Jika 5 Tahun Kedepan Skutik jadi Motor Sejuta Umat…Maka… Honda Atau Yamaha…???

Bergesernya sebuah kebutuhan dan fungsional sebuah kendaraan akan membawa dampak pada kelangsungan “hidup”sebuah pabrikan motor… masih ingat kala pabrikan hengkang dari 2 tak ke 4 tak..?? tentunya sebuah tuntutan regulasi yang akan meng’eliminasi’ varian itu cepat atau lambat..sehingga pabrikan yang berjaya adalah yang fokus di motor 4 tak… berjaya dalam arti mendapat hasil maksimal dari penjualan secara kuantitas …

Pergeseran “budaya” bermotor bisa dan mungkin terjadi di tanah air dimana motor buat harian ya skutik…!!!Β  entah tua,muda,laki,perempuan…lalu siapa yang jadi korbannya… yup benar.. motor bebek..

Berandai-andai saja jika 5 tahun kedepan skutik jadi ‘motor idola’ dan mampu menggeser bebek(terlihat penjualan skutik meng ‘overlap’ bebek..)… siapa yang akan berjaya..?? siapa yang paling siap? kalau fokus dibebek saja alamat akan ketinggalan tahun-tahun mendatang..bila memang benar skutik mendominasi jalanan…….intinya pabrikan yang berjaya harus fokus mendevelope dan mengeliminir kekurangan pada varian skutiknya… So… Honda atau Yamaha…?

Tapi apakah mungkin skutik mampu menggantikan bebek sebagai motor harian… tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini…kita tunggu saja seperti bonusnya yang selalu menunggu… :mrgreen:

Kevin Balot ……. 4 Whitesmilee :mrgreen:

Comments Via Facebook

comments

133 Comments

    • bedannya kan bisa diitung to… ? dan diambil rata2… sebagai contohnya..bila 5 tahun kedepan permintaan matik melonjak..apa pabrikan masih produk bebek..? jual barang yang gak di beli konsumen..???

      • matic vs bebek bukan masalah trend saja..tapi segi kemudahan imho.. gak percaya..?? saya sendiri pelakunya … lebih senang pakai matic (beralih dari bebek)dengan segala kelebihan dan kekurangannya… walau tarikan agak lelet dibanding bebek…emang mau ngebut dimana..? πŸ˜†

      • ^ contoh penggemar setia matic

        *hari gini ga pakai gigi, ompong donk

        *mulai nyerang personal and yang punya warung

        wkwkwkwkwkw kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  1. Betul-betul-betul…..
    Dipasaran saat ini harus diakui skutik Honda & Yamaha yg paling banyak ngaspal
    meskipun ane pilih sijuki yate buat anak yg berbobot jumbo ke sekolah krn shock stereo,
    ban ring 16 bisa ngangkangi polisi gendut yg suka tidur di jln & gak pasaran lagi.
    Cuma dikampung ane teteupp aja di kenal nya honda (honda Mio, Honda Spin) hii..hiii

  2. kalo liat karakter masyarakat indonesia, honda tetap jadi raja.
    Soale mindset honda dibenak masyarakat indonesia kuat.
    Meskipun honda melakukan sedikit kesalahan, pasti bisa dimaklumi konsumen sini.
    Contoh soal bodi getar, tangki rawan bocor, sasis mleyot, penyakit di vario 125.
    Tapi konsumen tetap beli.

    Beda dg merk lain, misal yamaha, kawasaki & suzuki yg identik dg boros, meskipun skr bikin motor sejenis (4tak), tp mindset tsb belum juga hilang.
    Belum lagi masalah2 yg biasa mendera motor keluaran baru.
    Apalagi produk india dan china, mindsetnya lebih jelek lagi, meskipun ada produk mereka yg setara atau bahkan melebihi produk honda, tp konsumen seakan udah terbius mindset honda.

    • nah ni komen yang logis banget dan tanpa ada tendesius ke arah fansboy

      sangat setuju, ibarat klo di segmen mobil jelas prestise honda tu dapet banget

      ga peduli spare part mahal

      • masa sih…

        di blog IWB debat terbuka gw dengan ngetes aja ke masalah dogmatis dan mindset konsumen di tentang tuh…

        2 tak vs 4 tak DOHC untuk motor berperforma tinggi…
        hal simple aja, bagi publik 2 tak itu boros, ngebul…
        tapi realita di lapangan 2 tak aja ada yang udah lulus uji euro 3 dan gak ngebul…
        dengan BBM yang 11-12 4 tak DOHC, kalo emang udah setara kenapa harus 4 tak DOHC?

        πŸ˜†

      • @bdt,
        minset motor adalah honda udah tertanam sejak dulu.
        Jaman belum ada fitur sks, yg ada baru fitur getar & sasis mleyot.
        Dari dulu MS honda selalu tertinggi, maka gak usah heran jaman saiki masih banyak ditemui motor honda jadul, tdk spt merk lain, lha wong pada jamannya aja populasinya dikit, apalagi sekarang.

    • masalahnya yg dipunyai honda tidak ditemukan di kompetiror, spt fitur SSk misal
      sptnya fitur lebih penting bagi konsumen, karena konsumen juga sering lupa naikin standard, sepele sich, namun sangat bermanfaat.

      walu di benak konsumen lain awal-awal hal itu merepotkan, tapi lama-lama sadar akan fungsinya.
      kalu terjadi hal yg tdk diinginkan, mungkin nilai fitur tsb ngak seberap atau malah bakal keluar uang melebihi harga motor tsb kalu terjadi sesuatu misal.

      nah kekurangan tsb, memang konsumen kecewa, tapi yach karena ngak ada yg lain, sikat ja dech, body tipis, ngak apa-apa dech

      dan akhirnya melejitlah honda

      • gak perlu lah SSS dan PBL… selama gw pake motor belom pernah tuh namanya std nyangkut gak di angkat. ama PBL…

        intinya sih kedisplinan si rider nya dalam hal motor nya sendiri, kalo gak disiplin ya percuma lah. mahal2in harga aja. 13 tahun gw naek ternoda gak pernah tuh yang namanya angkat std lg jalan… sebab gw selalu cek keadaan motor sebelum gw stater…

        gak perlu lah SSS, SKS dan PBL. untuk SKS sendiri bisa di akali dengan kunci gembok 50rb an, udah cukup lah itu.

        πŸ˜‰

      • @Roy
        kenyataan di lapangan, justru lebih banyak pengguna motor yang kurang disiplin dan karena hal-hal kecil itulah mindset konsumen terbentuk

    • ya kalau pengen merubah pemikiran konsumen ya contohlah yg dilakukan honda dan lakukan dg lebih baik… gt aja.. kalau gak mampu ya pasti jd no 2 ..3,.4 ataupun bangkrut..

      • ngak baik ah doain bangkrut.
        salahnya yamaha terlalu ikutin kemauan konsumen anak muda dalam hal ini kasus bebek and matic.
        terlalu mengedepankan kecepatan dan image balapnya u/ bebek ama matic, kalu sport sich ngak masalah kedua image itu dipake.

  3. seng penting lungguh jigang uwenak tenan… pupuler e muanteb pakde… sayang ke potong gawe sensor… tapi seng jelas susyah menggeser bebek (di pulo jawa) kalo Bali sih mungkin, kalo sport tuh bukan first opsi jualan pabrik cuman tren sama prestis ajah… pokokne seng banter dodolane yo iku seng di kebyut… seng penteng akeh duwite… tul ga tuh… money mater ^^v IMHO

  4. Dulu waktu sepeda motor di belikan Ortu selalu denger begini,
    Si emak selalu bilang : jangan ngebut2 kalau naik honda !!
    jangan sembarangan parkir honda !!
    awas kalau tak naik kelas hondanya di jual ??
    Eee… sekarang ke bawa-bawa ngoceh ke anak (padahal pake si juki yate)
    jangan lupa service hon**nya !!!!
    kalo di tangkap polisi urus sendiri hon**nya !!!!
    kalo gak punya uang jangan kau gadaikan jual hon**nya ??????
    Harus diakui keberadaan skutik Honda & Yamaha paling banyak ngaspal di negeri kita.
    Dan gak bisa di pungkiri nyebut nya teteuppp aja hon**
    Kata Orang Tua dulu #Ulah bisa karena biasa, hapal kaji karena di ulang#

  5. dari abad 20 an.. motor idaman lebih dari 50% orang di suatu negara adalah motorsport bro.. saya rasa klo 5 tahun atau 50 tahun lagi masih ajeg…
    cewe2 sekarang lebih demen sama motorsport daripada matic..
    andai jika 5 tahun kedepan skutik jadi motor sejuta umat.. maka honda atau yamaha cuma dapat sejuta umat aja gan… πŸ™‚ mungkin kawasaki dapet lebih dari sejuta dengan ninja-nya… kabooor…juga

  6. Apipblog: saia setudju plus kangen pake yg bener2 made in indonesa…. Sing mbiyen motor cewek mesti honda, motor laki pun yamaha… jepun terus tho..?? Ato kita galang dana buat supoort Pak Erte, biar bisa riset bikin motor sendiri……

  7. di daerah2 sulit macem perbukitan di daerah ane masih banyak banget yang pake bebek
    di daerah itu pake matic ga berani kali yah
    paling wow liat cewek abg naik suzy TS di perbukitan jalanan ancur :mrgreen:

  8. weeeew…. bonusnya CS1 neeeh…. πŸ˜€
    Bencessss…………………………………..:D πŸ˜€
    waria dipajaaaaang

  9. So Dara@

    Hayate emang Mantabs buat keluaraga besar yg tdk pnya dana besar spt kita.

    Salam Hayate selalu Di Hate

    Joint@ Jakarta Hayate Club
    Suzuki Hayate Club Surabaya

  10. smoga kedepan bisa bikin skutik lebih irit dari bebek…
    masih bebek juara irit… πŸ˜€

    Motorplus Award Best Fuel Consumption. tiap kelas di test rider yg sama dgn kecepatan rata2 55kpj di sentul
    diurut dari yg paling irit.
    Bebek 100cc – 115cc Yamaha All New Jupiter Z1 83,12 kpl
    Bebek Sport 125cc – 150cc Yamaha New Jupiter MX CW (Manual Clucth) 72,9 kpl
    Bebek 120cc – 130cc Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI 72,2 kpl
    Skubek 110cc Yamaha Mio J 68,9 kpl
    Skubek 125cc Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS 56,5 kpl
    Sport 125cc – 160cc Kawasaki D-Tracker 150 56 kpl
    Sport 200cc – 250cc Yamaha New Scorpio Z 44 kpl

  11. waoowww…..juara kontes ratu waria Miss International Queen 2012 dari Filipino,,,admin seneng yg begini sekarang,,CMIIW

  12. sport premium ada, bebek premium ada, kenapa ngak ada bebek premium ? yg harganya di ratusan jeti ? bebek msh dibutuhkan di kampung2, yg jalanya lom aspal full, pakai sport kemahalan, pakai matik mampus aja πŸ˜€

  13. Saya yakin 5taun kedepan. konsumen dah pd pinter. tidak lagi jadi budak merk. siapa yg plg irit canggih. kaya fitur. pasti yg di buru. mau honda kek yamaha kek. yg berani bersaing harga dan fitur pasti menang.

  14. jelas honda dong ..fiturnya lebih melimpah
    motor bebek jg honda ..lebih laris dipasaran
    motor sport terlaris boleh yamaha, tapi soal fitur dan kualitas kawasaki punya

    • jalan konstan di sirkuit 55 kpj…. tiap kelas ridernya sama dgn perlakuan sama…
      Lomba irit semua merek mas…bukan OMR irit hehe….
      pemakaian nyata beda lagi

  15. Pernah dipisuhi sopir angkot gara-gara jendal jendul gak biasa oper gigi bebek, sementara dibelakang saya ada angkot.

  16. kuclux berkata:
    22 November 2012 pada 8:20 pm

    katanya motor honda paling irit?
    Ternyata suprax 125 lebih boros dibanding jupi mx 135 cc. Apa kata dunia?
    ===============
    Sebaiknya tanya saja konsumen kebanyakan, lebih riil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*