TIDAK ADA BEMPER ATAU PAGAR SERENDAH MUNGKIN AGAR KENDARAAN YANG BERADA DI SAMPING JIKA JATUH TIDAK MUDAH MASUK KE KOLONG AKAN TETAPI HANYA TERKENA BEMPERNYA SAJA

  64. Giliran thread kyk gini rt gk bonusin hadiah.
    apa kek gtu cewe sexy, usus keluar, pala buntung, cowok maho. hehehe…..

  65. indra berkata:

    inget semalem pas d bonceng temen.
    Jalan sempit mungkin hanya bisa dilalui 1 truk, dipinggirnya sungai gede(lebih mirip jurang), kebetulan jalannya ada yang longsor ditikungan dan diberi tanda tong dan pagar dr bambu.
    Mbo kenapa pas mau lewat situ malah tancap gas sejadi jadinya trus ngerem mendadak, lanjut lagi tancap gas ngerem lagi, opoyo ga gemeter yang d bonceng.

  66. joko berkata:

    wah kalau ketemu kontainer, itu ada triknya,
    1. jangan pernah menyalip kontainer di tikungan, resikonya kalau ngambil dari dalam, ketika motor jatuh akan masuk kekolong, tetapi kalau ngambil dari luar, ketika ban kontainer pecah atau limbung anda akan tertiban sampai mencret!
    2. mendahului kontainer dari kiri boleh saja, dengan perhitungan, harus ada lebar jarak yang cukup misal 1 meter, dengan perhitungan, perhatikan pintu gang/jalan jangan sampai ada kendaraan tiba tiba keluar, kalau ketemu lubang jangan bermanuver, lebih baik berdiri diatas sambil tetap lurus, dan terakir jika terpaksa jatuh, buang badan ke arah berlawanan dari sisi kontainer,
    mungkin kelihatannya sulit buat pemula, makanya perlahan saja bawa motor kalau belum mahir.
    referensi : pengalaman pribadi 20 tahun bawa motor ! he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s