[Opini] Alasan Kenapa (mungkin)Varian “performance” Bike Yamaha Minus YMJET Fi …???

Cara kerja Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) pada dasarnya adalah ketika Sistem ECU (Engine Control Unit) menerima input data tentang rpm mesin. ECU memberi sinyal kepada sistem Yamaha Mixture JET-Fuel Injection untuk memberikan supply udara melalui Air Assist ,Ketika putaran mesin dibawah 5.000 rpm, maka aliran udara akan diberikan melalui saluran Air Assist ini(kecil)…. kalau RPM di atas 5.000 rpm, udara akan melewati saluran Main Air passage(besar)…. komposisi ini akan selalu stabil dimana semakin sedikit udara yang masuk, semakin sedikit pula bahan bakar yang digunakan, dan berlaku sebaliknya.

Dilihat dari tujuan dari cara kerjanyaย  focusnya YMJET Fi adalah lebih ke efisiensi BBM… dimana untuk motor “harian” sebetulnya diperuntukkan buat kecepatan standart dalam kota sehingga untuk memenuhi kebutuhan ini ada desain FI yang melayani putaran mesin dibawah 5000 rpm(melalui Air Assist atau saluran udara kecil )…beda dengan sport dimana kalau yang namanya motor sport yah idealnya performa harus ‘berasa’… bahkan mungkin jarang dibawah 5000 rpm.. sehingga system YMJET Fi ini mungkin akan ‘sia-sia’ adanya…. imho

Comments Via Facebook

comments

BMW 6 series Gran Turismo

Tahun Ini BMW Indonesia Akan Meluncurkan 10 Mobil Baru

Tak hanya produsen mobil Jepang yang menyiapkan model terbaru di tahun ini. BMW Indonesia juga tak mau ketinggalan. Produsen mobil asal Eropa ini rencananya akan meramaikan pasar mobil baru di Indonesia.ย Tahun Ini BMW Indonesia akan [ Baca Lagi...]

26 Comments

  1. Maksutnya untuk Fi kurang maksimal di top speed ya…
    apakah selalu begitu untuk Fi dan apakah tidak ada penyesuaian komponen lain agar makin bandel di tenaga puncak. Hal ini wajib buat yamaha yang kategorinya motor sport harian ๐Ÿ™‚ biar gak ngeselin kalo di buat perjalanan jauh juga.
    http://orderdesign.wordpress.com

    • YM-JET FI nya bro yang kurang sesuai dengan tipikal sport.. lebih cocok buat matic karena matic membutuhkan rpm tinggi untuk memutar CVT… sedangkan FI nya Yamaha yang biasa (seperti di Vixion) kan bukan YM-Jet… jadi ga masalah.. tidak mempengaruhi tenaga… justru karena injeksi jadinya pembakaran lebih sempurna ketimbang karbu dan efect pembakaran sempurna ini tenaga jadi bertambah….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*