Yang Ukuranya Besar pasti Salah….???

Kejadian Nyata yang RT jumpai tadi pagi didepan sebuah sekolah terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan sepeda dan motor… walau luka tidak serius suara yang ditimbulkannya cukup keras..Brakkk…!!! membuat orang sekitar dengan cepat berkerumun..

Pengendara sepeda onthel adalah seorang bapak tua.. menurut saksi sepeda tadi tiba-tiba saja menyeberang dan pengendara motor yang sedang melaju tidak sempat menghindari tabrakan… luka-lukanya ringan dikedua belah pihak..kaca depan motor pecah..sepeda onthelnya melipat jadi “iwak peyek” … terlihat pengendara motor yang lebih muda menyalahkan bapaknya yang tiba-tiba nyebrang dan tidak menerima saran orang-orang disekitar situ yang menyaksikan kejadian untuk mengobati bapak tua tadi..bapak tua tadi terdiam ditepi jalan dan gemetar duduk disebelah sepedanya yang sudah tidak berbentuk lagi,tidak berkata apa-apa…kasihan juga melihatnya… pengendara tadi bilang “aku betulin lampu depan sudah 300rban..masak disuruh ngobati bapaknya dan ganti kerusakan sepedanya juga..?? ” kata pengendara motor tadi … terjadi perdebatan antara pengendara motor dan saksi sekitar TKP… mumpung polisi belum datang pak selesaikan baik-baik saja…kata orang lain disekitar situ…

Dari kejadian itu terlihat kebanyakan orang cenderung “menyalahkan” kendaraan yang lebih besar… kenapa demikian bisa jadi adanya anggapan yang besar itu orang “mampu” karena memakai kendaraan yang lebih mahal…dan menganggap sikecil itu yang teraniaya……..tapi ternyata tidak demikian kalau menurut aturan siapa yang salah itulah yang harus diproses…

Comments Via Facebook

comments

toyota fortuner

Fortuner Laris di Dua Negara Ini

Fortuner Laris di Dua Negara Ini – PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia patut berbangga hati. Mobil SUV andalannya yaitu Fortuner ternyata laris di dua negara di Asia Tenggara ini. Semakin berkembanganya dua pasar tujuan ekspor [ Baca Lagi...]

75 Comments

  1. sering juga kejadian depan rumah, ada anak yg lari dari gang main nyebrang ajah tanpa liat kanan kiri dan kebetulan dari rah sampingnya ada motor dengan kecepatan rendah dan anak itu yg “nabrak” motor dan mengalami luka lecet2 sedangkan pengendara motornya jatoh ngegesrot aspal gara2 kaget n motornya baret2 plus kaca spionnya pecah dan pengendaranya juga mengalami keseleo ditangannya tapi sama warga sekitar pengendra tersebut yg disalahkan dan dimintai ganti rugi biaya pengobatan anak tersebut…

    • wah kejadian temen ane, tapi berakhir laen. berhubung rumah anaknya deket, langsung disamperin sama temen ane rumahnya. dan coba tebak selanjutnya ……

      disemprot tuh ortunya habis2an.

  2. Aku juga pernah ngalamin sendiri tp lawannya becak,tiba2 ja tanpa ngasih tanda si becak langsung motong jalan di depan, langsung saja tabrakan g trhindarkan.Tp ya itu,tetap saja aku yg disalahkan….padahal klo diukur besaran becaknya daripada motorku,hehe….tp y sudahlah mmg bgitu adanya

  3. wah senasib bro… gara2 jalur dipotong becak mau tak mau q banting kanan.. alhasil ndlosor futstep bengkok knalpot mbaret spion lecet.. si tukang becak berlalu tanpa kata… hadeh

  4. Kalau nabrak yang lebih “kecil” langsung turun, maki2 aja. Jangan rasa kekeluargaan, langsung usut polisi, sewa pengacara, tuntut karena membahayakan pengendara, minta ganti rugi! Kapan ya aku ditabrak pengendara alay yang gak punya aturan?

  5. saya juga pernah tetapi motor sama motor saat itu dari arah berlawanan terlihat motor ingin mengebut mendahului mobil padahal jarak nya sangat dekat lalu saya gas saja biar tu motor tidak jadi ngegas mendahului mobil dan akhirnya tabrakan stang motor deh stang saya cuma lecet sedangkan yang ugalan /mendahului motor stangnya pengok dan ter jatuh dan dia disalahkan oleh banyak orang karena ugal ugalan ( saya berani adu motor karena motor saya sudah usang ) dan semoga kapok dan menjadi pembelajaran bagi yang ugal ugalan

    • Ane jg pernah mau bijitu gan, tp urung cz motornya dia Tiger, besi semua…
      sedangkan ane cm bebek, wuaaah….bs ringsek luar dalem ntar πŸ˜›

  6. Kalo saya lagi berhenti nungguin mobil lagi mundur, tiba tiba dari belakang di tubruk sama sepeda onthel, sakitnya bukan main, eh si bapak yang nabrak malah melototin saya.. ya udah saya bilang aja. yang ati-ati to pak pak. susah memang kalo sama bapak-bapak sepuh pe Sepeda.

  7. Satu lagi yang menarik, “Mumpung blom ada polisi, selesaikan baik-baik”.
    Kasihan ya Pak Polisi, malah dihindari pada saat perkara butuh penengah. Bukankah seharusnya merasa aman dan terbantu saat ada polisi. Bukankah pak polisi itu sebagai penegak hukum dan tetap memberikan jalan keluar untuk jalan damai.

    • mungkin masalah waktu… kalau dibawa ke kantor toh kalau damai juga biaya sesuai kesepakatan antara korban tadi… namun kalau kesepakatan antara korban ditempat situ juga, bisa jadi urusan cepat selesai..berobat atau kendaraan dibawa ke bengkel…yang jadi maslah jika pengendara motor tidak bawa sim(lupa misalnya)..apa gak jadi double masalah IMHO πŸ™‚

      • pengalaman ambil motor punya adikku yg kecelakaan tunggal (ban depan mbledos), meskipun adikku perlengkapan n kelengkapan berkendara lengkap, tetap di palak 100rb.
        Hati ini sakit bgt, udah keluar duit banyak utk pengobatan adikku (gegar otak, pendarahan ginjal dan patah tulang belakang), masih dipalak polisi.
        Tapi sa’dullah nyangga bedil, Gusti Allah Maha Adil,
        selang 5 bln stlh kejadian tsb, anak polisi tukang palak tsb mati jatuh waktu ikut balap liar, kepalanya gepeng terlindas truk tronton muat pasir.

    • klo polisinya baek hati sih memang begitu seharusnya bro, tapi seringan malah bukan dibantu menengahi tapi malah makin runyam, motor ditahan, untuk ngambil motor aja mesti kluar 300 ribuan per motor, lom lagi biaya cabut perkara klo udah damai n biaya lain2 yang lumayan banyak…. apa ngga malah udah jatuh ketimpa tangga lagi.

    • aman dan terbantu ??? mungkin hanya ada “1 diantara 100” POLISHIT yang benar2 melaksanakan tugasnya dengan baik. tanpa ada kepentingan pribadi dll… [pengalamanpribadi]

  8. .hayah.
    ingat kasus ortu teman beberapa waktu lalu… dia bawa mobil diseruduk motor,didepan polisi..polisinya bilang kalo mobil salah*lantaran lebih besar*
    nah ortu teman langsung bilang” OK,saya salah..tapi bapak tanda tangan kalo yang besar itu pasti salah..
    polisinya tanya kenapa pak??
    ortu teman cuman bilang “saya mau cari pantat truk,nabrakin mobil saya disitu biar kerusakan saya diganti juga,alhasil gak ada yang berani tanda tangan dan akhirnya pengendara motor malah wajib ganti mika lampu belkang yang dia tabrak
    http://nanared.wordpress.com/2012/05/09/cinta-bersemi-kembali/

  9. kalo aku, sekitar 2 minggu lalu, pagi2 jam 6an, brangkat kerja sepi…jadi tancap 70 kman ( cuma ada 1 motor di blakang 100 meteran..tiba2 anjing entah dari mana lari nyebrang, kelindas krn dia nabrak dari samping.aku ndlozor….memar and lecet2, ketolong helm kerja di dada, kalo ndak tau deh.terus keluar pemiliknya bawa golok…untung banyak orang jadi ga bilang apa2…mau nyalahin sapa ya???? di tempat lain jalan hauling nabrak anjing/babi penduduk bisa kena 3 juta…:(

  10. Pengalaman pribadi ane.
    Dikala berkendara di antara sela2 kemacetan dgn kecepatan yg rendah tiba2 seorg ibu2 sambil menggendong bayi menyebrang sambil berlari…. Tiba2 dia nabrak ane diri samping sampai ibu tsb terjungkal sambil nyelamatin bayinya (untung ane kaga jatuh) walaupun saksi ga nyalahin ane tapi dgn sadar ane ngasih dui buat beli obat buat luka2 si ibu tsb
    Weleh weleh weleh……..

  11. Pak RT…

    Sepeda onthelnya bermerk ngga?…soalnya ada lhoo sepeda yg harganya puluhan jut…kalo sepeda onthelnya sepeda kumbang…kasihan…walaupun salah…nanti naik apa Pak Tua tsb kalo sepedanya sudah jadi peyek…kasihan anak & istri di rumah…makin susah ajah…

  12. klo menurut ane sih obati dulu yang luka, urusan laen baru dibicarakan belakangan tapi menurut ane sih ga ada salahnya yang lebih mampu membantu terlepas salah atau tidaknya.

  13. saya dengarnya dari kerabat yang kebetulan merantau kesana bro,jadi benar tidaknya wallahu alam….
    *1 juta disana gak sama 1 juta ditempat lain,perbandingan
    semen 1 zak 150 ribu
    beras 1 kg 15 ribu
    *bahkan ada daerah tukang sayurnya buat dagang mesti naik pesawat terbang :mrgreen:

  14. Karena yang kecil selalu menjadi korban, makanya yang gede disalahkan. Orang secara naluri bersimpati kepada korban. Benar salah belakangan.

  15. Tpi jujur ksian pk tuanya…mtor g pnya, speda stu2nya bwt cri duit rusak, badan sdah tua, utang dwrung bnyak, istrinya nnggu drmah brhrap si pk tua bwa sbngkus nasi buat makan 1 hri….ya Allah…mudahknlah sgla urusan pk tua itu…amin…
    jdikan kjadian tdi sbgai ladang untk mndpatkn phala…

  16. kan “Semakin Gede..Nilai Prestise pun Naik…!!!???” wajar yang kecil selalu “dianggap” menang.. wong dianggep orang ga punya

  17. Mobilku sering ditabrak motor dari belakang pernah bemper sampe robek, karena kesal aku pasang besi di bemper belakang biar klo ditabrak gak kena bempernya. Lha motor yg nabrak bemper sampe robek itu kejadiannya pas saya berhenti ngantri di bangjo, ujug2 braaak..lihat dari spion motor bebek yg nabrak jatuh, tp buru2 berdiri dan kabur. Padahal itu motor spionnya patah, spakbor depan njeplak dan tebengnya blesek..kabur tanpa sepatah katapun..weleh-weleh..

  18. dari dulu memang begitu.. yg gede yang salah, sepeda sama jln kaki. tetep aja sepeda yang salah. intinya hati-hati di jln, kosentrasi saat mengendarai motor, jgn nelfon saat mengendarai motor, jangan mabuk (minum alkohol) saat mengendarai motor, jgn ke jalan raya jika belum bisa mengendarai motor dengan baik (baru belajar) ke jalan kecil aja dulu. kalau uda jago baru ke jalan..
    seep..

    • kalau jalan kecil gak muat mas he he
      waktu blajar nyetir dianjurkan di jalan yang lenggang dan agak lebar
      kalau jalan kampung justru lebih banyak yang sruntulan, di tikungan atau perempatan.
      justru jalanan kampung paling banyak terjadi kecelakaan walaupun akibatnya tidak separah jalan raya
      hanya menambahi bukan menyalahkan

  19. terlepas dari benar ato salah kalo dari hasil ane baca mungkin harusnya pengendara motor bisa bantu bapak tsb walaupun alakadarnya karena kemungkinan bapak tsb kurang mampu
    maaf kalo ada kata yg kurang berkenan

  20. Memang begitu adanya
    Sering tabrakan, cukup cerita satu saja
    Pernah juga ditabrak seorang bapak dari belakang karena saya ngerem (mobil depan goyang mendadak menutup jalur) sedang dibelakang saya tidak sempat ngerem dan terjatuh
    menurut saksi itu kesalahan saya, langsung tak onek-oneke
    karena menurut saya tidak ada yang salah (yang salah mobilnya) dan saya sukarela untuk membantu pengobatan dan urunan sedikit untuk kerusakan (kalau semua duit dari mana he he)
    ternyata si bapak tua justru ngendikan : nak, ini adalah cobaan di jalan, sudah mau mengantar sampai poliklinik sudah merupakan berkah bagi beliau dan beliau mengucapkan terimakasih serta menawarkan kapan-kapan dolan ke rumahnya

  21. tadi siang liat kecelakaan motor. Pengendaranya jatuh tengkurap, helem lepas, pecah, busa helm lepas.
    Kejadiannya aku tak tau, yg jelas sampe tkp, udah ada banyak orang, tp cuma bengong, gk ada yg mau nolong.
    Krn lg bonceng anak istri, maka kuputuskan laporin ke pos polisi terdekat.
    Sesampainya di pos polisi ketemu 3 orang polisi:
    aku : pak mau melaporkan, ada kecelakaan motor di dekat rumah sakit.
    Polisi : kejadiannya bgmn?
    Aku : saya tidak tau, saya taunya cuma lewat tkp tp blm ada yg nolong.
    Polisi : mending skr anda lapor ke kantor lantas (sambil menunjuk ke kantor lantas yg jaraknya 200meteran dr pos).
    Aku : wegah pak, mung mau beritahu ada kecelakaan aja prosedurnya susah. Ya udah, kulo pamit, anggap aja tak ada laporan. (dg nada kesal)
    akhirnya kuputuskan geloyor pergi dr pos polisi langsung pulang.
    Males hubungan ama polisi

  22. saudara ane malah pernah ngalamin kejadian ngga enak bro, pagi2 berangkat kerja di jalan deket kantornya ada orang kena tabrak lari, karena kasihan saudara ane nolongin eh malah keluarga korban marah2 n nuduh saudara ane yang nabrak dan minta nanggung biaya pengobatan tapi untungnya ada ibu2 yang liat kejadian sebenrnya dan jelasin bahwa bukan saudara ane yang nabrak. sejak saat itu saudara ane kapok nolongin orang kecelakaan, bikin apes katanya.

  23. berarti klo tabrakan truk tronton vs ferari, yg ” mampu” truk trontonnya ya..kan lebih besar..:)

    wakakakka

    • tapi kalo yang tabrakan truck tentara ato plat yang ada bintangnya sama motor… kok terpaksa pasrah ya…yang punya truck tentara kan negara (rakyat)..duitnya negara kan banyak ???

  24. Bangsa yang ANEH memang…….
    :
    seringkali melihat :
    POLISI – NAIK MOTORNYANGELAWAN ARAH….
    pegawai perintahani (pegawai kelurahan/kcmatan/dll) – NAIK MOTORNYANGELAWAN ARAH….
    pemuka agama – NAIK MOTORNYANGELAWAN ARAH….
    Pelajar-Mahasiswa – NAIK MOTORNYANGELAWAN ARAH….
    Ibu Rumah tangga – – NAIK MOTORNYANGELAWAN ARAH….
    Orang kantoran — NAIK MOTORNYANGELAWAN ARAH….
    Oknum club/komunitas motorpun – NAIK MOTORNYANGELAWAN ARAH….

    UDAH NGELAWAN ARAH TAPI NGERASA BENAR.. DIKLAKSON MALAH MARAH….
    —-itu baru ngelawan arah doang belum bicara pake HELM….. belum yang naik TROTOAR…. belum yg BRENTI di ZEBRA CROSS

    so…. aneh bukan????….. hi..hi…hi…..
    ….. kalo kita brenti di belakang marka zebra cross saat lampu merah , yg dibelakang RAME2 nglakson suruh maju … (makin hi..hi..hi..)

  25. kejadian temen q. dia serempetan sama alay sruntulan. ceritanya dia lagi riding sante, R2 jalan sebelah kiri jalan, oke. lah pas didepan ada angkot jalan pelan tapi ambil kanan jalan. trus entah kenapa ada motor bebek mau nyalip. klo liatnya sih dari gelagatnya tuh pengendara bebek ngawur klo nyetir, geal-geol, mau nyalip ga jadi, lampu ga nyala. trus pas temen mau nyalip tuh angkot, bebeknya tau2 nyisip kekiri mau nyalip. ga kasih tanda, sein kek, klakson kek, kaget temen q, panic brake, tuuuul kena tuh bebeknya dan ndlosor. sementara temen q mati2an ngepot2 stabilin motor biar ga jatoh. nah aq juga ikutan berhenti didepan, jaga jarak. dan pas liat spion, ngeri bro ……

    helm temen q dilepas ditaruh motor, trus dia ndeketin ke pengendara bebek tadi, dan …… dihajar habis2an sambil teriakin seisi kebon binatang. sadis … lha wong orang2 yang ada disekitar sampai ga berani ngelerai. aq cuman ndoweh aja ….. trus ndeket sambil ngomong ke temen q “cah nyebut cah, iku wong dudu Loki” dan rada tenangan dikit, diseret motor ama orangnya ke tepian, mastiin klo masih bernapas. ke toko bentar beli aer botol bwt minum trus sisanya di siramin ke orangnya biar bangun. abis gitu cek2 kondisi motornya, beres, ya ditinggal, lanjutin perjalanan.

    pulang2 ktnya motornya ada yang aneh, besoknya dicek ke bengkel dan ternyata tromol rumah bwt klaker as roda belakang melar. batin q “gimana ga melar, itu aja klo orang biasa dah jatoh”

    • oh iya dan lagi, selain yang besar yang sering disalahin, adalagi :
      yang dibelakang pasti disalahin
      yang lebih bagus sering disalahin
      dan klo co vs ce yang co sering disalahin

  26. bro, ente seorang rider atau (car) driver? saya kedua-duanya. menurut saya masyarakat kebanyakan membela kaumnya. kalau dia seorang rider, seluruh komunitas rider akan membela jika terjadi kecelakaan yg menimpa sesamanya. contohnya (maaf) pada kasus di atas. para rider pasti membela pengendara sepeda motor karena sepeda onthel nyelonong ga liat kanan-kiri. tapi coba lihat di jalan, sepeda motor selap selip sembarang atau suka perintah orang lain untuk minggir biar mereka bisa jalan, dan pas kesenggol (yang pasti motornya yang nyenggol) mobil, mereka pasti ramai2 ngeroyok car driver.

    menurut saya, tema “Yang Ukurannya Besar Pasti Salah” harusnya dilihat secara bijak. jangan karena si bapak nyelonong lantas kita sesama rider ramai-ramai nyalahin si bapak. yang bijak adalah, jika menimpa kita, ya kita turut membantu si bapak yg sepedanya sudah jadi iwak penyek. bantulah sebagai anak muda kepada orang tua tanpa harus melihat siapa benar siapa salah. karena saya yakin kalau yg nyelonong motor terus kehantam mobil, kita pun jangan-jangan langsung menyalahkan si car driver.
    semoga tidak….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*