Kenapa Motor Jepang Terkencang di MotoGP…???

Dalam sejarah teknik Jepang merupakan muridnya Amerika dan negara eropa… pada periode Meiji (1868-1912), Jepang mulai menganut ekonomi pasar bebas dan mengadopsi kapitalisme model Inggris dan Amerika Serikat. Sistem pendidikan Barat diterapkan di Jepang, dan ribuan orang Jepang dikirim ke Amerika Serikat dan Eropa untuk belajar. Lebih dari 3.000 orang Eropa dan Amerika didatangkan sebagai tenaga pengajar di Jepang. Pada awal periode Meiji, pemerintah membangun jalan kereta api, jalan raya, dan memulai reformasi kepemilikan tanah. Pemerintah membangun pabrik dan galangan kapal untuk dijual kepada swasta dengan harga murah. Sebagian dari perusahaan yang didirikan pada periode Meiji berkembang menjadi zaibatsu,Pertumbuhan ekonomi riil dari tahun 1960-an hingga 1980-an sering disebut “keajaiban ekonomi Jepang”(wiki)

Melihat bahwa Jepang dulunya adalah ‘murid’ dimana sekarang lebih maju dibanding “gurunya” adalah sebuah keajaiban juga…sekarang kita kembali ke Roda dua, mau-tidak mau harus kita akui teknologi motor Jepang di MotoGP juga merupakan ter-unggul dibanding amerika dan eropa… kalau negara lain berdalih tidak mau karena dana dialokasikan buat yang lain..namun kenyataannya tidak semudah itu membangun motor prototype yang kencang……..bukan berarti mendewakan Jepang…namun kita patut belajar seperti Jepang… menjadi negara kuat karena kemauan dan mau belajar…

Bonus:


Manami-MaachanOku AKB 48

Comments Via Facebook

comments

57 Comments

  1. Sekarangpun jepang mengalami stagnan ….
    Mulai terkikis dengan produk2 tetangga (china, korea).
    Korea terutama, yg dah mulai menghabisi Jepang di Teknologi layar LED, smartphone, dan mulai mencoba bermain mobil….

    Sesuatu yg harus bisa kita ambil ilmunya …

  2. walaupun motor jepang tetapi mekaniknya dimotor GP tetap aja orng BULE pak RT…ane juga heran kenapa kok mekanik super hbat ko lebih condong ke pabrikan jepang.

  3. Kalo murid lebih maju dari gurunya, khan berarti gurunya hebat.
    Contohnya di Indonesia, semua presiden dan menteri khan ex murid SD.
    Berarti guru2 SD hebat, bisa membuat calon menteri dan presiden.

  4. sama kaya indonesia vs malaysia ya pak RT.. dulu jaman ABG (angkatan babe gue) guru dikirim ke malaysia buat ngajar disana.. lha sekarang…???.

    #eh malah OOT

  5. sama kaya indonesia vs malaysia ya pak RT.. dulu jaman ABG (angkatan babe gue) guru dikirim ke malaysia buat ngajar disana.. lha sekarang…???.

    #eh malah OOT …

  6. Motornya bikinan Jepun, tapi rider sama mekaniknya orang eropa. Sekalinya ada rider dg progress bagus, ga lama “awarahum” (Abe, Kato, Tomizawa).
    Moto GP seri tahun 2020 pake mesin bebek 110 cc, Negaraku tercinta pasti bisa bersaing πŸ™‚

  7. yo japan yg buat bisa kenceng, tp yg paling kenceng beli kan orang Indonesia tow, tanpa orang RI beli produknya apa mreka mampu mbayari engineer2 top kelas wahid…. gak to…

  8. Mau belajar = terbuka dalam artian tidak pandang perbedaan. Indonesia negara yg cenderung tertutup dengan norma yg berbeda dari biasanya, dalam artian bukan berarti harus los, tapi menjadi tidak terlalu rigid, itu sudah cukup baik.

  9. kenapa harus Jepang yg mendominasi motoGp..
    berawal dr murid barat menjadi panutan barat.. salut, coba dlu china era dinasti Qing mau belajar dr barat..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*