[Unofficially] Penjelasan Mekanik Honda..Ngorok Vario 125 Bisa ilang…….???

Konsumen mengeluh dan ‘tidak rela’ dengan ngoroknya vario 125 ini termasuk RT…… saat awal diluncurkan banyak yang tersepona dengan desain skutik ini… mesin baru, cc paling besar dan relatif terjangkau harganya bahkan sempat meng KO vario 110 🙂 tapi apakah RT menyesal telah membeli vario 125 …?

Jawabnya singkat saja… TIDAK…. wis gak pakai panjang x lebar =Luas … :mrgreen:

Kemarin setelah ngobrol sama mekanik Honda dan mendapat penjelasan bahwa ngorok  bisa dihilangkan..tapi ada konsekuensinya, mesin bisa kepanasan karena bunyi itu berasal dari kisi-kisi kipas pendingin dan desain filter yang posisinya diluar… kalau fan diganti punya vario 110 memang suara berkurang..apalagi box filter diganti kecil(tapi harus ubah setingan lain karena berhubungan dengan sistim injeksi)…dan menurut dia sudah dilakukan uji coba..suara ngorok ilang… cuman resiko ditanggung konsumen 🙂 karena desain fan plus filter tersebut sudah satu paket engine…kalau modif sendiri sudah diluar desain pabrikan..garansi ilang…

Desain fan dengan kisi-kisi baru ini yang disinyalir menimbulkan suara saat berakselerasi plus desain box filter yang panjang dan cukup untuk membuat dengkuran itu muncul… hembusan fan yang kuat ini untuk mengurangi panas mesin akibat naiknya kubikasi dan itu merupakan desain pabrikan, gak bisa dirubah lagi…kalau berubah akan mengurangi fungsi pendinginan mesin… atau ada yang mau coba ganti dengan kipas vario lama..? katanya sih dudukan sama cuma beda model kisinya….. ada yang mau coba…?  🙂

Bagaimana menurut RT bisa hilang apa tidak…?? sebelum mencobanya sendiri sayah tidak bisa bilang bisa…dan ini juga salah satu alternatif yang silakan kalau mau dicoba… tapi resiko ditanggung sendiri… dan menurut RT suara itu biarin saja lah… yang penting masih bisa cesssssss….performa gak terganggu …kalau mau ilang yah cara mudah ganti knalpot racing(free flow) sajah.. 😆

*Kemarin ada tetangga yang karena kelamaan indent dan jengkel mau ganti Vario RT dengan harga dealer(harga baru),dan ada temen blogger juga yang mau dan siap terima second(rondonya) wantufaif… tapi emannn… nggak RT cerai dah… :mrgreen:

Comments Via Facebook

comments

Aegerter Harus Siapkan 4,9M Jika Ingin Tetap Membalap

Aegerter Harus Siapkan 4,9M Jika Ingin Tetap Membalap di Moto2 2018

Dominique Aegerter adalah rider Moto2 asal Swiss yang bernaung dibawah Kiefer Racing. Dan kini tim itu diinformasikan mengalami kesulitan setelah kematian mendadak manajer timnya Stefan Kiefer. Dengan tidak adanya bos mereka tim asal Jerman itu kini [ Baca Lagi...]

99 Comments

  1. Mosok ya terganggu? apa bunyi ngoroknya lebih besar dari suara knalpot. Kasus seperti ini bukan satu-satunya lho, bahkan generasi jupiter MX juga terkenal dengan “ngoroknya” ^_^.

  2. Ngorok adalah teman tidur … Itu kalau manusia
    Yen motor ngorok pas turu malah medeni bocah
    Koyo lagu wong mati ora ngorok yen ngorok medeni bocah

  3. Pak RT nyat elok tenan
    Artikele bedo dewe liyane podo plek, mosok podo tirunan ha ha
    Benten piyambak mangke nderek her lhe pak

  4. saya pernah baca artikelnya IWB, yang di situ menceritakan proses penghilangan dengkur dg belah mesin, ganti bearing apalah (saya kurang faham), dsb..tapi itu untuk unit yg jarak tempuhnya belum 500 km.. dst.. itu gimana menurut sampeyan, Pak..?

    • Yah
      Klo sampe belah mesin, resiko tanggung sendiri. Garansi pasti ilang.

      Mending ganti fan vario lama. Lebih mudah dan murah.atau filter pakai k&n.

      Tp cari jln yg nggak macet terus perhatikan lampu suhu mesin.
      Klo dapet macet dan indikator nyala, siap-siap aja matikan mesin.
      Idling sistem manual.
      Hahaha

    • Malah ada isu yg diperbaiki orang itu rusak semua. Masuk akal sih, kalau setingan orang itu yg bener, harusnya puluhan ribu vario 125 lainnya sudah jebol mesinnya kalau memang kruk asnya kurang center.

      • @ mas joko : cuma isu. kenyataannya sebaliknya. tidak ada unit yg rusak. bahkan beliau (pak h.i) malah diperintahkan melanjutkan praktek tersebut. Anda bisa baca screen shoot email dari beliau di forum pojok h*nda

  5. mbah rt ku synk… maslah ngorok itu bg penunggang matik suzuki itu bukan masalah yg besar..,
    liat aja box filter udara milik vario 125 modelnya plek sma skywave dan hayate (sma2 diluar) yg dr dulu udah ngorok tp yo ndk trlalu di besar2.kan..,
    toh tdk ada efek smpinge..
    Gt aja koq repot amad…
    Amad aja g’ repot pepot…

    • karena suzuki bukan ancaman yamaha saat ini… mo ada problem mayorpun gak akan diblowup… beda kalau honda mo ngeluarin produk aja sudah diBC dari sketch aja dah dibc.. tp anehnya makin diBC makin laris

  6. Kemarin lewat dealer honda
    Ada 2 unit wan tu vaif warna putih dipajang

    Hari ini mau lewat dealer itu lg ah.
    Masih ada nggak ya?

  7. Kalau sudah setahun pak rt pakai motor wantufaivnya n’ tdk ada masalah lagi,baru sy juga beli, maklum suka sm motor ini tp masih ragu krn msh byk yg komplain.

  8. ditunggu resep honda ngilangin ngoroknya, sekarang masih sibuk ngilangin chatter di motogp tapi gak masalah masih bisa menang kok.

  9. kemarin ane waktu di simprug ngikutin vario 125, ga ngorok sama sekali, suarany halus banget.., tapi ane liat knalpot ny di ganti mirip2 ama punya e zupi z.

  10. rondo kempling :mrgreen:
    lah, dari beberapa forum, ada yang bilang suara ngorok juga berasal dari engine (kruk-as) dkk…
    yang bener asalnya darimana yak?? mungkin AHM perlu bikin press release?? hayah…. 😆

  11. nikmati aja suara ngoroknya pak RT…
    seperti saya penunggang skywave yang menikmati suara ngoroknya kalo lagi akselerasi.

  12. ” Kemarin setelah ngobrol sama mekanik Honda
    dan mendapat penjelasan bahwa ngorok bisa
    dihilangkan..tapi ada konsekuensinya, mesin bisa
    kepanasan”

    Pernah baca di Indomotoblog, wan tu faif katanya pernah Overheat, pdhl msh pake fan standar bawaan pabrik….

    Bejimane ntuh kalo ganti fan vartec lama??? Ngorok ilang panas & demam datang????

  13. dah ketebak, spt manusia ngorok kalu lgi tidur, yach proses sama spt itulah, (ngak ngerti proses ngorok pada manusia) tapi, intinya proses pengeluaran udara yg menyebabkan ngorok.

    jadi bukan cacat mesin,

    kalu manusia ngorok, apakah berarti manusia itu cacat dan mengurangi kemanmpuannya???????
    jawabnnya pasti tdk, sama dgn nich motor

  14. Lho pak rt dulu sya pernh baca di blog mna lupa yg d posting sma mkanik ahas, ktanya asal suara dr dalam mesin kok saiki maleh ng kipas?

  15. Om RT kasusnya sama dan penanggulangannya pasti sama .. motornya sudah di reset ulang .. setelan altitude diset ulang no 1 artinya motor digunakan untuk ketinggian 0-1000m.. trus rpmnya dinaikkan menjadi 1700 tidak ada yang diganti atau dibongkar, mesin tambah alus walau jadi agak berat dikit tarikannya.. tapi jauh lebih baik. Terlepas dari urusan mesin atau CVT berisik, bagaimanapun juga Vario 125 tetap motor matik yang paling “jejeg” dan uenak “tumpakannya” dibanding motor matik lainnya yang posisi joknya “ndeprok”. bikin “boyok pegel-pegel”

  16. Saya udah 3 bulan pake vario 125i, masalah ngorok…? Yah kadang kedengeran kenceng kadang gak kedengeran… Kalau jalanan sepi baru kedengeran agak kencang, tapi kalau lewat gang yang kanan dan kirinya ada tembok…….baru kedengeran ngorok bergema…. Wuuuuiiiiiihhhh sexy banget…. He..he..he…

  17. kalau itu sudah dicoba, seharusnya AHM harus membenahi daripada konsumen ngerja sendiri jadinya kan garansi hilang. terus terang saya pemilik HV125 di makassar sangat merasa tidak nyaman.

    • Menurut saya pribadi ada cara aman untuk mengurangi kira2 75% suara ‘ngorok’ itu dan mungkin sudah dalam taraf wajar…ada di artikel tematis selanjutnya… 🙂

  18. om RT masalahnya ini tidak terjadi pada semua HV125 dan kalau ada solusinya yang aman di artikel mana? makasih

  19. Saya sering ketemu n buntutin vario 125 banyak juga yg ga ngorok, meskipun akselerasi. Tapi punya saya ngoroknya keras meski sudah diurut… Knapa ya?

  20. makanya kemaren pas ada mekanik/kamek ahass plaju motor bilang dari laher kruk as masalhnya ngorok itu,wah2 katanya as kruk di dorong ke arah kipas dari drive pully n itu hanya bisa dilakukan di vartech dgn km di bawah 100/500,klo km itu ketaas ga bisa karena tempat dudukan laher di krukas kanan dah oblak n harus claim c2,cukup bikin heboh n saya ga percaya,saat itu karena klo masalh dari laher kruk as/dudukanya suaranya ga begitu,pernah kejadian di beat kakak n claim c2,so vartech saya lgsg saya coba di copot filter n kipas suara ngorok berkurang,so kesimpulan saya saat itu adalh ya dari hembusan angin suara ngorok itu,ngomong2 gimana nasib mekanik/kamek ahass plaju motor tsbt ya?

  21. Saya pemilik vario techno 125, sejak bulan juni 2012.
    Pertama kali naik motor ini, sangat nyaman, akslerasi sangat bagus (cepat).tidak ada ngorok dan Getar,ataupun overheat.Saya juga pake bensin RON 92(sering) atau RON 95 (jarang).tidak pernah pake premium (RON 88).
    Setelah jalan 300 km,mulai terasa ada getaran yang teratur (mengayun istilah saya,karena kalo getaran mesin normal adalah konstan).dan memang ada suara ngorok saat berakslerasi.
    Ngorok si tidak masalah, karena banyak juga motor matic ngorok saat berakslerasi,
    Oh iya, kalo motornya di Gas secara berurut, wantufaif memang tidak ngorok.tapi getaran masih terasa sampe setang dan jok.
    Komplain ke AHASS,katanya cuma getaran roda,walhasil, mekaniknya cuma setel klep (itupun terlalu rapat setelah di cek lagi,sehingga akslerasinya jauh berkurang dari sebelum servis pertama).standar valve clearance vartek 125,in 0,1mm,out 0,24 (mohon dikoreksi)
    Kalo getaran, setelah saya cek, memang berasal dari as kopling yang ada clearance dengan bearing yang menempel di crankcase,cover v belt
    Terlihat setelah dibongkar, dan di ukur dengan caliper.ada selisih antara as kopling dengan bearing yang menempel di cover v belt.
    Sayang disini tidak bisa upload picture.padahal uda saya foto,ada baret di as kopling.baret juga terlihat di bearingnya.
    Sekarang as kopling nya saya lem pake epoxy tipis2 dengan bearingnya (supaya buka cover v belt lagi nantinya ga susah), valve di setel standar (0,11/0,24)
    Hasilnya,akslerasi terasa seperti baru beli,dan getaran hilang.kalo ngorok mah no problem buat saya,kan ga pernah akslerasi maksimal.
    Tambahan lagi, saya pernah baca kalo vartek 125 terdengar suara berisik kalo idle,itu berasal dari getaran v belt,jadi saat idle, vbelt vario memang muternya ga mau diem,jadi yterdengar suara kletek2.no problem buat saya.
    Intinya,vartek 125 bukan produk gagal,malah bagus sekali di kelasnya.
    Banyak kekecewaan konsumen yang ditanggapi Honda,tapi kadang2 jawaban dari honda memang kurang memuaskan.
    Saya engineer juga, tapi kalo ketemu masalah,pasti saya bilang belum ketemu.dan akan saya cari tau.tidak menduga2,karena mesin itu pasti, seperti matematika.
    Mohon maaf,ini adalah pengalaman pribadi,tidak bermaksud apa2, hanya ingin membantu, sesuai kemampuan dan apa yang saya alami sebagai sesama pengguna vartek 125.kalo salah mohon di koreksi,dan ini hanya bahan pertimbangan, keputusan tetap di tangan anda.
    I love my vartek 125.

  22. Ganti kipas pcx om 100% ga tidur lg harga 48rb + indent 2-3 minggu , monggo di sruput..
    Dah banyak yg membuktikan

  23. barusan aja ane ngasih tau ke temen yang punya vario 125 yang baru buat di ganti kipasnya pake punya vario tekno 110 yang lama harganya 15.000,-,,,
    al hasil suara ngoroknya emang hilang tapi kalo pake putaran tinggi ( pake ngebut ) masih ada suara ngoroknya,,,
    mudah2an bermanfaat..
    salam kenal

  24. Sekedar info,
    Saya sudah sekitar 2 minggu pakai Kipas PCX 125.
    Angin masih ketarik ke dalam radiator meski beda alur kipas.
    Ngorok sudah gak ada lagi, mau pelan ataupun dibetot abis….
    Namun gak tahu efeknya jika diterapkan di Vario 125 lain, karena saya punya sudah ada rubahan2 lain selain kipas itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*