Plat B… kok domisilinya di daerah sih….??? pajaknya buat sapa…???

indonesia plate

Barusan lihat mobil tetangga..brand new…tapi belinya di Jakarta… katanya murah… trus kok gak dibalik nama… RT sendiri sih kurang faham gimana cara berfikirnya..entah nanti setelah dibalik nama jadi murah jatohnya atau gimana… gimana cara hitungnya

Yang RT ngerti sebagai orang awam adalah begini…

pajaknya masuk kota Jakarta…trus tiap hari pakai Jalanan di daerah… kok jadi gak adil ya rasanya

Namun itu hanya pendapat pribadi saja…atau RT salah lihat yah..itu mobil rental… :mrgreen:

pajero

Atau beli moge di Jakarta lebih murah yah…???

2012 Kawasaki NinjaZX14Rf

Paling mahal tuh beli hatimu………… 😀

Nattasha Nauljam girl

Comments Via Facebook

comments

78 Comments

  1. plat nopol “B” d daerah pajak buat siapa,hmmm liat donk pak RT,d jakarta juga banyak ko plat nopol daerah,misal “D” “Z” “A” 😀 pajak nya ga tau tuh buat siapa,mungkin d makan tikus berdasi kali 😆

  2. Makanya jgn salahkan pihak PU kalo jalan aspal berlubang di daerah dibiarin .. Lha wong mrk bayar pajak Ibukota dipake di daerah.. Prikitiw !! :mrgreen:

  3. itu yang punya mobilnya belagu om , biar dikira orng kota , padahal orng udik tuh
    disini juga banyak yg kyk gitu

  4. temen2 ane banyak yg begitu, baik mobil ato motor, imagenya masih keren kalo bawa plat B ke daerah, kalo ane motor plat F ama D & dipake di jakarta, jd sering bgt kena razia, 😀 😀 😀

  5. klo g slh, bbrp provinsi udah mewajibkan plat dr daerah lain dlrng tp execusiny trnyta nihil. bs jd blm ad dana bwt blik nama ato bngg dg plat B.

  6. permisi pak RT.. mo ikutan nimbrung nggih…
    saya gak tahu gimana peraturannya kalo di P. Jawa, karena pengalaman saya waktu dinas di daerah Aceh (NAD) dan Kupang (NTT), untuk plat nomer di luar wilayah harus didaftarkan ke samsat setempat dan dikenai biaya/pajak dengan nominal tertentu per tahunnya. Kalo di Aceh banyak mobil plat Medan karena memang di Aceh merek2/tipe2 tertentu tidak ada di daerah tersebut, sedang di Kupang biasanya dari Jakarta atau Surabaya karena (katanya) memang harga jauh lebih murah dibanding kalau beli di Kupang. Tetapi memang jadi ribet bayar pajaknya karena dobel, soalnya selain bayar pajak STNK di daerah asal pembelian, masih harus bayar izin jalan di domisili sekarang. Dan memang untuk plat2 no. dari luar daerah sering kena target razia, tapi asal surat2 lengkap dan izinnya masih berlaku yah aman2 ajah….. Salam….

      • yah mobilnya aja pak yang izin.. kalo orangnya sing penting lapor pak Rider Tua..eh.. Pak Ketua Rukun Tetangga azzaaa…hehehehe..

        yah mungkin kayak pak RT bilang di artikel, pajak pemaikan jalan yang ditarik… lagian kalo gak gitu pendapatan pajak daerah berkurang jauuuh… 😀

  7. wah ane kebalikannya, motor plat daerah dipake di jakarta pak RT 😀

    sebenernya ada aturannya pak RT, coba liat dibalik STNK ada aturan untuk kedaraan yg digunakan wilayah registrasi kendaraan itu wajib lapor

  8. he he he,
    7 taon saia bawa plat B di surabaya,
    soale gak ada pilihan, KTP saia JKT sih,
    masa iya saia trus harus nembak KTP sby, jadi dobel2 gitu

    btw, skrg dah di JKT,
    banyak banget plat luar jkt nih sliweran, ya gak masalah,
    yang masalah itu yang gak bayar pajak om

  9. Kalo saya keseharian di bekasi hampir 10tahun, tapi kendaraan saya sejak awal di bekasi plat AB, biarin deh pajaknya masuk wilayah AB toh beneran disana jalannya mulus terus.
    Daripada di bekasi sini jalanan selalu rusak, dibenerin paling tambalan doang sebulan kemudian udah bolong-bolong lagi.
    Padahal pemasukan pajak besar sekalee gan. Pajak dari jutaan pekerja dan pajak ribuan industri.

  10. punya ku plat KT kaltim! 😀
    akirnya mati pajak setelah 3 th! Ganti STNK Males gesek mesin
    hehe…

  11. Motor lamaku tak jual, yg beli sodara sendiri, dpake didaerah jatim plat nopol msh B, Tiap tahun bayar pajak ke jkt dgn modal duit+pinjem ktp ku.. Wkwkwkwk..

  12. Repot Mas bro… motor saya 3-3nya plat L tapi dines di Jakarta… lah gimana pola mutasi kerja saya ga jelas… terserah pemerintah pusat menempatkan di seluruh indonesia. Homebase tetep Surabaya mutasi kemana2 ya motor diangkut… kalo pake motor plat setempat gimana cara perpanjang pajaknya?

    • plat B tapi di daerah biasanya ada beberapa sebab…misalnya beli bekas dari wilayah plat B..atao orang wilayah plat B dan Ktp wilayah plat B tugas di daerah…atao malah kadang kendaraan yatim piatu…di wilayah plat B cuma bayar uang muka, dapat kendaraan baru…motor dikirim ke desa,pindah alamat…aman deh..hehehe..banyak oknun perantauan kayak gitu…kendaraan yatim piatunya dipake ngarit, ngopi,angkut2 lah pokoknya….dipake di desa aja….malah parah yang ini…gak bayar pajek n angsuran..xiixxixi
      btw saya juga termasuk numpang idup di jatim tapi pajak kendaraannya di jateng..hehehe

  13. banyak alasan org pakai plat B pak RT..diantaranya harga OTR yg murah, selain itu beli mobil baru jakarta diskonnya gede@..ada yg sampe 37 juta malahan utk merk tertentu 😯 ,,belum lagi diimingi segala macam bonus..karpet,jok,LCD headunit,dll..bandingkan sama didaerah..padahal dah nego alot sama salesnya cuman dikasih diskon 2 jt saja 😆

  14. oalalah mbah2 mau pajek bayar di daerah domisili atao jakarta tetep aja terakhirnya disikat ma gayus tambunan….. balik nama ato ngga jalanan tetep rusak berlobang2.

  15. Ijin agan, kalo ane posisi kayak tetangga agan ane pasti balik nama tu kendaraan. Tapi ane ini orang nomaden gan alias pindah2 terus tugasnya, ktp ane juga ktp daerah asal, jadi moga2 tetangga ane ga mikir kayak agan ya soalnya repotlah kalo ane ganti2 pelat terus ngikutin pindah ane yg berulang tiap 3 taon skali. Lahian kalo pajak itukan harus dipandang sebagai satu kesatuan, anggaplah ane bayar pajak didaerah ane tp make jalan daerah lain, toh ane tetap nyumbang buat indonesia, jangan dikotak2in gan selagi kita satu tanah air, satu ibu pertiwi. Peace.

  16. Emg ngaruh ya no pol luar provinsi? Mo bayar pajak dimana jg gak ngaruh ini masih sama2 indonesia bro!!!kecuali tetangga lo mobil brand new,plat nomor dari suriname,baru lo ributin…apa salahnya beli mobil plat B?apa lo gak kuat beli???

  17. Beli di JKT coz harga barunya lebih murah daripada di daerah..
    Pengalaman dulu beliin sodara yg di kaltim.. mobil mpv sejuta umat itu selisih harga resminya bisa 15 jutaan lebih. Nah ditambah di JKT bisa kasih diskon yg wah (20jt lebih) karena penghabisan stok.. Akhirnya setelah diitung2, biaya dapetin mobil + biaya kirim+ biaya balik nama masih tetep lebih murah daripada beli disono.. Selisih biaya buat nambah2 beli acesoris, HU Sony Baru, LCD headrest 2 biji, alarm baru.. dan asuransi..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*