Plat Nomor Kendaraan Di Depan Perlu Gak sih…???


Kalau kita perhatikan motor eropa dan beberapa negara hanya mengaplikasikan sebuah Plat nomor kendaraan di satu tempat yaitu di belakang…kalau kita gali lebih jauh apa sih Plat nomor itu..? Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), atau sering kali disebut plat nomor atau nomor polisi (nopol), adalah plat aluminium tanda kendaraan bermotor di Indonesia yang telah didaftarkan pada Kantor Bersama Samsat.(wiki)

Kalau kita lihat aturannya sih adalah menyangkut bagaimana desain “standart” yang diperbolehkan dan tidak menyalahi aturan..misalnya  ada “securty mark” “DITLANTAS POLRI” yang menandakan plat aluminium itu asli…warna yang diperbolehkan..

Tujuan utamanya sih sebagai identifikasi kendaraan.. lalu apakah di peraturan disebutkan apakah harus depan dan belakang…?? mungkin karena dari samsat kita dapatnya 2 ya harus dipasang dua… apakah ada yang tau penempatan harus didepan dan belakang…apakah aturan penempatan bisa ‘dinego’…?? misalnya miring kesamping…

Menurut bro apakah penempatan plat nomor dibelakang saja sudah cukup seperti di luar negeri…???

Tentang iklan-iklan ini

Tentang heru kuncahyono

KeepBrotherhood & Peace
Tulisan ini dipublikasikan di diskusi, Inspirasi dan tag , , . Tandai permalink.

82 Balasan ke Plat Nomor Kendaraan Di Depan Perlu Gak sih…???

  1. sandy berkata:

    gak penting

      • brigade jalan raya berkata:

        Saya rasa memang ga begitu banyak manfaatnya jika plat nomor ditaruh di depan. Negara sono aja sudah sadar! Kalau dulu mereka naruh plat di spakbor depan, da di headlamp. nah,,,negara sono aja mainan moge dan suka ngebut, kenapa bebek ma kelas motor kecil harus pakai plat nomor du depan (sepertinya polisi sadar, kalau hanya plat nomor belakang agak repot mencatat nomornya, ya kayak mobil lah)…polisi ga kreatif yah…..GIMANA KALAU KITA USULKAN RUU PENGATURAN PLAT NOMOR KE DPR. wkwkwkwkwkwkwkwk :) :) :) :) :) :)

      • halah pada sox pinter luh pada diatas-dibawah!
        mtr hansip gue gak pake plat nopol aman2 aja tuh….
        :-D

        *mana berani police nilang mtr hansip-linmas (handonsip-ngibulinmasyarakat).

  2. vixy182 berkata:

    Kalo tanpa plat muka temen ane pernh kn tilang :-) waktu pke atrea prima :-) http://vixy182.wordpress.com/2012/11/30/tangki-motor-old-ninja-250-bocor-bro/

  3. FaUSTO GRESINI berkata:

    mungkin buat masuk mall , di liat plat nomernya yg depan

    • Aladin berkata:

      Setuju bro, baru ane mau komen kayak yang ente bilang….
      Kalo gak ada plat no di depan motor bisa susah ntar kalau masuk mall…

    • brigade jalan raya berkata:

      Bener juga :) :) :) :) :) :) :)

      Biar sehebat hebat pakir canggih yang pakai kamera alias tanpa operator lagi yang harus memberikan karcis saar mau parkir mobil di mall, sang operator karcis hanya duduk manis di sebuah ruangan ber ac, di sana dia bisa baca plat nomor kita baik di depan dan belakang melalui kamera khusus. tapi biar bisa baca plat nomor belakabg, bisa susah nantinya kalau ada antrian. bisa bisa plat nomor belakang ketutup mobil yg ada di belakangnya. JADI PLAT NOMOR di DEPAN ITU PERLU BANGET!!!

      • brigade jalan raya berkata:

        Meskipun ada juga yang efektif seperti menuliskan sendiri plat nomornya :) soal nulis plat nomor ada aturannya biar aman, yaitu mesin akan membaca nomor plat satu kali sampai karcis kembali kepada operator karcis saat ingin pulang. jadi nulis plat nomor ga bisa double :) :) :) :) :) :)

      • brigade jalan raya berkata:

        JADI PLAT NOMOR di DEOAN ITU PERLU BANGET BUAT NEGRI INI. buat luar negri sono ga perlu. Mobil aja yang pakai ya…. soalnya alasan pertama jika truk GANDENG ke tilang, HAMSYONGGG TUH PAK POLISI :( :( :( :(

    • FaUSTO GRESINI berkata:

      buat pemeriksaan saat ada razia , jadi dari jauh udh kliatan , klo plat nomer di belakang aja nanti platnya mati , polisi harus ngejar . kalo di lihat plat nomer di depan kan tinggal di berentiin aja , tinggal lambaikan tangan ke pengendara . wkwkwkw ( lambaikan tangan ?emang uji nyali apa )

  4. jack miko berkata:

    Gak penting ah…,tdk masuk dlm safety riding.ngrusak penampilan motor.

  5. 5h4q54 berkata:

    sebenernya di tabel UU 22 tahun 2009 pasal 280 ga ada hal tertulis untuk memasang plat nomor di paling depan dan paling belakang, yang tertulis bahwa hanya harus dipasangi plat nomor kendaraan. jadi kalau ada yang di tilang mengenai hal ini..jangan sungkan untuk minta di kasih tau pasal mana saya melanggar. Dan ingat “jangan pernah berdamai (ngasih uang) dengan polisi di jalan”

    • ridertua berkata:

      Yg jadi masalah pabrikan motor menyediakan tempat didepan dan blkg… :)

      • Nold berkata:

        Dan itu juga berlaku untuk mobil/roda 4. Saya kira gak akan masalah dengan pemsangan plat nomor baik di depan dan dibelakang. Tidak mengganggu performa secara keseluruhan.

        Dan lagi, biasanya orang yang mencari-cari celah hukum saja yang tidak mau dan bawel terhadap peraturan. Maunya ini itu sesuai dengan maunya pribadi. Di pikir ini negara nenek moyangnya apa gimana gitu

  6. emas yayang berkata:

    Ayo dirembug…..

  7. nggandenz berkata:

    mngkin ketika ada operasi atau kita kena tilang,polisi biar lebih mudah mencatat plat nomer kita,karena bila hanya belakang,pas polisi mau lihat kebelakang takut ditinggal lari… :D mungkin lho ya?

  8. sinbe berkata:

    Perlu itu, pas parkir biasanya pan dicatet. Asal jgn dijidat aja kayak koyo aja,bkin jelek tampilan mtor.

  9. EISCELL berkata:

    aku pengen nempelin plat nomr ke body sibiru aja

  10. jinxz berkata:

    masih perlu pak rt, penempatan nopol memang harus ditempat yg mudah dilihat… secara indonesia kan ga tertib2 amat pengendaranya… kasus tabrak lari bisa naik diatas daun hehehe…

  11. Arny berkata:

    plat nmr 2 aja dipermasalahin.. Coba kalo dikasih 3 ato 4..?? Nahlo :o

  12. Arny berkata:

    tau sndiri kpolisian indonesia kan rempong..hahaha
    *jd aye mah nurut2 aje :p

  13. fa74 berkata:

    G perlu plat no. Dua lagi… Gede lagi… Jelek lg… Pake stiker kek. Pake gps kek. G usah pake plat lg lah.
    Klo raziah langsung aja cek no mesin ma rangka.

  14. galau berkata:

    perlu. untuk memudahkan pa polisi ato tukang parkir. mau nyatet no ga perlu liat pan**t kita dong!!!

  15. dowey berkata:

    Didepan gapapa… Tapi ya mbok itu plat ukurannya dikecilin… Yg sekarang gede banget kalo diparkiran nyangkut kemanamana…

  16. sejutawarnaa berkata:

    iya tuh, bagusan di belakang aja. Kyk nya perlu di klarifikasi deh ke samsat, pak elte

  17. Imouto berkata:

    klo menurut ku sih perlu. beberapa kasus yang justru akan dipermudah dengan adanya plat nomer depan. contohnya seperti diatas tadi, waktu parkir, akan lebih mempermudah dan mempercepat petugas parkir untuk mencatat/memeriksa nomor plat motor (pasti ada yang bilang “ga penting”, tapi klo dah antre panjang pada ngomel2 kan :D ).
    cuman saya yang ga setuju ukuran P x L plat nomor disini terlalu lebar, dan modelnya jelek. plat nomer kan isinya kombinasi nomor dan huruf yang biasanya diatas dan masa berlaku plat nomor tadi yang ada dibawahnya, trus ada logo kepolisian (apa ya namanya) kecil. baiknya klo menurut aq dimodel memanjang. kombinasi huruf angka di tengah, waktu kadaluarsa dikiri atau kanan tetapi disusun atas-bawah (supaya tidak memanjang) dan sisi berlawanan diberi logo kepolisian. modelnya akan lebih sempit tapi agak panjang dikit. karena menurut q itu waktu kadaluarsa plat nomer + logo kepolisiannya ga penting banget kecuali ada razia / pemeriksaan dari polisi.

  18. Imouto berkata:

    1 .. 2 .. 3 .. nyangkut ??? -_-”’

    • Imouto berkata:

      plat nomer depan juga kadang2 bisa memudahkan juga, contoh memudahkan petugas parkir mengecek kesamaan nomor stnk dengan plat supaya ga lama2 (kan biasanya ada tuh yang klo antre karcis sampe ngebel2 lebay alay jablay, kayak ga tahu klo antre).
      cuman model plat nomor sini terlalu jelek terutama untuk plat depannya. harusnya modelnya jangan terlalu lebar gitu. model dipanjangin saja, jadi hanya ada 1 baris. klo menurut aq kombinasi huruf dan nomernya diposisikan ditengah, waktu kadaluarsa plat nomer ditaruh dipinggir sengan posisi atas 2 digit bulan – bawah 2 digit tahun. terus posisi yang berlawanan dgn waktu kadaluarsa diberi logo kepolisian (ato apalah namanya itu). model lebih menyempit namun agak memanjang sedikit, menurut aq pribadi sih jauh lebih etis modelnya dari pada yang sekarang yang kayak papan nama mhs OSPEK.

  19. jaos_konsumen biasa berkata:

    wah buanyak yg komen CUMA terpaku soal susahnya tukang parkir nyatet nomor gara2 gak ada plat di dpn………pantes gak pinter2…dan gak maju2.
    Pake mulut aja (dikasitau) udah bisa nyatet tuh tukang…..

    gimana kalo kalian ini make moge? atau mbl yg susah nampak platnya dpnnya gara2 di something la….

    BTW, plat di dpn SAMASEKALI TIDAK PERLU……di jalanpun mana sempat(jarang) polisi baca nomornya dgn jelas. Saya gak ngerti apa gunanya itu…..selain bikin jelek mtr.

    • ridertua berkata:

      waktu parkir wajib serahkan STNK………kan dicatet nomornya :)

      • jaos_konsumen biasa berkata:

        saya gak tau sih kalo di negara lain gimana cara ngatur markir r2 yg gak pake plat di dpn…..biar la perusahan pengelola parkir yg memikirkannya, bukan konsumen atau polisi ……hahahah

        tapi soal dua plat itu samasekali gak efisien….jutaan mtr di sini, udah berapa ratus ton bahan plat bisa dihemat tuuh….estetika pun dapat, gak membahayakan. gak pusing bikin rules yg abu2….dan soal parkir, itu bisa mendorong kreatifitas.

        tapi ya….efisiensi dan efektifitas belum menjadi bahasa sehari2 di pemerintahan maupun penegak hukum, walau ada beberapa kemajuan. Ya udah taat aja la…….

  20. agathacorp's berkata:

    Kalau Menurut Saya sih,
    Pemasangan 1 aja sdh cukup,,,,,,,,,Lagian Jg fungsinya sama aja.
    ya tho,,,,,?

  21. munglulusanplaygroup berkata:

    Plat nomor adalah lahan basah
    2 buah semakin untung daripada 1 buah
    Jika ada yang dimodif kecil kena duit, dipasang cuma satu apalagi dan paman kita tercinta kalau razia males harus lihat ke belakang untuk mencocokan plat nomor dengan stnk
    Ya harus ada kata paman kita
    Kata saya tidak perlu plat nomor buat saja barcode sebagai penganti no plat, no rangka dan no mesin jadi paman kita razia seperti kasir, disorot dah kelihatan berapa harga tilangnya ha ha

  22. munglulusanplaygroup berkata:

    Walah ilang
    Plat nomor adalah lahan basah
    Dua lebih untung kenapa harus satu
    Dipasang 1 bisa jadi duit
    Dimodif kecil bisa jadi duit
    Dan memudahkan pengecekan oleh paman kita tanpa repot lihat kebelakang
    Berarti sangat perlu kata paman kita

    Menurut saya tidak perlu keduanya
    Cukup dibuatkan chip atau barcode sebagai penganti no plat, no mesin dan no rangka
    Maka dalam razia, paman kita seperti kasir tinggal sorot muncul harga tilangnya wow asyik ha ha

  23. randhy cahya berkata:

    Mungkin perlu juga, kaya kalo masuk mall contohnya,.. tapi kalo bisa tempatnya dipindah(tp masi keliatan) biar gak ngerusak penampilan motor itu sendiri(ninja perlu d benahi, kalo cbr uda pas),..

    http://randhygraphic.blogspot.com/

  24. kenunk berkata:

    Depan-blakang dunk..qt klw liat cewek aja dpn-blkang..

    :D

    • Imouto berkata:

      dari belakang bohai, aduhai, seksei ….. cesss pleng, koq pas dilihat dari depan ……… siluman kumis *kabooorrrr :lol:

  25. phudan berkata:

    plat depan itu masi perlu… cuman ukurannya itu loh, kalo bisa dikecilin lagi… makin kemari ukuran plat makin gede, mungkin 5 tahun lagi ukurannya bisa sebesar kertas hvs… alasannya biar gampang dibaca.. wkwkwkwkwkkwkwk…

  26. hazzu berkata:

    sama kayak jersey tim sepakbola, dulu gak pake nomor di depan… jadi tiap pemain kena kartu kuning ya dia harus balik badan dulu biar wasit bisa nyatet nomornya.

    • penonton berkata:

      klo cctv bisa minta perampok balik badan untuk catet plat nomornya masbro? kepentingannya itu bukan dr segi manusianya aja bro,salah satu TMC nyebar CCTV ya biar dpt informasi klo saksi di TKP bungkam!

  27. polenkmerkesenk berkata:

    KAGAK PERLU. Ngerusak estetika. Mending diganti model stiker

  28. penonton berkata:

    misal nih bro,pas masbro di perempatan yg sepi,masbro dipepet kawanan perampok atau geng,masbro dihajar,dibawa motornya.di CCTV terlihat kronilogisnya menit dr menit,tp CCTV posisinya didepan elo hny bisa melihat bagian depan motor masbro & kawanan perampok.klo g ada saksi kan bisa lacak motor dr CCTV,klo didepan ada plat nomornya,klo g ada ya derita masbro :-D ,so mmg perlu cm ukuran & penempatan mgkn perlu dikaji ulang

  29. fortisiks berkata:

    Klo malam yg di dpn gak kebaca, silau men. Klo ngejar mtr liat tnkb yg di blkng, bukan dri dpn noleh ke blkng. Saat nilang polisi gak perlu repot 2 3 langkah ke blkng.

  30. Dhino berkata:

    Pemborosan anggaran..blakang aja kn bsa menghemat..dpan ga d rancang pk plt nomor..

  31. akang berkata:

    perlu banged… Tapi jgn besar2 bentuknya… Kelihatan jelek…

  32. idadzzz berkata:

    sebenarnya sih penting ga penting plat nopol depan,,,
    tapi lebih enak platnya di bikin cantik,,,

  33. adhe setiawan berkata:

    knpa dua. . ??
    y ke untungan nya lbh besar. . .hehehe
    piiiss. . . ;-)

  34. Arny berkata:

    bener bgt tuh, ganggu bgt tampilan mtor trutama moge,
    cukup 1ajah diblakang gtu..

  35. Kevin Leonhard berkata:

    perlu gak perlu juga…
    tp menta plat nya ga usa terlalu besar… buat ngiris org ya :lol: … gada yg tau kpn akan terjadi kecelakaan, plat nomer yg terlalu besar dan lebar bisa aja itu nggores kepala orang… gak selalu, tapi mungkin aja bs terjadi… :lol: mobil skrg aja mikirin safe kaki org knp skrg bumper depannya pada mancung2… gmn nih pak pol… :lol:
    tp masi mnding plat nomer kita, di negara eropa sana tmpt MV Agusta diatas, itu plat nomernya segede kipas sate… lebi parah dr kita punya… :lol:

  36. megalodon150 berkata:

    gak perlu, kalo saat ada kejadian tabrak lari pun kendaraan pelaku yg kabur pasti yg keliatan pantatnya doank kan,

    plat no di depan itu mengganggu tampilan banget, malah format plat no yg baru makin besar dan jelas, mantaff, kapolri yg cerdas

  37. didi berkata:

    beli ducati aja gak perlu pake plat nopol dpan

  38. memet berkata:

    gg perlu pak erte

  39. vario125 berkata:

    gak perlu dan kalaupun memang harus memakai 2 (depan belakang) sebaiknya jangan gede2. ukuran yg sekarang terlalu besar

  40. RezaYellow46 berkata:

    Indonesia serba repot

  41. Inyong_Bae berkata:

    Plat Nomer mou penting apa enggak mah kata polisi sa bodo teing.
    Karna bagi polisi plat nomor adalah ladang tuk cari duit.
    Ingat kasus Plat Nomor yg saat ini masih ditangani bareskrim Polri/KPK yg melibatkan korlantas polri….?
    Nah bagi Polri yg msh kroco plat ini jg bisa jd alasan tuk nilang yg ujung2nya duit jg.

  42. Nofgi berkata:

    Sebenarnya sih perlu sih, cuman desainnya tolong lebih dipercantik dan diminimalis.
    Aturan itu memang perlu, tapi estetika juga bisa diperbagus.
    Untuk plat nopol depan sebaiknya diperkecil ukurannya dan penempatannya yang bagus dan jangan sampai merusak estetika desain motor itu sendiri, juga bila perlu tambahkan pelindung karet pada bagian tepi-tepi plat nopolnya, biar gak melukai orang lain.
    JUST MY OPINION.

  43. satria biru berkata:

    untuk memudahkan gerbang parkir lihat nopol kendaraan yang dateng kali ya makanya taruh didepan klo dibelakang kan susah

  44. kasamago berkata:

    keknya udah g perlu, itugn2 ngirit bahan baku plat. lbh asyik pake plat nomor berbentuk barcode yg di tempel abadi di rangka motor.

    • Kia72 berkata:

      PKalau menurut saya pribadi sebagai owner Ninin250R,, Buat plat yg depan setuju dgn opini agan2 “mengurangi estetika” walaupun itu dipasang dibelakang windshield, apalagi kalau dipasangnya didepan windshield Keliatan gak proporsional banget tuh plat nomor..
      Saran saya buat Samsat : Penggunaan utk spd mtr sport fairing (ninja/cbr/dll) sebaiknya diberi semacam stiker plat oleh samsat sendiri utk dipasang di windshield yg keasliannya susah utk ditiru (misalkan pake hologram 3 dimensi).. Karena banyak owner ninja/cbr yg kreatif memakai stiker plat nomor yg bikin sendiri (bikin di percetakan) Tapi tetep aja police di kita sering gak toleransi sama yg pake kaya ginian, dgn alasan Bukan ori buatan Samsat.
      Nah semoga dgn ini institusi pemerintahan di kita bisa denger saran dari sebagian rider pengguna jalan (kan kita udah byr pajak)
      hehehe.. :D
      Just my opinion .. Yah diterima sukur,, gak diterima yo wisss gpp,

  45. Indra berkata:

    Kalau dari pabriknya ada tempat buat nopol ya ga bisa dipasang cuma satu, pasti dimasalahin. Beda kalau CBU yang bener2 ga ada tempat nopolnya.

    CBU = Asli luar negri + diakui bentuknya karena disahkan pajak.

  46. elham berkata:

    Apakah kendaraan dinas polisi dan tentara bayar juga pajak? Caranya gimana dan di mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s