Penyatuan Zona Waktu NKRI dan dampaknya Bagi Efisiensi BBM…!?

Persiapan menunggu Launching “Waktu Kesatuan Indonesia GMT +8” atau “GMT+8 NKRI” penyatuan Zona Waktu di Indonesia pada 28 oktober 2012 nanti, dimana yang awalnya di bagi menjadi 3 Zona (WIB GMT+7,WITA GMT+8,WIT GMT+9) rencana akan memakai 1 zona waktu tengah WITA…

Yang menarik disini jam kerja PNS di wilayah WIB,akan dimulai dari Jam 7…dan dampak terbesar dari penyatuan waktu ini katanya di sektor perekonomian dimana untuk melakukan transaksi bisnis tidak akan ada perbedaan waktu antara Jakarta dengan Irian Jaya misalnya…kalau kantor di Irian buka jam 8 di di Jakarta masih jam 6 belum ada kantor buka 🙂 …sehingga kalau mau bertransaksi dengan Jakarta harus tunggu 2 jam dulu…banyak waktu terbuang….tidak efisien…. diharapkan dengan penyatuan zona ini laju perekonomian di negara kita akan semakin merata dan lebih cepat ….belum lagi dampaknya dengan dunia internasional/persaingan global (penerbangan,media,telekomunikasi…dll..)

Nah bagaimana dengan instansi lain atau sekolah apakah akan menerapkan jam yang sama..terutama untuk kota besar jika jam sekolah dan kantor swasta ,kalau waktu aktivitasnya bersamaan bisa jadi apa gak tambah macet..?.kalau RT sendiri sih berangkat kerja jam 8..antar anak sekolah jam 7… kalau jam kerja-nya dimajukan jadi jam 7 ..logikanya RT irit bensin..!!. berangkat kerja sambil “nenteng” anak kesekolah 😀 …gak bolak-balik lagieee…

*Menurut riset penyatuan Zona ini juga menghemat listrik negara senilai Rp 1,6 Triliun per tahunnya….

Comments Via Facebook

comments

toyota fortuner

Fortuner Laris di Dua Negara Ini

Fortuner Laris di Dua Negara Ini – PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia patut berbangga hati. Mobil SUV andalannya yaitu Fortuner ternyata laris di dua negara di Asia Tenggara ini. Semakin berkembanganya dua pasar tujuan ekspor [ Baca Lagi...]

54 Comments

  1. nice, semoga ga ada wacana aneh2 lagi yang bisa membatalkan penyatuan zona waktu. jujur aja, gara2 perbedaan zona waktu saya sering kesulitan komunikasi dengan teman saya yang ada di papua.

  2. wah mumet,.
    Bgamana dg mengatur jam waktu sholat apakah sma..?
    Sdangkan kita sholat mengikuti pergerakan matahari,
    dan dan distiap wilayah indonesia posisi matahari brbeda-beda..
    Ambil contoh klo dsni (jawa) sma2 jm6 pg matahari mulai terbit klo di papua mataharinya udah nongol dr td,sdangkan di aceh mtaharinya mlh blum nongol blas…,
    opo yo rak mumet sirahe..?

  3. Seru yang di Aceh… jam 7 rasa jam 6 wib… abis subuh langsung masuk kantor…. Kereeen
    Yang Papua pulang jam 5 rasa jam 6 wit,,, Pulang rumah waktu magreb.. seeep

  4. Demi kaum kapitalis meyatukan zona waktu…. lah untuk masalah waktu Sholat gimana? apa bisa dijadikan satu waktu… *misalkan di WIB sudah waktu Sholat, masa yang di WIT juga memasuki waktu Sholat, padalah secara perputaran bumi WIT belum memasuki waktu Sholat…. Kacau Indonesia ini… ckckck…

    • kl sholat bkn liat jam bro liat matahari/bayangan cntoh:duhur ktk mthri agak lingsir brt di mn bygan kepala kita ga ke injak,asar ktk byangan lbh panjang dr aslinya….dst pokoknya ga usah pusinglah…

  5. hmmm jadi pada bingung ya nentuin waktu sholat. gitu koq bingung, waktu sholat kan berdasarkan matahari, jadi ga ngaruh mau jam berapa. contoh : jika sudah dijadikan 1 zona waktu :
    – sebut saja jam 5
    – misal jam 4 di Sulawesi baru Subuh
    – maka jam 4 di Sumatera masih kiyep-kiyep kemulan selimut
    – maka jam 4 di Papua dah pada lari pagi

  6. klo kita istrht kerja siang jam12 siang (di jawa)..
    Kita gunakan wkt istrht utk sholat..
    Sdangkan di sumatra jam istrht udah habiz mlh baru adzan dzuhur..?
    Pye jal…??

  7. kayaknya untuk kantoran jam istirahatnya malah gak efisien, misalnya jam istirahat jam 12
    jam segitu sama saja jam 11 wib, jadi kemungkinan masih banyak yg masih kenyang, n di daerah irian jam 13 wib, bagi sebagian orang kesiangan untuk makan siang dan sudah sangat lapar

    kalo untuk sekolah di derah wib akan lebih pagi masuknya n daerah wit akan lebih siang

  8. yg tinggal di bagian barat ,,, yg matahari telat nongol. Berangkat kerja. macan masih berkeliaran …. 😀 Subuh dan sarapan di kantor… Biasain merubah jam biologis deh

  9. Untuk waktu shalat, sekarang ini saja sudah berlaku beda jam meskipun sama WIT atau WIB berdasarkan pergerakan matahari. Contoh Surabaya dan Jakarta yang sama-sama WIB, maghribnya kan beda jam. Yang agak rumit memang kalau jam masuk/pulang kantor atau sekolah dibuat sama. Bisa jadi yang di Papua mulai kerja matahari sudah tinggi, sementara yang di Medan masih subuh.

  10. Istirahat jam 12 siang, yang di timur sudah hampir asar, sementara yang di barat belum masuk zuhur. Trus gimana ya? Berarti istirahatnya menyesuaikan waktu shalat, trus makannya?

  11. kalau masalah waktu sholat itu gak jadi masalah.. karena selama ini memang sudah berbeda.. tidak disamaratakan meskipun 1 zona waktu.. contoh di jakarta magrib jam 18.00 di jogja jam 17.45.. di aceh jam 18.50 semuanya itu masih WIB loh.. jadi gak ada masalah untuk jam sholat maupun ibadah umat islam..

    yang kasian adalah jam sekolah.. kalau disatukan untuk WIB tetep pakai jam 7 berarti anak-anak sekolah harus masuk sekitar jam 6 WIB.. kecuali kalau diundurkan jam 8 tidak masalah.. kemudian masalahnya biasanya orang akan cenderung susah untuk beraktifitas lebih pagi dibandingkan dengan pulangnya lebih lama..

    • Tuh kan keliatan sama2 WIB aja ada beda sejam .. Aceh ama Jakarta… Bayangin aja.. WIB aceh Subuh dah sejam lebih telat…. masuk kerja J7… yg sebenernya jam 6 wib… asyik kan…. Berasa masuk jam 5 wib djakarta tuh di aceh.. kalo liat matahari masih lom nongol..

  12. Insyaallah bermanfaat.
    Buat bro yang bingung atawa khawatir soal sholat jangan khawatir dah… penyatuan zona waktu ga bakal ngubah sholat…
    Orang sholat itu pake jam istiwa’ a.k.a waktu setempat… mungkin seakan akan beda waktu tapi itu kan seakan akan…
    Setahu saya ide ino tercetus karena :
    1. Katanya biar orang di daerah timur bisa lebih lama bermain di ISHG/saham
    2. Efektifitas waktu istorahat, kabarnya bro bro bisnisman luar negeri kalo mau hubungin bro yang di dalam negri harus liat jam dulu n mikir lagi zona waktu mana yang dihubungi…
    Cmiiw…

  13. hampir bisa dipastikan gak jalan. mungkin sekali hitungan jam berubah tapi jadwal gak berubah. tadinya toko buka jam 9 wib, zona berganti, toko jadi buka jam 10 waktu nkri..

    lagian sok-sokan amat gonta-ganti time zone.. amerika aja pake 4 zona waktu di daratan utama, belum termasuk alaska dan hawai..

  14. pasti kalo memang jadi di berlakukan persamaan zona waktu akan ada perubahan besar y. tentang susana yang mungkin biasanya lagi sepi jadi sudah rame. awalnya mungkin terasa aneh kali ya dan akan ada yang mis. tapi kalo berbau efisiensi apalagi menyangkut energi. ya moga-moga kesadaran-kesadaaran seperti ini akan semakin menyejahterakan bangsa indonesia.

  15. Wah kayanya logikanya RT salah deh, kalau jam kerja RT jadi jam 7 berarti jam sekolah anaknya RT jadi jam 6. Sm aja nggak bisa nenteng anak pas brgkt, ttp bolak balik 🙂
    Silakan mampir ke online shop saya 🙂

  16. menurut saya tidak akan berpengaruh pada apapun, waktu sholat, jam kerja, masuk sekolah, kemacetan dijalan semuanya berjalan seperti biasa, apalagi sampai mengirit pengeluaran listrik negara dari mana itung2annya ? ujung ujungnya jadi lahan korupsian baru tuh..
    semuanya berjalan seperti biasa, yang berubah adalah hanya penunjukan angka pada jam tangan anda.

    • setelah berpikir,merenung..kok saya sependapat dengan anda.
      kenapa…?begini tadinya jam kerja masuk jam 8 nantinya jadi masuk jam 9 pagi.yang di wib yang di wit tadinya masuk jam 8 jadi masuknya jam 7
      ..jadi yang berubah nantinya cuma angkanya saja.sedangkan aktifitasnya tetep.

  17. yang berbeda cm kebiasaannya. Ane yg biasa di Bali (WITA) merasa lebih enak pake WIB karena pas patokannya. contoh WITA untuk subuh rata2 pukul 05:10-05:30 dhuhur 12:30-13:00, Ashar 15:30-16:00, Maghrib 18:30-19:00. isya 20:00 keatas. masalahnya waktu malam terasa sangat pendek hanya 19:00-21:00 (cm 2 jam, kbiasaan bg yg muslim stelah mgrib bru jam yg pas untuk keluar malam) jd yg suka hangout malam djamin sdkit kcewa. coz jam 9 mlm sdh bnyak usaha yg tutup. klo di WIB jam malam bs lbih panjang min 3 jam (18:00-21:00).scara psikologis jam 9 malam itu wktunya back to home (untuk kluarga umum). jd untuk yg di Jawa n Sumatra siap2 mlakoni kebiasaan yg berbeda timingnya dech… (penyesuaian)

  18. Untung penyatuan zona waktu 28 Oktober tahun lalu tidak jadi. Tapi jika tetap dilaksanakan nanti, misalnya 5 th kemudian, ini dampaknya.

    a. Di Aceh
    1. Jika ada penyatuan zona waktu, di Aceh, subuh bisa jam 6 bahkan setengah 7, sementara masuk kantor jam 7.  Matahari terbit antara jam setengah 8 sampai jam 8. Alhasil shalat shubuh di kantor.
    2. Kalo Zuhur jam 1.30 sampe 2.00, alias udah masuk kembali kerja. Kalo siap jum’atan udah hampir jam 3, udah hampir pulang kantor. 
    3. Kalo waktu Ashar sekitar jam 5 sorean,  kita sedang di jalan.
    4.Maghrib jam 7.30-8.00, Isya jam 9-an, sepertinya terlalu malem Isya-nya. Siap tarawehan udah mau jam 11 aja, alias hampir tengah malam.

    b. Di Papua
    1. Kalo di Papua sebaliknya, subuh jam 3, matahari terbit jam 4-setengah 5. Kalo bangun jam 4 udah kesiangan banget subuhannya, udah terang banget. 
    2. Zuhur jam 10.30, kalo jum’atan sekitar jam 11.00-11.15 udah bubar. Sementara jam 11.30 baru mulai istirahat. 
    Ashar jam 13.30-14.00, beberapa saat setelah bel masuk kantor hari Jum’at. 
    3. Waktu shalat Maghrib jam 16.30, saat pulang kantor. Sementara kalo macet misalnya, baru nyampe rumah jam 18.00, dan Isya jam 17.45, apakah harus dijamak?

  19. ngak setuju… payah kalo harus disatuin
    jadwal shalat ntar bentrok sama jam kantor
    (bayangin aja, subuh di sumatra jadi jam 6an WITA, masuk kantor jam 8. Sedangkan zuhur di sumatra jadi jam 1-setengah 2 (bahkan di aceh jam 2 WITA)), sementara istirahat udah habis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*