Review Produk oleh Blogger .

Tidak bisa dipungkiri review sebuah produk oleh blogger adalah sebuah proses baik secara langsung maupun tidak “mengenalkan” produk kepada konsumen…bedanya kalau blogger yang menyampaikan akan lebih spesifik,unik dan menarik…kok bisa..????


Jujur saja ketika pertama kali menerima tawaran untuk tes sebuah produk baru dan memberikan kesan terhadap sebuah produk agak gimana..getu..tapi itu dulu..di awal-awal..baik pada acara tes ride dan sampai kemarin dipinjami tes unitnya selama 1 minggu…

Ketika tes ride tentu saja blogger nubie seperti saya ini yang belum pernah sama sekali review produk akan canggung…dan susah untuk menggambarkan bagaimana sebuah produk itu..hal -hal apa saja yang harusΒ  dituangkan dalam sebuah “Standart review” point-point apa saja… tapi karena dengan tujuan untuk memberikan kesan pribadi ya RT tulis sebisanya…seperti pada artikel tes ride Jupiter MX,CBR150 dan CBR 250 dan terakhir Mio J…

Apa untungnya sih…???

Nah ini yang kadang sangat riskan dan sensitif…kadang ada pro kontra di sana… tapi jujur saja…kalau seseorang dikasih kesempatan untuk tes produk baru siapa yang gak mau..??? tidak semua orang mendapat kesempatan ini too..?? kesempatan langka ini tentunya tidak akan dilewatkan begitu saja apalagi latar belakang orang itu tertarik dengan dunia roda dua… kalau ada tanggapan miring atau whatever lah..peduli amir :mrgreen: maju terusss…setiap orang berhak menentukan sikap dan pilihan masing-masing…asal bisa membuktikan bahwa dia pofesional (emang spesialis tester motor…?Β  ) πŸ˜† apalagi tidak merugikan pembaca dengan mengaburkan sebuah kebenaran… toh cara penyampaian tiap orang tidak sama..sesuai dengan kemampuan maksimal masing-masing Individu to..???
Nah kalau bagi produsen apa untungnya..tentu saja produknya akan “bergentayangan” di dunia maya dan nyata… kok dunia nyata..?? yup jujur saja ketika Mio J belum ada di tempat RT banyak tetangga,teman kantor,ditempat kerja dan pengendara lain yang melihat dan menanyakan perihal motor baru itu, “motor baru ya pak..??? apa itu?? “…. dan satu lagi RTΒ  bisa merasakan sebuah produk baru tanpa harus beli.. Iklan gratiss..??? mboh lagh… :mrgreen: …..
“Dengan adanya review bagi RT…Yang gak tau jadi ngerti…yang ngerti mari berdiskusi…
Any Question…??

Comments Via Facebook

comments

30 Comments

  1. makanya ane sampe sekarang msh bingung apa dasar penyebutan blogger titipan, blogger bayaran,.. mending tetep nulis n tetep berusaha kampanye safety, tetep posisip tingking, tetep bloggerhood… πŸ˜€

  2. Masih banyak… Sampek2 koreknya tak embat gara2 test ride ya…

    Apapun cara nya dan hasilnya… Berbeda silakan toh kita punya metode penilaian masing…

    Yg penting kita uji dengan senang hati…

  3. diulas sesuai yang dirasakan tanpa dikurangi dan ditambahi itu sudah lebih dari cukup.
    daripada banyak tulisan obyektif tapi isinya penuh manipulasi.

  4. tulisan yang jujur dan apa adanya itu musuhnya cuma 1 pak tua… para Fans Boys… isinya syirik2an kaya nonton sinetron… engga realistis banget intinya… mengaburkan point dari tulisan para blogger.. sampai menyerang blogger itu sendiri…

  5. banyak pendapat dr para otoblogger semakin memperkaya ilmu otomotif kita.terlepas dr pendapat berbeda,salah ato benar paling tdk masyarakat mendapat informasi detail yg tidak didapatkan dr media lainnya.toh keputusan akhir ada di tangan buyer dgn pertimbangan2 yg diberikan oleh para otoblogger sesuai kapasitasnya.

    good job otoblogger!!

  6. makanya, klo ada undangan itu besok-besok ajak temen yang banyak :mrgreen:
    klo aku seh ra penting test motornya, makanannya sama minumanya itu lhoo yang penting :mrgreen:
    Plus iso kopdar’an gratis πŸ˜›

  7. informasikan semua hal-hal yang terukur kepada pembaca jangan ada yang ditutupi apalagi dimanipulasi.
    Untuk hal-hal yg tak terukur(subjektif) misal bentuk,warna,dll informasikan bahwa ini pendapat pribadi.

    Untuk menjadi independen itu memang sulit, apalagi bloger tersebut menggunakan salah satu merek yang dibahas.

  8. ane setuju mbah sebaiknya dalam mereview produk bloger mengungkapkan kesan pribadinya selama mencoba produk tersebut dan ane rasa apa yang digambarkan blogger atas produk tersebut tidak akan jauh berbeda dengan apa yang dirasakan oleh konsumen sendiri. terus terang ane juga sering baca ulasan bloger dan ketika dapet kesempatan mencobanya langsung rasanya ya sama seperti yang ditulis oleh blogger itu tapi ini khusus untuk blogger murni lho ya bukan blogger titipan alias bayaran.

  9. sip joss… bagi saya yang penting metode dan bukti2 di sampaikan dalam meriview produk, yang pasti ada perbedaan di antara blogger dalam meriview suatu produk karena motodenya berbeda-beda. jujur dan independen.

  10. masyarakat indonesia aneh ya?beli motor kaya barang murahan aja?dimodif ga jelas malah buat motor rusak……anehnya lg pengen motor murah tp berkualitas?apa kata dunia???beli sepeda sono!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*