Bebek Vs Sport Menang Mana….???

Kalau dipenjualan ya memang bebek lah yang menang… cuma kalau di cermati lagi bebek sebuah kendaraan ideal, bebeklah yang paling mantab… kemarin kala ngobrol ma temen waktu liburan banyak motor yang “tewas” saat kemacetan di daerah wisata pegunungan..jalan menanjak macet panjang..lama… kendaraan yang ber”kopling” minta ampunnnn..bau kampas gosong dimana-mana… cesssssssss

Bahkan ketenaran bebek di “mix” dengan motor sport… bebek berkopling… ada lagi bebek yang diotomatiskan… πŸ™‚ RT kira biarkan bebek menjadi motor yang bertransmisi seperti awalnya, karena transmisi ini lah yang paling “ideal” gak loyo macam matik dan gak terlalu menghentak layaknya motor laki…jadi pas…. pas=ideal…. πŸ˜€


mitramotor.blogspot.com

Efek engine brake-pun bisa didapat dari sistim tansmisi bebek ini, jadi aman kala di jalan menurun… enak juga kala ditanjakan… kalau matik enaknya di tanjakan saja..kala turun ngeloyor… πŸ™‚

Jadi sebetulnya siapakah real street fighter…. mosok bebek…Β  πŸ™‚

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

75 Comments

  1. tergantung kebutuhan misal:
    1.jalan banyak macet,tapi datar —> matik
    2.jalan turun naik,tapi lancar—>sport
    3.jalan naik turun tapi macet–>bebek

    • Melanjutkan diskusi saja……
      1.jalan banyak macet,tapi datar β€”> matik,bebek(cukup),sport(pegel kopling dan berat)
      2.jalan turun naik,tapi lancarβ€”>sport,bebek(cukup),matik(no engine brake)
      3.jalan naik turun tapi macet–>bebek,matik(no engine brake),sport(kopling gosong)
      bebek rata-rata bisa disegala medan… imho πŸ˜€

    • kalau jalanannya kadang macet datar, terus naik turun, kadang macet, seperti mudik lebaran ke jawa… gimana dong?.. apakah mesti bawa matic, bebek dan sport?… wkwkwk…. mm bebek pilihan utama di segala medan….

    • “ngeloyor”artinya tetap minim engine brake.. mas… ngeri kalau bawa matik di turuan curam πŸ™‚
      Kalau bebek gigi 1 … mesin masih bisa kuat nahan…

      • Setuju….itulah alasan utama saya msh setia dg bebek hingga detik ini.. # mumpung ada yg mbelani.. πŸ™‚

    • mendapatkan engine brake di matic itu caranya dengan RPM… jika mau turunan tajam maka RPM dipanteng di RPM tinggi sebelum jalannya turun sehingga waktu jalannya mulai turun….. RPM yang seharusnya turun ketika gas dilepas ketahan dengan putaran mesin yang teriak sehingga menciptakan efect engine brake…. cara ini memang membutuhkan skill.. dan jika berhasil untuk turunan 15 – 20 derajat tidak membutuhkan rem sama sekali

  2. pernah dapat turunan curam bawa bebek takut bin ngeri. harus jaga keseimbangan plus injak rem belakang. kaki kaku gak bisa diajak kompromi.
    kalo pake matik di turunan curam malah lebih pede. tangan khusus untuk rem, kaki bisa leluasa jaga keseimbangan.
    #nasib pengendara nubie. cuma cocok pake matik. bertahun2 pake bebek kalo tanjakan pindah gigi gak pernah mulus…
    cessssssssssssssssss…………………….

    • memang untuk turunan engine brake berperan juga sebagai cadangan… rem… coba kalau mesin mati kondisi gigi masuk… agak tertahan juga to.. πŸ™‚ memang perlu membiasakan diri.. untuk semua jenis motor…

  3. Ijin nyimak pa RT, salut! bisa bikin adem yang lagi dahaga info tunggangan. Cuman nyesel baru nyimak setelah beli supra x 125 helm in injeksi. Di tanjakan payah banget. Nyesel ga ngambil NMP aja. Huh! Ada obatnya mbah buat ngilangin nyesel aku..??

    • AFAIK, karakter bebek 125 cc honda napasnya panjang dan tarikannya lembut, konsekuensinya kurang gahar untuk akselerasi pendek – termasuk menanjak. IMHO:
      – gir belakang 35 mata diganti dengan punya revo/blade 37 mata.
      – modif kopling manual.

      • makasih mas aru kun, langsung saya liat jumlah gir belakang HSXku udah 36 tuh. kalo ada mah saya pengen tuh yang 40 mata aja. Biarin ga bisa kenceng juga, saya lebih perlu buat nyaman di tanjakan. Soalnya kasian nanjaknya sampe ngos-ngosan, padahal kalo diliat torsi max nya nyampe 1,08kgf.m di rpm 5500. Lumayan jauh beda dengan HSX 125 lama yang 1,03kgf.m/4000rpm. Tapi justru saya merasa lebih nyaman menanjak dengan HSX lama…..

  4. klo macet2an, mau nanjak mau nurun bebek memang asoy geboy. kopling otomatis, punya gigi, dah gitu enteng lagi bawaannya, tambah ceeeeeeessssssss.
    klo sport, bwt yang di daerah jatim klo mau latihan monggo mampir ke kawasan hutan lindung di Cangar. Batu. disana jalanan aspal plus naik turun. cocok banget bwt latihan maen kopling, rem, engine brake. apalagi ditambah hawa adem yang mayan nusuk. dijamin motor lebih adem ayem biar dah disiksa sampe redline (pas engine brake). rem aja ga sampe bau angus koq kampasnya.
    klo matic ……… wah ga tau klo ini, ga pernah nyoba dipakai jalan jauh.

    btw gimana komentarnya bang matius, kan dia biasa jalan meliak meliuk digunung.

    salam ceeeeeeessssssssssssss πŸ˜€

    • wah ane sering tuh maen kesitu. πŸ˜€ pernah tes jupi kesayangan bareng kawak athlete milik teman, tujuan ke malang tp lewat di daerah cangar .. wuahh si athlete megap2 walaupun udah pake gigi 1 (mungkin gara2 overbore kali y? ). tapi si jupi sukses nglibas semua tanjakan pake gigi 2 meski kadang2 sering di bantu slip kopling πŸ˜€ , tapi sama az nyampe di tujuan motor ane bau sangit :mrgreen:
      https://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/06/06/lampu-kuning-itu-tanda-untuk-waspada-atau-gaspoll/

    • klo aq kebalik jalannya. berangkat dari Surabaya ke Malang lewat jalan yang biasanya, lewat Porong, blusukan masuk Tol, Pasuruan …… sampe deh di Batu. ngaso dulu di Masjid deket alun2 Batu. tancep lagi ke arah Selecta (tulisannya Selekta apa Selecta ya ?) nanjak teruuuuusssss sampai pemandian air panas. poto2 bentar, siapin nyali (halah padahal dah ga kehitung lewat sana), masuk kabut.

      saran sih paling enak klo ngajak temen 2-3mtr, boncengan apa ga terserah. soalnya sepi banget daerahnya, yah antisipasi klo ada apa2 dijalan. < padahal klo lewat daerah situ pasti sendirian. wkwkwkwkwk

  5. IMHO.
    Memang bgitulah, rider matik akan kesulitan untuk naik kelas, karna butuh feeling yg pas buat pindah gg,
    beda dengan jaman ane dulu, dulu matik ga populer, cuma ada corsa, nuvo, n matik2 cina.
    Jd ane pk hnda karisma,
    bgitu mau naik kelas pake sport, ane cuma perlu penyesuaian 1jam buat jalan, n 1 bulan buat menguasai megapro ane, (brenti d tanjakan, n putar balik lumayan susah).
    Tp ane cuma butuh 10 mnit buat menguasai honda vario, matik pertama yg ane coba n mio soul yg ane pake.
    Intinya make bebek tetaplah yang paling fungsional,
    bebek injeksi ttap jauh lebih irit dibanding matik injeksi.
    Coba aja pak rt tes….
    Vario 125 n supra 125i helm in.
    Meskipun vario mesinnya lebih advanced….
    Kalo ane tetap pilih bebek,
    meskipun ane akui make matic itu super nyaman…. N ga boros juga (yg injeksi)

    • Sebenarnya aku juga lebih suka supra x helm in, tapi supra jadi terasa mahal kalau mesinnya dibandingkan vario. Akhirnya beli vario 125. Supra nggak dulu, masih bertahan dgn karisma.

  6. Ceeesssssssssssssssssssssssssssss……………
    klo saya di kota2 lebih milih matic tp klo udh jln jauh + mejeng bru pake motor sport…..

  7. hidup bebek…
    gak jd ah modif si jupi pake kopling manual, ntar upgrade dari karbu ke injeksi aja, klo jupi injeksi keluar. itupun kalo bisa… kalo gak ya udah…

  8. Jadi sebetulnya siapakah real street
    fighter…. mosok bebek…

    Mosok !!!!!
    Yo jelas pak rt, iso renang bodine anti air

    Ayago????
    Nguber2 babon isone ha ha pisss

    Sport = kaos jero

    • bener banget setuju, ayago biasanya buat nggiring dan nguber2 babon, neg wis entuk tinggal di…… πŸ˜†

  9. Tergantung usia yaa dan kesenangan ya.. ada beberapa orang yang suka motor kopling karena gesit.. dan standart nya bebek tanpa kopling lebih simple dan kurang cocok buat ngebut.. kalau sport cocok buat anak muda yang doyan ngebut. tipikal orang pendiem dan simple pasti lebih suka bebek. jadi bebek atau sport itu dipilih tergantung individu yang makenya. ada juga kan cwe lebih suka memilih motor sport n motor kopling.. jdi bgmn individu itu sendiri lebih suka yang mana

  10. Kopling gosong pada motor sport itu terjadi krn perlakuan yang salah. Kalau di tanjakan jelas motor sport punya torsi yang lebih dari motor bebek. Pada motor bebek, susah untuk berlaku “setengah kopling” yg menjadi penyebab kopling hangus, krn otomatis. Ini cuma masalah perlakuan saja, semua ada kelebihan dan kelemahan. Untuk torsi, motor sport jauh lebih bagus.

  11. apapun alesannya, bebek memang paling tahan lama, kuat dan paling murah perawatnnya, tp kalo dari segi gaya, jangan lihat bebeklah….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*