Bila ada Biker lain jatuh bagaimana responmu…?

Sebagai sesama biker sudah sepantasnya kita menolong jika ada sesama pengguna jalan lain yang kena musibah….. pada mudik lebaran kemarin RT sempat pula secara spontan blokir jalan karena terlihat rombongan pengendara di depan yang lagi mudik   bersenggolan lalu jatuh(dari 10 motor yang jatuh 2 motor)… seorang bapak ibu dan anaknya..tampak sang ibu dengan erat mendekap anaknya saat jatuh…mungkin naluri seorang ibu yah…kemudian sang bapak dengan terlihat gundah menanyakan keadaan anaknya “gak apa-apa..?” … “gak apa-apa..?” berulang kali kata-kata itu terucap dari mulutnya… pengendara lain yang ikut jatuh tampak segera berdiri dan meminggirkan motornya… lalu lintas dibelakang RT sebetulnya ramai…

Kebetulan saat itu RT berada dibelakang gerombolan itu…melihat kedua motor ber”gelimpangan” ditengah jalan ramai sepontan RT melambat dan melambai( beri isyarat) kendaraan dibelakang agar tidak melewati jalur tempat motor tadi jatuh.. mirip polisi cepek lah :mrgreen:

Memang perasaan sesama pengendara akan timbul dengan sendirinya jika melihat pengendara lain terkena musibah..bahkan kadang kita “membela” pengendara motor yang di”aniaya” oleh pengguna kendaraan yang lebih besar (solidaritas biker) karena biasanya kendaraan besar(truck,bus) merasa menang karena lebih kuat… nyalip memakai jalur orang pun “wajar”….

Selena Gomez

Comments Via Facebook

comments

76 Comments

  1. klo rame ai mau bantu pak tua..
    tpi klo sepi.. trus yg jatuh dua org..
    hmmmm mending hati2 deh..
    rekan ai pernah diculik motornya,, pdhal dia mau menolong org tsbt,,
    krn kebtulan sepi bnget..

  2. pas lagi nongkrong ber-2 ma temen…liat di simpang ada 1 rider mau nyebrang ragu” karna dah liat ada motor di yg melaju …pandangan beralih ke motor yg laju tsb, boncengan ma ceweknya yg mendekap erat….nah rider yg nyebrang tarik gas ngerem tarik gas ngerem akhirnya memutuskan untuk buka gas dan nyebrang dan itu terlambat….braakkkkk!!!!!!!….motor yg boncengan menabrak bagian depan motor yg nyebrang kira” daerah stang n tangki…lalu motor boncengan tersebut terlihat salto 2x ( 4 meter di depan mata saya) sampai motor tsb jatuh dekapan sang cewek tidak terlepas…sedang kan rider penyebrang sepertinya tidak parah efek nya…
    spontan saya n temen berlari mendekati korban yg pastinya yg terlihat parah efek kecelakaan nya…tapi setelah melihat rider boncenger td yg kedua kakinya terlipat dua mendadak jadi ngeri ngeliatnya n ga brani nyentuh…saya beralih ke rider penyebrang membantunya berdiri n meminggirkan motornya…sedangkan teman saya membantu cewek boncenger td….bagaimana nasib rider boncenger td?? selang 5 menint masa berdatangan n mamapahnya beramai ramai….

    setelah itu saya tanya ke temen…” td kau kok bantu ceweknya?? kan ga apa apa tu..!!! ”
    temen : ” ngeri lihat kakinya….ehehehe”

  3. om rt … motor yg biasa ngambil jalur seenanya
    kendaraan r4 rada sulit motong jalur seenaknya
    Plis dech…

    udah jelas motor biang ancurnya lalin Indonesia
    kalaupun pengendara motor naek kelas bisa beli mobil
    kelakuannnya menyetir roda2 pasti kebawa juga diroda 4

    • hari pertama saya bawa motor kejakarta, motor langsung ditabrak belakang sama mio, sampai 6 bulan dijakarta hampir motor saya ditabrak rider lain lebih dari 3 kali, saya nabrak sekali, cara berkendaranya bikin stress setiap kali dijalan, silakan lihat bedanya kalau naik motor didaerah, leboh bisa dinikmati….

  4. Gerombolan. Gelimpangan. Dibela pak RT
    Keren
    Bagaimana jika ada yang menerobos lampu merah dan ketabrak?
    Ternyata yang mau menolong diusir warga setempat dan abang becak ‘biar mas, salah-salahnya sendiri tidak usah ditolong. Yang lain sudah berhenti, malah dia mblandang (terus sambil menambah kecepatan)
    Yang nabrak malah disuruh pergi jangan sampai ketahuan pak pol
    *Pengendara yang terkapar dan luka keduanya cewek disinyalir warga sudah mengenal keganasan dan kepecicilannya di jalanan tersebut
    Saat terjadi kecelakaan tidak mengenakan helm, jaket

  5. kmaren mggu ad pak rt,dpermpatan mtor jupi mx tanpa helm nrobos lampu merah dtbrak toyota rush mtor trjungkal sma ridernya si rider jatuh dtrotoar dan mtor jatuh dsungai pgir trotoar rider minta tolong tp g ad yg nolong pguna mobil nolong g tlfon ambulan mlah nelpon polisi dsinyalir yg pkk mbil pengacara ddket situ kasihan g dksh ambulan mlh msuk mbil kijang

  6. 1.pasti berhenti pengen nolong
    2.berhenti lihat situasi
    3.menolong setelah ada saksi
    4.kelamaan mikir hamsiong korbane 🙁

  7. ya kalo ada yang jatoh ditolong sebagai orang indonesia yang normal..
    kalo yg jatoh lebih dari satu di tulungin yg paling parah ato yg blm dpt prtolongan..
    kalo yg jatoh bocah tukang balap liar ato maling motor ato jambret ato sejawatnya(sbg orang indonesia yg normal),digebukin dulu rame2,iket di pohon biar gak kabur,ciyuuus lapor pulisi deee(mudah2an bocah tadi gak metong duluan)..

    • di poto lalu update status… masnono: “eh pagi2 ada kecelakaan kasian keplindes becak kepalanya putus, badannya tercobak cabik, darahnya dimana-mana ususnya sudah pada disunduki…”
      coments: a: “ih serem banget, sapa aja yg kecelakaan?”
      masnono: “tukang jagal ayam, ayamnya kocarkacir dimana2 mati semua, menakutkan… xixixi…”
      b:”trus gw bilang wow gitu?”
      WKWKWKWKWK…. ^^V

    • masih mending,mas.. Lha di tempatku jayapura kalau ada orang lokal yg jatuh di jalan pada takut nolongin, udah dituduh sag pelaku, juga di mintai denda ratusan ribu bahkan jutaan.. *pengalaman teman dan tetangga..

  8. liat yang jatuh pak rt, kalo yang jatuh cewe semok, mending sih tolongin, entar di pacarin

    kalo bapak bapak, ya di tolongin lah

    kalo seruntulan, apa preman pasar, di sukurin sukur2 di ludahin

  9. deket tempatku serring mbah, mpe tengkorak cuil juga pernah, paling buat miris ati wktu ibu muda hamil bonceng suami polisi, smuanya ninggal, dirumahnya ada anaknya 3th kalo gak salah :'(
    …sampai cegat mobil buat anterin korban, kalo mobil gak mau brenti gebrok2 aja bodynya 😀

  10. Responnya meluncur di asal.. 😀 😀
    Dah jaga jarak aman .. jadi antisipasi ngerem waktu yg didepan senggolan jatoh.. Eh diseruduk dari belakang.. 😀 😀

  11. ada 2 klo saya, 1 klo memang segera butuh diselametin, 2 saya biarkan

    1. dalam keadaan cidera ringan jatuh, dibelakang ramai ada mobil truk dsb, langsung dibantu ditepikan dibedirikan diamankan lokasi tersebut mirip yang dilakukan simbah atau diseret paksa (kasus saya kecelakaan diamankan langsung sama pak becak, thanks mas bro becak) cos di belakang ada truk.

    2. dibiarkan klo kondisi luka parah atau dalam keadaan mati ketlindas dsb, cos klo dalam keadaan luka parah klo asal menggeser bisa nambah parah (terutama kecelakaan mobil cidera di leher biasanya), nunggu yang berwenang pihak berwenang macam polis petugas kesehatan dsb, dan sekedar mengamankan lokasi klo di situ ga da yang ngamanin (mirip yang dilakukan simbah memblokir dengan tujuan mengamankan) apalagi klo pengendara sudah ga tertolong, dan kondisi tersebut siap2 Anda menjadi saksi di kepolisian siap di BAP.

    Intinya ga cuman nonton aja ya, IMHO cos ane dulu ya kecelakaan trus banyak yang nolongin, thanks masbro semua pada waktu itu :mrgreen:

    CMIIW

    • biasanya yang nolong memang tukang becak, atau yang punya motor bebek butut, truk atau pikap, yang naik motor sport mahal paling cuma nglirik, yang punya mobil bagus langsung pintu dikunci rapat-rapat.

      • KARENA KALO TAU YG NOLONG KLIATAN PUNYA DUWIT (NAEK HAYABUSA/ALPHARD MISALNYA) PASTI TUH POLISI MAIN TUDUH AJA, COBA YG NOLONG TUKANG BECAK PASTI AMAN DEH SBG PENOLONG… INDONESIA SUDAH LAMA BEGITU… ITULAH YANG MENYEBABKAN RAKYAT SEMAKIN TIDAK PEDULI SATU SAMA LAIN, ITS NOT MY BUSINESS… KARENA KALO YG KECELAKAAN YG PUNYA ALPHARD, DIA TINGGAL TELPON ANAK BUAHNYA, KALO YG KECELAKAAN YG PUNYA SEPEDA BUTUT, TELP SAPA COBA? BORO-BORO MAU NOLONG EN DITUDUH KALO DIRAMPOK DIPERKOSA DIBUNUH TRUS MASUK KORAN KUDU BILANG WOW GETOH??? (NGENES_cuman bisa berdoa tuk mengembalikan sifat kemanusiaan di Indonesia)

  12. kalo sesama motor dan udah ada yg nolongin klo saya tinggal, krn dah ada yg nolongin, kalo ikut brenti semua rider2 d blkngnya malah bikin macet jalanan 😆
    biasanya bus bro yg ambil jalur se’enaknya, truck masih mending jarang bgt ada kaya gt… kadang jg belum tentu mereka maksa ambil jalur org, tp kadang mreka ga ngliat ada motor… 😆

  13. Klo pengendara yg “Tipe Alay”, biasanya malah saya sumpahin. Klo yg cakep seperti gambar bonus, trus ibu2, dan rekan2 dari komunitas atau Klub (kecuali anggota Komunitas atau Klub2 yg arogan, pasti pada tahu yg mana)…maaf klo nolongnya pilih2
    Pernah ditolong sama anak Pulsar, waktu ban Vixi saya bocor..Tuh Pulsar Rider rela telat ke kantor cuma mo tolong anterin tambelin ban belakang saya yg bocor (Top Boxnya banyak tool set buat bongkar ban belakang)…Dikasih duit nolak, malah minta didoain supaya acara akad nikahnya lancar. Mo difoto motor dan orangnya buat di upload di FB malah marah, bahkan namanya aja minta dirahasiain…

  14. Biasanya tipikel rider motor dijalanan kebanyakan egois, main serobot sana serobot ini, tapi yang saya lihat dilapangan waktu mereka melihat ada yang jatuh atau terjadi kecelakaan biasanya para biker saling menolong, memberi tanda mobil dibelakang agar tidak terjadi tabrakan beruntun, meminggirkan korban ke tepi jalan, mencarikan pertolongan mobil yang bisa membawa korban kerumah sakit

  15. aku jg pernah jatuh di daerah genuk semarang… alhamdulillah orang sekitar baik hati. dan anak istri pun hanya luka lecet saja.. ditolongin dan dikasih minum pula…… jaga solidaritas sesama .. eh tp liat2 dulu jg ah.. wong td sore pas boncengan ma keluarga malah ada anak alay naik pikson.. entah mabok atau pengen dapat bogem mentah nyalip potong jalur sambil zigzag…ke tiap pengguna jalan yg laen…

  16. saya juga pernah ketemu spt itu.
    mobil boks di depan tiba2 ngerem mendadak gak tahu kenapa.
    pas di belakangnya ada ibu2 naik bebek yang bawa blanjaan banyak bgt gak safety.
    gak ngatasi ngerem tiba2 bruuukkkkk…..

    rider vixion di depan ane langsung brenti terus turun ninggalin motornya gitu aja di tengah jalan nolongin si ibu tadi.
    ane persis di belakang bro rider vixion tadi. ane juga brenti ‘pasang motor’ supaya si ibu bisa segera tertolong dari tindihan motor bebeknya & spy pengendara lain di belakang tidak mengganggu proses evakuasi.

    gak lama berselang datang polisi naik bebek. langsung ane tinggal ngacir hehe…..

    • ane juga gitu masbro pas di depanane ada bapak2 gak pake helm berhenti ndadak karena you knowlah wek2 ane pake sistem “ABS” jadi otomatis langsung ndlosor ke kiri ketiban motor pas di tengah jalan dengan suksesnya headlamp ma sayap kwek2 parah, ane juga pada waktu tu lum pake safety gear memadai akhirnya sukses dengan sayatan di bagian perut teriris aspal yang tajem, gigi dan gusi berdarah, alhamdulillah diseret dan diamanin ma pak becak :mrgreen:

  17. klo ada yang jatuh ane perhatiin dulu,, trus liat-liat respon sekitar habis itu raba-raba saku (ambil hape) update status, foto-foto (pake DP) kemudian share di bbm /jejaring sosial (serasa jadi wartawan), baru menghapiri TKP dan korban (serasa jadi pahlawan) trus mnerobos kerumunan (maklum waktu sekian menit buat foto-foto + update status masyarakat udah terkumpul), pass lihat ane terkejut + heran, ternyata korbanya yang bersimbah darah, posisi terbaring mata sayu-sayu helm masih nempel ehhh..kedua tangannya asyik pegang hape sambil on line update status, malah sempet foto-foto (maklum yang jatuh anak alay bin labil.. hadeeeeewwwhh… bukannya tlpn ortu ini malah eksis di dumai.. gak jadi deh nolongnya ntar diminta tolong bliin pulsa lagi..

  18. tergantung pak RT….
    kalau ngebut gak jelas….RASAIN LO…walaupun dalam hati kasihan..hehehe
    kalau orng yg udah tua atau emak2…cepat2 turun dari motor langsung nolongin…hehehe

  19. hati-hati jgn sembarangan menolong orng yg terjatuh apalagi kalau malam-malam dan keadaan jalan sunyi…sudah sering terjadi aksi perampokan motor dan barang berharga yg kita bawa dengan modus seperti itu…pura-pura minta tolong karena mengalami keclakaan, biasanya mereka menggunakan cewek cantik atau berdandan mirip orng yg sudah tua…namun dibalik semak-semak ada banyak komplotanya cowok semua….ane lihat banyak komentar agan2 kalo lihat cewek atau orng tua langsung pertamak ditolong…..zaman skrng beda dibanding zaman dulu…dizaman ane dulu rasa tolong menolong kuat dan gak ada modus kejahatan, bahkan zaman dulu kalo naik motor dijalan ada yg nompang atau ngelihat orng sedang jalan kaki pasti ditompangin dan aman..kalau skrng banyak yg pura-pura minta tolong, ternyata mreka tukang rampok…wasapada agan-agan susah skrng kalao kita harus berbagi belas kasihan bisa dimamfaatin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*