Pilih Mobil atau Motor Sport… ???

Kadang saat kita sudah berkeluarga pilihan untuk sebuah motor hobby akan sangatlah sulit… antara ‘egoisme’ kita untuk menikmati sensasi motor sport yang relatif premium dengan kebersamaan dengan keluarga tercinta…


lookatmyhappyrainbow.com

Hal ini akan lebih terasa jika kita sudah memiliki buah hati lebih dari satu…mau ditaruh dimana kalau bepergian jauh…bonceng depan belakang.. amankah??? memang secara mudah kita bisa memanfaatkan jasa rental mobil ,cuma kadang terkendala dengan aturan pemiliknya..dari batasan waktu dan ‘antrian’ jika pas hari libur…

Kita ambil contoh sebuah keluarga dengan kelas menengah saja.. dan mampu untuk mendapatkan kendaraan seharga 50~ 70 juta (entah dengan cara cash atau kredit) dia mampu untuk mendapatkannya.. Ketika dia harus memilih antara motor sport dengan mobil bagaimana kira-kira keputusan yang ‘bijak’..sulit loh… 🙂

Sesuai ilustrasi diatas :
Harga  Mobil baru 1.500 cc= 104 juta sedangkan kalau bekas  tahun 2002 sekitar 55 jt-an..
Harga motor sport baru 250cc = 47~ 50 jt an…

memang untuk motor “premium” baru ini pasti akan lebih minim perawatan baik secara intensitas ataupun harga alatnya ,dibandingkan mobil second hand diatas….sedangkan konsumsi BBM sudah pasti lebih irit.. 250 cc : 1.500 cc…??? memang ada konsekuensinya  irit tapi masih kehujanan… 😀

motormobil
Harga √ √
Konsumsi BBM √ ?
Biaya Perawatan √ ?
Pajak √
Kenyamanan O √
Fungsionalitas O √
Keamanan O √

Memang kalau bicara Hobby Uang gak masalah..tapi kalau kita dihadapkan pada pilihan keluarga atau diri kita akan bagaimana..?? untuk Harga keduanya bisa dikatakan seimbang karena untuk mobil secong akan relatif harganya..konsumsi BBM untuk Mobil yah sebuah resiko untuk sebuah CC yang besarnya 6 kali lipatnya apalagi ditambah perawatan yang lebih tinggi jika ganti sparepart,untuk pajak mungkin Mobil pasti lebih mahal atau rata-rata hampir sama..? dan dari biaya yang tinggi tadi ditebus dengan kenyamanan,keamanan  dan fungsionalitas lebih dari sebuah mobil…

Monggo pendapatnya…  motor sport atau Mobil…? kalau duwit banyak ya lain lagi cerita… atau pilih dua-duanya..??? (lain lagi judul artikelnya :mrgreen: )


tangerang.olx.co.id

Comments Via Facebook

comments

Avanza vs xpander

Hasil Akhir Penjualan LMPV November 2017, Xpander Mulai Buntuti Avanza

Hasil Akhir Penjualan LMPV November 2017 Xpander Mulai Buntuti Avanza – Hasil penjualan LMPV di bulan November sudah dirilis oleh Gaikindo. Ternyata Mitsubishi dengan Xpander-nya sudah mulai menunjukkan ‘taji’nya pada saingannya. Seperti apa? Share this:TweetLike [ Baca Lagi...]

66 Comments

  1. mobil second dulu, baru motor yang agak bagus, lanjut mobil mewah kemudian motor 1000 cc, terus begitu… hehe

  2. pilihan yg sangat sulit, seperti itu jugalah posisi aq???????antara ego pribadi/ hobi dengan kepentingan klg

    • pas duit cuma tinggal 2M… cuma cukup buat beli Lancer Evo 10 Turbo plus ZX6…. lumayan wong duit pas pasan ^^

  3. lha kan si nyonya maunya gimana… kalau di approve buat beli moge ya asik… tapi kembali ke kita sebagai kepala keluarga… kadang anak mengalahkan ego pribadi meskipun udah di approve istri… mau moge tapi kasihan anaknya keujanan… dah pasti gimana caranya deh bisa beli mobil meskipun 2nd daripada motor baru.. cinta memang mengalahkan ego koq

  4. klo ane punya 50an jt, mending beli p200ns… sisanya 25jtaan… buat dp avanza… bereskan…
    motor buat harian kerja…. mobil buat weekend jalan2 aje…

  5. pilih berdasarkan fungsinya

    jangan berdasarkan wahhh, karena wahhh hanya bertahan beberapa minggu setelah itu biasa aja.
    Dan jangan berdasarkan sensasinya karena hanya bertahan beberapa minggu setelah itu terbiasa dan sensasi itupun hilang, kecuali naik kelas lagi.

  6. kalo pinter ngelola dan ada rezekinya.
    beli mobil trus mobil suruh kerja buat beli motor.
    1 kali dayung 2 pilau terlampaui

  7. Galauuuuuu……
    Seperti judul tulisan Bos RT nyang kemaren dech…”Saat Paling Galau Yang Dialami Biker….apa saja itu…???” Inilah saat2 paling galauuuuu…….

    • eh ​♥ •‧::‧• ïчaa •‧::‧• ♥ bro espass.. mantan mobil sejuta umat Itu… asal terawat masi mak nyos kq… irit, suku cadang murah, bandel, modelnya jua lebih modern drpada cherry yg kotak kotak.. harga pun aman dikantong

  8. Benar, saat ini saya sedang dilematis soal beli motor atau dp mobil baru.
    Bingungnya 7 keliling bro.. mau beli CBR 250 atau DP mobil ford Fiesta.
    Umur 25 tahun masih muda dan mobilitas kerja mungkin pilih motor..
    Tapi ya itu, kalau DP mobil utk jangka panjang lebih bagus selain lebih nyaman dan juga lebih prestise dengan calon mertua 🙂 hanya boros dan kalau macet lebih stress rasanya.
    Bingung banget nih bro.. Minta masukannya dong bro atau dari temen2.
    Please..

  9. ane sii pilih motor sport laaa dan pastinya HONDA CBR250…Garangg euy nie motor..
    ane uda idamin nie motor waktu pas brojol…hehehe…motor sport paling keren yaa ini..secara design nya keren,engine nya manteep..kurang apa lagii coba..warna nya juga oke banget..
    kalo mobil sii ane tunggu berkeluarga dolo dhe baru pake..secara ane sekarang masii bujang..hehehe..jadi yaa masiii suka laa yang sport2 gitu..kwkkww…

  10. klo suruh milih, tetep milih motor sport.. karena dah ada mobdin.. 😀
    yang pusing suruh milih beli rumah vs motor super sport…. meskipun dah ada rumdin… 🙁

  11. menurut saya klo sudah berkeluarga ya pilih mobil pak RT.. lain cerita klo masih lajang.. seperti saya ini, padahal udah ada vixion tapi masih pengen cari yang pake baju(baca:fairing).. hehehe
    manusia ga ada puasnya..
    #nabung-nabung.. hehehe 😀

  12. tega masbro anak nya keujanan + kepanasan? di tambah lagi biker alay yang srantal sruntul..
    ane vote for mobil..

  13. keluarga nomor satu bro

    bukan masalah ego

    kalo uda nikah itu anak bini tanggung jawab kita buat manjain

    entah masalah kita nangis darah buat menuhinya itu jangan sampe istri tahu

    yang penting keluarga nomor 1

    sa[pa tahu anak uda gede bisa kita belin motor semprot lalu ga di pake tuh anak

    kan kita bisa menikmati juga xixixi

  14. kalo masih bujangan dan bekerja, beli motor bebek atau matic buat harian ke kantor, kalo udah berkeluarga yg diutamakan mobil, kalo udah berkeluarga dan banyak rezeki, moge 😀

  15. nah ini dia gan unek2 sy dr dulu.. akhirnya ada jg rubrik nya :mrgreen:

    dr dulu sampe skrg motor cm 2tak.. awet dan slama blum dilarang beneran wkekeke.. 😆

    critanya ane dl.. ada duit lumayanlah.. trus bingung mo beliin motor sport atau beli mobil bekas.. nah stelah hunting2.. ternyata dengan uang yg bisa buat beli motor sport td.. kalo dibelikan mobil bekas.. ternyata tanggung dan ngeri dengan resiko2 mobil bekas harga2 segitu…

    akhirnya ane buat DP mobil baru.. wkekekekke. yg lumayan jg cicilan perbulannya.. tp fungsionalitas lebih tenang.. dan bisa buat bantu usaha tentunya.. hehehhe..

    untuk yg hunting mobil bekas.. hati2 gan.. awalnya manis.. tp stelah itu perawatan haduh.. lama2 bisa buat beli mobil baru… 🙁 ini pengalaman sodara dan teman ane.. heheeh…

  16. Umur 19 lulus sTm kerja..
    Umur 20 beli King second..
    Umur 22 ambil BtN..
    Umur 25 Nikah…
    Umur 26 beliin bini Vario..
    Umur 27 beli mega primus..
    Umur 30 ambil avanza…
    Umur 33 daripd MoGe mending Dp haji…
    Ini Cerita sayah…. Bgmna cerita muu…
    Terasa nikmat hasil keringat sendiri…

  17. Lha ente niat nya bisa merawat yang mana… mampu beli blum tentu mampu merawat… toh kalo mau dipandang oleh mertua jelas rumah tentunya… ketimbang motor atau mobil… nah Klo kondisi sampeyan sudah ada rumah tapi mencicil… saya sarankan aja sie beli metic murah secara cash buat transportasi… sisanya ditabung buat jaga 2. .. nikah misalkan.. yang penting jangan membudayakan hutang… percaya deh… hidup dengan utang cicilan kemana 2 Itu seperti hidup diladang ranjau… gak nyaman bro

  18. mobil aja mas bro
    buat apa motor mahal tapi cuma bisa angkut 2 orang & kehujanan?
    motor termasuk kendaraan paling fragile, senggol dikit jatoh. Apa kita mau boncengin anak istri terus jatuh?
    Motor gak usah yg mahal2, 20 juta aja, macam megipret atau piksyen
    Motor is for men and for work only….. Car is for family and holiday

  19. kalau dengan rentang harga 50-70 juta mobil juga ada yang baru,,saya yakin 100% orang lari kemobil,,nah sekarang kan beda,,mau motor baru atau dapet mobuil tapi second hand..
    itu pilihan yang cukup sulit,,tapi pilihan pribadi karena saya belum punya istri/anak,,maka saya jatuhkan pilihan ke motor sport saja,,dilihat dari perawatan,,konsumsi BBM,,nd style..hehee

  20. Kalo saya anak udah 2 mending beli mobil trus sisanya beli motor matic buat jarak deket atau ngantor pak RT

  21. Klo menurut ane, baiknya kredit mobil second dengan usia pakai yg masih kurang dari 5 tahun dan itupun yg depresiasi harganya ga terlalu jatuh seperti xenia th 2009, trus mbl diasuransikan utk usaha rental spy mblnya bs cari uang juga, dgn asuransi kendaraan utk usaha rental jd lebih tenang, sisanya beli motor sport rakyat dl macam byson, jgn lupa kredit mblnya 4/5 th spy cicilan ga memberatkan tapi klo bs sebelum jangka waktu tsb dilunasi dipercepat dgn uang dr usaha rental.

  22. ane vote mobil walau blm berkeluarga,mobil lebih aman nyaman,kalo motor kesenggol dikit jatuh dahh…pa lagi bawa cewe :p

  23. Klw saya si lebih milih motor sprit … Krn saya ya anak muda juga masi lajang … Dan Belom kerja tetap si … Wajar kan biar irit pengeluaran,di + klw mobil enak si .. Aku ajuin cuman kita itung lagi dari aspek ,perawatan ,minyak ,Blom nanti kita modif … … Kan bisa kita itung2 sendiri berapa bajad yg udah kita keluarkan.. Dari perbandingan motor moge brapa dan mobil brapa … Cuman.. Setiap kendaraan ada +- nya bro heheh jadi .. Yaa .. Gimana ya ini lebih ke selera masing2 .. Jujur si saya galau … Tapi… Kita harus liat juga dengan ko diri tempat kita dan kemampuan kita .. Kan gtu .. Klw anak rider si ya pasti pilih motor.. Krn mereka suka Turing .. Ya klw udah berkeluarga ya pasti lah pilih mobil kan gtu ..

    Naa jadi kan klw menurut saya si ..
    Klw kalian bro bingung pilih (mobil atau moge)

    Mending .. Liat kondisi kita .. Ya klw anak muda klw di kasi apa aja ya mau .. Mau moge ke mau mobil ke .. Tapi itu semua kembali ke selera .. Masing2 dan semua ke daraan itu ada + – nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*