Menunggu Honda Ubah Karakter Brake Systemnya…

Soal Jualan jangan ditanya.. hegemoni segala sektor dan kelas bukan hal yang mustahil untuk digapai… saat inipun angka jualannya sangat fantastis.. produknya meluber dijalanan… namun dari semua produknya hanya satu yang membuat RT jadi sedikit bertanya… kapankah piranti ini akan dapat “sentuhan” apakah karakternya memang begono..??

RT selain punya motor merk Honda Juga ada Yamaha pula..di sektor penghenti laju tampaknya kedua pabrikan ini beda sekali.. entah untuk kepentingan safety..atau memang apa.. RT nggak paham…

Terlalu pakem apakah bahaya…? iya juga….
Tapi gak pakem juga lebih bahaya too..???

Untuk panic/hard braking memang honda aman..dibanding Yamaha… cuman untuk riding kota-kota yang sesak..kadang gak nututtt.. alias.. kalau gak kuat tekan/injak rem bakal gubrak… terutama untuk varian sport… masukan buat Honda..buat rem yang maknyossss… ABS ๐Ÿ™‚ ย  ย  ย  ย ย  bukan… Asal Bisa Slamet loh yah ……….

Comments Via Facebook

comments

130 Comments

    • wah itu masalh bro remnya(kanvas remnya masih stndar kan?,kondisi cakramnya masih layak kan,?),memang honda ga terlalu set bgt remnya tapi cs1 saya ok2 aja tuh asal stop bisa ngesot yg blk juga bisa stoopie juga bisa,standar semua,intinya ati2 walo rem normal klo pas moles motor /nglumasi motor g ati2 kena piringan ya bakal ga pakem,(cari ahass/bengkel ok,gampang bikin rem honda pakem)

  1. Rem yang bener gitu. Kitanya aja disuruh jaga jarak gak mau dan malah sok-sok an. Sama dg disuruh menjaga jarak antara lelaki dan perempuan yg bukan muhrim, tetep aja nekat deket. Nanti kalo ada sesuatu saling tuding.

    Jelas sudah yg benar ya jaga jarak. Bukan rem dibuat terlalu pakem. Itu terlalu mainstream karena manusia, biasanya selalu meminta lbh dan cenderung menyalahkan pihak lain.

    • bahkan di buku manual pun sangat di anjurkan untuk menggunakan engine brake untuk membantu dalam pengereman…saya rasa para insinyur lebih mengerti perhitungan safety dari pada konsumen biasa…soal safety apakah ketidak pakeman ( menurut kemauan artikel) membuat angka kecelakaan meningkat ??? saya rasa tidak…yg membuat angka kecelakaan semakin meningkat adalah attitue pengendara sendiri..mungkin salah satunya adalah over pede thp kemampuan braking motornya maupun skil sang pengendara yg doyan nempel kendaraan di depan….
      * kencang boleh…asal jgn ugal”an

      • kalo sudah tau kalo kebanyakan karakter user disini seperti itu, knp gak dibuat lebih pakem..?? kan membantu keselamatan user juga. gmn dengan matic yang engine brake nya ‘segitu’ aja

      • dgn kata lain mendukung attitude pengendara yg sangat tidak di sarankan/berbahaya jika di praktekan di jalan raya??? bukan edukasi safety riding mas???

      • punya metode gmn caranya memberikan edukasi safety riding jika dilihat dari kenyataan di lapangan..?? bukan mendukung cara mengendarai yang berbahaya tapi membantu user dalam menghadapi kemungkinan yang terjadi di jalan. tidak semua yang bisa diteorikan bisa diterapkan di lapangan. yang dijadikan orientasi utama dalam hal ini adalah user/pemakai nya. hati-hati dan edukasi saja masih belum cukup tanpa memberikan ‘pengaman’ yang lebih baik pada kendaraannya

        contoh, mobil aja banyak yang menerapkan ‘air bag’ pada kemudinya. kenapa gak diedukasikan saja kepada user/pemakai mobil tersebut untuk ‘safety riding’..?? jadi produsen gak perlu repot menambah ‘air bag’. apakah dengan hanya adukasi saja masalah akan selesai..?? tentu saja tidak

  2. tekniknya pulse mbah, mirip ma tekno dari sistem ABS sendiri, jadi ga ngunci

    cuman ni manual, ga sekali tekan kayak ABS langsung ber-pulse untuk menghentikan laju

    **fitur ini juga terdapat di suprit ane lo yang notabene motor murah lincah dan irit :mrgreen:

    **pembenaranq tapi.. ๐Ÿ˜†

  3. cakram depan wajib pakem, cakram belakang harus ga pakem, itu kunci anti lock breaking sistem manual (ABSM) masalahnya honda terlalu pakem belakang, ga pakem depan, jadi kalo panic breaking geal geol wkwk

  4. kalau soal rem honda keluaran yang baru udah mantap aku udah rasakan…. tapi kalu mau ngesot ama ngunci brake pakai aja ban cacing ama pelek geal geol dijamin…….

  5. kadang emang terasa kurang nyoss, tapi buat ngakalin biasanya megang setang di bagian paling luar..dengan tekanan yang sama, rem terasa sedikit lebih pakem dibanding saat ditekan di setang bagian agak dalem..apa perasaan aja ya? :mrgreen:

  6. Ada data gak pak RT, motor yang gak pakem remnya itu lebih banyak kecelakaan dibanding rem yang pakem. Karena menurut saya data itu penting, supaya tidak terjadi judge yang asal. Apalagi terlihat banyak fansboy yang nantinya akan komen membawa misi tertentu.

    Coz setahu saya dilapangan faktanya berbeda. Thks pak erte

    • Boleh tuh asal bisa di pisahkan antara kecelakaan gara-gara rem dan kecelakaan karna faktor lain, entar kecelakaan ban meletus, keserempret truk, tabrak dari belakang, ngantuk, dlsb ikut keitung nyampur sama kecelakaan gara-gara rem ya sama aja nggak valid….

  7. masalah utama rem disk brake honda ada di braking pad aka kampas rem.
    Umumnya kampas rem cakram honda kualitasnya ecek2, masak dg duit 30rb-an udah dapat.
    Beda dg yamaha, musti rogoh kocek 2-3 kali lipat dr kampas genui honda. Tapi kepakemannya jos.
    Misalkan honda bikin part genui yg kualitasnya yahud, apa nanti tidak dibilang overprice spt produk yamaha?
    Ini list part yamaha yg notabene lebih bagus dr part honda menurut pengalaman pribadi:
    1. Kampas rem
    2. Bodi dan cat
    3. Sokbreker belakang stereo lebih awet yamaha.
    4. Sasis lebih bagus yamaha
    dan mungkin masih ada part lain, silahkan ditambah.
    Tapi misalkan udah cinta mati honda, bisa modif dikit, spt kampas rem cakram bisa comot punya kawak kaze yg warna gold, harganya hampir sama punya yamaha.

    • Bener bro, sbelum pake honda ana pake yamaha, dah 3 tahun lebih baru disaranin ama beres buat ganti kampas cakram depan, itupun msh pakem bgt maknye ane ga ngerasa dah mo abis, lah giliran ane pake honda blom ada setahun ama beres dah suruh ganti kampas depan (emang harga ga boong)

    • tambahan lagi bro kualitas rante dan tangki motor Honda masih di bawah Yamaha bro…

      tambahan lagi bro, mungkin bukan hanya di faktor kampas remnya saja sepertinya…karna saya dulu juga perna beli kampas rem depan KW2 made in China di pinggir jalan RP 30.000 udah ama ongkos pasang buat motor Vixion saya, masih pakem ajah tuh rem depannya bro!…ane dulu pernah iseng nanya ke montir bengkel motor, katanya rem cakram motor honda gak pakem itu karna faktor kualitas selang remnya, yng membuat tekanan olinya kurang kuat makannya suka ngelos!

      • kalo selang remnya sptnya tidak, selang rem yg tidak bagus, gejalanya biasanya terasa ndut ndutan kalo buat ngerem keras.
        Selang rem fungsinya juga cuma sebagai penyalur minyak rem.

      • kalo liat selang Rem cakram depan CS1 emang kecil sih. Yang jadi masalah pas ane ganti kampas rem, ane beli ori, coba buat jalan kampasnya nempel di cakram sehingga cakram jadi panas, udah gitu bunyi ngik ngik ngik ngik sepanjang perjalanan, akhirnya mau nggak mau ketebalan kampas mesti di kurangi ๐Ÿ˜•

      • @basri, kalo ada gesekan dg cakram, mungkin disknya termakan tak rata. Ato bisa juga laher rodanya aus, shg pelek tidak center. Krn disk nempel dipelek, makanya ikut tak center, shg timbul gesekan dg kampas

      • tergantung usernya.
        * Kalo dana tak ada, kampas rem bisa dibikin alur (got) pake gergaji besi. Tapi cuma ngefek dikit.
        * kalo dana pas pasan, bs ganti kampas rem, bisa substitusi ama punya kawak kaze buatan jepun.
        * kalo dana lebih, bisa pasang kaliper, master, selang aftermarket yg udah terbukti jos.

      • yamaho emang paling pinter kalo urusan tipu menipu n silat lidah! Maka nya part2 motornya bagus semua, dan motor bagus=nyungsep di ms… ๐Ÿ˜†

      • @rio. Kalo mau obyektif, kepakeman rem yamaha tidak tipu menipu, sudah banyak yg membuktikan. Ketidakpakeman rem honda juga bukan tipu menipu.
        Masak bilang apa adanya dikategorikan black campaign?
        Misalkan teman anda pinjam motor anda, dan anda bilang remnya pakem banget, trus teman anda percaya begitu saja, langsung betot gas pol, dan late brake, trus kaget, ternyata tidak sepakem yg dia kira, dan berakhir di pagar pembatas jalan, yang rugi siapa? Anda sendiri kan? Anda kehilangan teman, motor juga rusak.

      • tp jgn diasumsikan bhw ketidak pakeman menurut sbgian orang adalah seuatu kekurangan…

        Justru yg terlalu pakem itu yg berbahaya apalagi kalo tdk di dukung kwalitas ban yg mumpuni..

        Dan itu kembali lagi ke soal selera. ๐Ÿ˜†

      • @rio, memang tidak semua orang suka rem pakem, entah alasannya apa, yg jelas dia suka.
        Tapi alangkah baiknya jika pabrik membuat rem yg pakem, soal nanti mau dibikin gak pakem, itu urusan user, yang jelas pabrik menjual produk yg tingkat keamanannya tinggi.
        Bicara soal selera tidak pakem, dulu aku sendiri pernah alami, waktu jamannya pake RGR 150, kalo ikut balapan, semua rem malah dilepas, makanya dulu kalo buat harian yg ada cuma rem belakang, sdg rem depan selangnya kulepas. kalo diliat sangat tidak safety dan sangat membahayakan diri & orang lain, tapi itu tuntutan jaman waktu itu, meskipun begitu, aku bersyukur belum pernah sekalipun cium aspal.

      • @rio, asumsi orang kan beda beda, kita tidak bisa memaksa agar sama dg asumsi kita.
        memang tidak semua orang suka rem pakem, entah alasannya apa, yg jelas dia suka.
        Tapi alangkah baiknya jika pabrik membuat rem yg pakem, soal nanti mau dibikin gak pakem, itu urusan user, yang jelas pabrik menjual produk yg tingkat keamanannya tinggi.
        Bicara soal selera tidak pakem, dulu aku sendiri pernah alami, waktu jamannya pake RGR 150, kalo ikut balapan, semua rem malah dilepas, makanya dulu kalo buat harian yg ada cuma rem belakang, sdg rem depan selangnya kulepas. kalo diliat sangat tidak safety dan sangat membahayakan diri & orang lain, tapi itu tuntutan jaman waktu itu, meskipun begitu, aku bersyukur belum pernah sekalipun cium aspal.

    • wah mas ini awal” saya sangat respect dgn komentar” anda bisa menjaga tapi makin kemari makin ketauan deh…termasuk golongan hater….attitude yumie fans itu tidak bisa di hilangkan selalu attack n agresive ???

      • bukan masalah benci suatu merk, tapi kenyataan memang begitu, dulu aku pengguna honda GL, baik GL 100, juga GLpro, bebek pake impresa (2 ekor), kharisma.
        Dari generasi yang kupake sebelum karisma, semua oke saja, malah sampai detik ini masih piara impresa 96, bodi dan catnya msh bagus, mesin standart ting ting masih oke diajak jalan 100km/jam.
        Sdg karismanya kujual karna ada hal yg tak ku suka, bodi getar, cat cepet kusam.
        Motor sportnya juga kujual seiring penggunaan tanpa ada keluhan berarti, kecuali rem memang kurasa kurang pakem.
        Tapi selain merk honda, digarasi pernah berdiam yamaha alfa, fiz, vega (98), dan vixion. Suzuki rc 100, ternoda gs, RGR 150, dan shogun 110(2001). Kawasaki ninja 150 cuma mampir 3 minggu.
        Permasalahannya, mulai generasi honda legenda sampai sekarang, produk honda kualitasnya kurasa menurun, tidak spt dulu lagi.
        So buat apa aku menutupi kekurangan produk suatu merk, toh tak ada timbal balik dari pabrikan, dan buat apa aku memuja produk suatu pabrikan, toh timbal baliknxa juga tak ada.
        Disini aku cuma sharing berdasar pengalamanku ajah.

      • tuh kan…terlalu lebay anda menanggapi…” memuja” ??? saya fans honda tp ga segitunya kale…di keluarga saya ada supra r,x,fi ,karisma,mp 05,vario …smua diatas tahun yg anda sebut adalah penurunan kualitas…
        1.kanvas rem : dgn kekurang pakeman rem khas Honda belum pernah terjadi kecelakaan tp karna panic braking ( rem depan) 2x nyungsep. tidak smua pengendara mampu melakukan panic braking yg baik.
        2. body n cat : untuk masalah gw setuju tp klo cat…ga juga tuh …tu motor” diatas masih kinclong ;p ….tergantung user motor dijemur setaon ya gosong .
        3.shock : ntu smua motor di atas masih pake shock bawaan. untuk yg MP doyan tarik tiga …
        4. sasis : kualitas masih oke….klo masalah stabil di tikungan tidak bisa di nilai dari faktor sasis saja..ada faktor soft ataw hard nya shock…
        * jika anda faham tahun motor diatas maka anda akan faham bahwa atitute keluarga saya beli motor di pakai ampe busuk…jadi tidak ada kata “MEMUJA” benda jgn di samakan dgn Tuhan ..

      • lho, aku kan gak menjudge anda memuja produk layaknya Tuhan, koq malah anda yg sewot. Coba cermati dulu kata katanya.
        kalo udah coba berbagai jenis dan merk, pasti anda akan berkata lain.
        Kalo belum mencoba yg lain, bagaimana kita bisa membandingkan?

  8. masak sih, pernah coba nu blade, perasaan kepakeman rem depannya dg piringan cakram standar, mirip supra, shogun dkk yg punya ukuran cakram sama dg merk kaliper sama, buat stopie susahnya minta ampun.

  9. sebagai pengguna newblade aq jg merasa rem cakram blkg kudu dtekan agak dalam untuk mengurangi laju motor, d banding dg mio j tromol,IMHO kepakeman rem blkg hampir sama,tp soal gaya menang newblade ๐Ÿ˜€

  10. kalo motor yg minim beban dan tekanan didepan ya jgn asal mejet rem dpn, akan gmpang lock.
    motor yg minim beban dan tekanan dibelakang ya jg jgn terlalu pakem pd rem blkng nya…
    masalah pakem, rasanya smua mtr bebek / batangan sudah memenuhi, trgnatung org nya merawat dan riding knowledge…

  11. saat mengendarai GL-pro lebih terasa pakem rem belakangnya (tromol), pernah hampir jumpalitan karna ngerem mendadak, rem tromolnya besar buat bikin garis di jalan tanah gampang…. ee jadi inget rem cakramnya GL 100.
    Begitu juga rem Vario 110, walaupun di tarik tangan pun rem belakang vario bisa di bikin ngunci, untuk ini tromolnya malah terasa lebih pakem dari tromol matic yamaha yang pernah ku coba.

  12. rem yamaha juga maut tuh ,,,,,,,,,, tromol rasa cakram,,,,, apalagi MX RDB ediaan manteb,,
    klo panic brake langsung ngesot ban blakang,,

    bahaya klo dijalanan licin ketika hujan,

  13. rider honda kebanyakan bapak2 ibu2 kakek2 nenek2.. kalau rem nya terlalu pakem malah ndlosor jungkir walik .. beda sama yamaha liat aja iklane… pabrikan aja nyontohin gini lho WHEELIE.. gini lho STUPI.. gak pake d.. gini lo freestyle..MAKANYA REM KUDU PAKEM sampe ngelock kalau perlu…..

  14. saya sebagai freestyler ga bisa kalo pake rem abs, lebih cocok rem manual , tapi emang yang aku rasain rem motor yamaha lebih yahud…..

  15. Motor Honda motor yang mengutamakan kenyamanan maka dari itu karakternya kalem.
    Dari kalem inilah yang sering jadi masalah untuk pengendara dengan tipe agresif harus bener2 punya filing khas motor honda. Maka dari itu honda bandel dan susah dikendarai bagi yang baru belajar motor. lain halnya dengan Yamaha yang sangat peka dengan respon dan di toleransi dengan paduan handling, suspensi juga pengerman yang kenyataannya lebih baik dari punya Honda. ๐Ÿ™‚ https://orderdesign.wordpress.com

    • aku sependapat dg anda.
      Feeling pengereman jika terasah akan menambah safety, tapi itu berlaku seiring bertambahnya jam riding dan usia.
      Biarpun pake motor dg rem kurang pakem, tapi kalo feelingnya bagus, akan lebih safety.
      Apalagi kalo feeling bagus ditambah penunjang pengereman yg mumpuni.
      Makanya pak rt lg bujuk honda agar bikin rem yg mumpuni, soalnya kecepatan motor sekarang ini jauh beda dg motor bahuela.
      Dulu motor dikatakan bebek karna larinya gak kencang, tapi skr malah bisa melebihi motor batangan, shg perlu piranti rem yg lebih mumpuni.

  16. KALO KUALITAS BERKENDARA TETAP YAMAHA YANG TERBAIK….

    REM DEPAN CUKUP 1 JARI,
    TROMOL BISA NGESOT….
    TOMBOL 2 (SEIN, LAMPU, STATER) MUDAH DIJANGKAU
    JOK EMPUK
    PEGANGANG BELAKANG NYAMAN (BYSON)

  17. saya lebih setuju kalo dibuat pakem. soal bagaimana penggunaannya tergantung usernya. pakem sangat berguna disaat terjadi sesuatu yang mendadak. kalo gak pakem pasti lebih bahaya. memang semua tergantung usernya, tapi kondisi di lapangan tidak bisa dengan mudah diteorikan…

  18. Terlalu pakem apakah bahayaโ€ฆ? iya jugaโ€ฆ.
    Tapi gak pakem juga lebih bahaya too..??? setujuuuuu

    Terlalu pakem apakah bahayaโ€ฆ? iya jugaโ€ฆ.
    Tapi gak pakem juga lebih bahaya too..???

    • berarti semua motor honda berbahaya ya bro.. Dan semua konsumennya bakalan terancam cuma gara2 perbedaan sudut pandang karakter pengereman…

      Komen kok maksa bgt lo tong!
      ๐Ÿ˜†

      • maaf, sya tidak pernah mengatakan produk merk tertentu berbahaya bagi konsumnenya,,, saya cuma spendapat dg yg ditulis mas RT, tentng bhya rem yg terllau pakem, dan gak pakem… mhn kiranya anda jngn salah manafsirkan…terima kasih,

  19. Di tabloid otomotif yg baru.. dah ada artikel tangki Bocot NMp… Bensin jadi ngocor.. Motor anyar padahal…. Ada tips nya tuh disana… Kali aja buat masukan buat yg punya NMP

  20. gampang membuat rem motor honda lebih pakem ….. jangan beli kampas rem yg ori … beli aja yg kw …. ane beli yg harga 15rb buat emprit … pakem meski bawa beban

    *salam ojek yg biasa beli part KW

  21. Gw dulu ga sengaja ganti kampas rem depan merk ga jelas .. tapi pakemnya asih dapet nih..artinya bukan dari kampasnya yang membedakan..
    Kalo rem honda emanh dah ga enak dipake..dulu pake supra x punya temen pas hard brake tetep nyelonong + setang getar keras..

  22. Rem Honda memang tidak pakem…
    Karena sebagian besar pengguna Honda adalah orang2 yg sudah tua dan berumur… Jadi tidak ada kamus Panic Braking… โ€any question ?โ€

  23. Penyebab rem kurang pakem bisa banyak faktor, antara lain kanvas, plat gesek nya, pengungkitnya jg bisa entah yg tipe disk atau tromol
    klo rem pakem namun grip ban tinggi y ga masalah = aman
    rem pakem tp grip ban kurang y masalah = ngesot/ slip tp masih cukup bisa di antisipasi
    rem kurang pakem dgn grip ban yg jg kurang y astagfirullah = bahaya maut

    Soal rem honda kurang pakem memang bg user yg sering gonta ganti motor lain brand akan dirasa sedikit jd masalah karna harus adaptasi ulang…

    mungkin seharusnya ada aturan yg baku mengenai tingkat kepakeman rem tuk yg tromol sekian dan yg disk sekian, agar para user tidak direpotkan soal braking atitude
    yg beda2 tiap brand….. karna imho yg namanya keselamatan haruslah diatas segalanya….

  24. dari dulu pake honda ga pernah ngeluh rem ga pakem(cukupan lah),memang yamaha lebih set walo klo kondisi ga ok juga ga enak remny,saran buat pemilik motor kusunya honda ati2 pas moles motor/nglumasi rante motor jgn sampe nyiprat ke piringan karena bikin licin,sok depan bocor juga bisa olinya ke cakram depan bikin licin,klo rem depan dah keras(agak nggrenjel,ga pakemm cuma keras aja)cukup buka hande rem depan,bersihkan handel rem terutama bagian yg bersinggungan dgn master rem,terus bag master rem yg besinggn dgn handel rem jika aus amplas sampe rata/diputar biar yg bersinggunagn dgn handel yg rata aja jgn lupa dikasih gemuk secukupnya,pasng lagi hendel rem depan so rem akan empuk lagi,kuras minyak rem per 10000 km sekali/setahun.ganti kanvas dan piringan sesuai tanda batas,jgn ampe kena pelumas,.klo rem tromol honda ga pakem,bersihkan sapatu rem&daleman tromol pake amplas kasar dgn sabun deterjen pas rakit jgn sampe bagian tsbt kenak pelmas,mekanik hars ati2,juga bagian arm rr brake&tuas rem di besrihkan kasih sedikit gemuk biar gerakan nai turun kanvas rem lancar tapi pelumas jgn ampe kena ke kanvas rem.intinya rem honda yg selama ini saya pake buat panik brake aman,buat rem2man pas macet2 juga cukup ok,asal tau perawatanya,sekian,maaf bukan mbelain honda,

    • walo tiap hari sering pake jupi mx kopling n jupi z new,motor invent,tapi beda tipis aja rem honda n yamaha,ga bagai langit n bumi,walah kejahuan tuh,haha

  25. setiap produk ada kelemahan dan kelebihan masing2. bicara rem yamaha lebih baik. bicara nyaman. honda lebih baik. tp kl yg bicara BUDAK MERK. ga ada yg lebih di produk lain. dan ga ada yg kurang pada merk pujaannya. namanya juga BUDAK MERK. mana bisa berpikir rasional. ngakunya pinter tp ga bisa menerima perbedaan.

  26. Kita aja yg sering ga tau diri. bebek buat balapan. rem pakem ngesot dah tu motor. ngga pakem. mdlosor tu motor. sampainya kerumah sakit. kdg yg terlalu cepat . malah sampai ke akhirat. maunya motor murah yg sempurna. tidur aja lo! kali di alam mimpi ada.

  27. wah,,kemarin mau jatuh karena lagi hard breaking sampai roda depan ngunci,karena sudah tau cara kerja rem ABS langsung deh reflek otak bekerja untuk melakukan kerja seperti rem ABS,pas ban depan direm sampai ngunci,secara reflek tangan kanan ngelepas rem depan,trus rem lagi ngunci,,lepas lagi,sampai motor berhenti! alhmdulilah gak sampai nyium motor di depan ane.

  28. kali ini betul banget Pak RT, dibuktikan dgn pemilikan motorpemakain ,sejak punya grand..jaman SMA, sampai beberapa tipe sampe skarang pake blade & NMP semua rem pakem.. bahkan punya bladeterasa pakem RD Bnya. hanya NMP pertama datang pakem, setelah ganti gir, tukangya otomatis nglepas rem blakang..setelas beres jadinya kurang pakem, apa salah tukangnya masang, ato kena oli kampasnya belum tau…masih belum coba sih ganti kampas punya yglain..katanya bisa lbh pakem.krn masih bisa diimbangi pengereman depan blakang, ato kalo kepaksa injak belakang rada dalem., jarang juga jalandi atas 100 km/jam, kecuali benar2 jalan aman. tapi tentunya ingin sekali bila RDP kembali pakem..kali ada solusi seperti menangani kasus vacuum pump dulu, langsung dihandle AHM.

  29. Saya dulu pake Mega Pro 2001, remnya depannya nggak pakem.
    Berbagai cara sudah dicoba, sampe ganti piringan baru, pake kampas BRT, tetap nggak pakem.
    Jadinya nggak pernah berani jalan kenceng2 kecuali sepi banget.
    Nah setelah pake Mega Pro 2006, remnya depannya sudah jauh lebih pakem.
    Kalo rem belakangnya yg tromol, dua2nya pakem.
    Tetapi kalo dibanding Scorpio saya, yg 2006 masih kalah pakem.

    Di luar rem, yg saya heran yg 2006 tangkinya bocor, sementara yg 2001 nggak bocor.
    Trus dua2 Mega Pro itu koplingnya berat, Scorpio jauh lebih enteng. Padahal Scorpio ccnya lebih besar. Trus dua2nya getar, kalo di atas 80 km/h kaca spion nggak fungsi krn pandangan ke belakang kabur.

    Balik ke rem, dua2 Mega Pro kalo kena air tromolnya ngelos, kalo udah kering malah bunyi “ciiit” tapi nggak pakem. Mesti dibersihkan dulu baru pakem lagi.
    Krn itu yg Scorpio tromolnya langsung saya ganti cakram.

  30. Bisa doong, kalo pabrikannya ganti nama YAMAka….maka di situ terjadi revolusi kemajuan soal rem.

  31. pengalaman ane thn 2005
    gara2 isu 2 tak dilarang, ane jual RX king 1996 ane n ganti dg honda supra, baru satu minggu, gara-gara rem gak pakem jadi nubruk kijang, pdhal perhitungan gue sblumnya make king ngerem jarak sgitu msh tejangkau,
    kejadian kedua wktu boncengan ama istri, gara2 rem supra gak sepakem King, nubruk motor ddpn, hasilnya istri ane patah tulang tanga kanan, skrg ane milih pulsar aja, supra dijualn istri make mio

  32. gw dulu pernah pakek kampas AHM juga gag pakem
    tp setelah ganti yang laen kayak aspira, indoparts, choho kok jadi pakem????
    yg penting safety riding aja lah, motor irit 50km/l walau jarang ngebut tp jg pertlu di tap minyak rem nya biar tetep ‘pakem’

  33. bener bro 100cc, kalo bawaan AHM, material padnya agak keras jd agak awet tapi agak licin. kemarin pas kebengkel langganan, saya juga mengeluh rem belakang supra 125 gak pakem, dan dia nyarankan gausah pake yang ori, yang kw2 dua saja, memang agak lembek atau lebih cepat habis dari yang ori, tapi lebih pakem. CMIIW

  34. ada yang bisa beri saran ?
    motor saya scorpio 2009..
    semenjak ganti kampas rem depan bawaan pabrik, dengan kampas ori scorpio,
    kok rem depan saya gak begitu pakem ya ?
    padahal dah selalu pakai part ori nya..
    indikasinya waktu saya pakai jalan santai 100km/jam di gir 3, langsung tekan rem depan dengan 2 jari, saya tetep menghajar sedan yang berada 10meter di depan saya . .
    (terkesan titik kunciannya berubah lebih dalam, padahal baut penyetel tuas rem sudah saya setting paling jauh, untuk mendapatkan titik kuncian rem terdekat)

    padahal dulu waktu masih baru, cukup 1 jari menekan tuas rem di kecepatan 80km/jam dah berasa ngunci

    ini masalah sil kaliper nya,
    piston kaliper nya,
    atau piringan cakram nya ya ?
    soalnya kalau kampas rem nya saya selalu pakai ori scorpio.

    mohon pencerahannya..
    terima kasih dan salam ngebut ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*