Honda,Yamaha,Suzuki siap “Injekisasi”..Kawasaki..???

Menyambut adanya rencana regulasi pemerintah dengan standarisasi Emisi gas buang EURO 3 di 2014(awalnya sih juni 2013..?? ),maka pabrikan roda dua tanah air tampaknya segera mempersiapkan diri dengan semua aspek yang mendukung standart baru ini,entah dari sisi teknologi,service  dan pelayanannya..


Untuk Honda  sudah dipastikan di tahun 2013,disusul Yamaha di 2014..tak kalah siapnya Suzuki juga sedang membuat persiapannya… memang sistim injeksi adalah yang paling mudah untuk memenuhi standart Uji emisi ini..jumlah,takaran,timing bisa “dikendalikan” sehingga selain lebih efisien juga ramah lingkungan…

Walau tidak harus selamanya untuk meminimalisir kadar emisi gas buang hanya dengan Fuel Injeksi misalnya dengan Catalityc Converter… Namun yang akan lebih susah adalah Kawasaki Ninja 2 tak Jika EURO 3 ini diberlakukan… harus ditemukan teknologi terbaru sehingga mesin dua tak tetap bisa lolos ..kalau dengan teknologi yang sekarang ada dan harus menerapkan standart Emisi ini maka yang pertama tenaga akan turun,sedangkan kalau menambah dengan teknologi baru lagi harga akan mahal lagi…

Tapi benarkah ini akan benar2 diterpkan EURO3 … trus siapkah para meilik kendaraan..??? harus upgrade/modif sistim gas buang nih pada motor lama mereka…???

“Syarat regulasi Euro 3 :-sebuah kendaraan hanya boleh menghasilkan 0.3gr/km hidrokarbon (HC), 0,15 gr/km nitrooksida (NOx),  2gr/km untuk karbonmonoksida (CO).”

Comments Via Facebook

comments

22 Comments

    • justru ini yang jadi pertanyaan saya siapkah? bagaimana mekanismenya…?melalui cara Tilang,atau pemeriksaan semacam surat tanda lulus emisi saat diadakannya razia… nah kalau benar pasti incaran petugas ke motor2 keluaran lama… wah jadi pusat perhatian nih motor karbu 🙂

      • itu maksutnya buat motor baru produksi mulai tahun 2014 om,,,,

        klo semua motor harus mengikuti aturan,,,misalnya lulus euro2,,,so motor lawas macam astrea grand, shogun kebo, binter mercy gak boleh ngaspal di jalanan,,,padahal tau sendiri kan om,,,,tuh motor masih ada di jalanan,,,bahkan motor dinas pemerintahan pun ada yang masih 2 tak klo gak salah Suzuki A100

        mohon koreksi klo salah,,,cmiwww

      • dan untuk lulus uji emisi,,,gak harus injeksi,,,,bisa juga menggunakan teknologi lain yang mana outputnya bisa sama dengan injeksi

        kayaknya sudah pernah ada yg bahas soal perlunya teknologi injeksi atau tidak,,,lupa di warungnya siapa,,

  1. asyik harga motor bekas tehno jadul bakal ancur2ab
    bgmna dgn bajaj? terutama pulsar 200ns
    apakah akan layu sebelum berkembang???

    • p200ns dgn teknologi 3 businya, sudah bisa menghasilkan emisi EURO 3,, dia g perlu injeksi klo mau lulus euro3, krn dgn 3 busi permbakarannya yg sangat sempurna… apalagi klo pake injjeksi,, tambh ramah… lulus EURO 4 dah….

  2. Bagaimana dengan emisi kendaraan umum yg justru tingkat emisi nya lebih tinggi dari kendaraan roda dua..?
    atau diberlakukan hanya untuk kendaraan roda dua ?

  3. Kalo boleh saran sih mbah ya, kalo bener euro 3 bakal di tetapkan, sebaik nya pemerintah ngasi penyuluhan terhadap warga. Baik dari sisi negatif motor 2 tak terhadap polusi, dampak biaya, dll. Kalo bisa, pemerintah ngadain acara motor 2 tak bisa dituker tambah dgn motor 4 tak. Kalo gitu warga pasti senang. iya toh?

  4. Sepertinya lebih ditekankan pada produk baru yang akan diluncurkan, jadi produk ntu wajib lulus uji emisi euro sekian..
    Kalo masalah tilang menilang, belum sampe sejauh itu kayaknya.. Pengguna motor2 lama jangan khawatir, dampaknya kalo sampe diberlakukan, mungkin sedikit aj yg nyampe k pengguna motor2 lama, mungkin yg terkena dampak secara langsung adalah produsen2 knalpot modif..

    Dan satu lagi, kalo seandainya tiap tahun peraturan mengenai emisi ini berubah, berarti otomotif akan selalu tumbuh tanpa ada titik jenuh.. Bener nga.. CMIIW..

    • Atau mungkin produk lama nanti dibunuh pelan2 oleh kebijakan.. Kebijakan seperti dilarangnya peredaran spare part untuk motor2 lama, so mau nga mau, kelamaan juga motor lama mati sendiri..

  5. …wah !!!! motor kuno ku suzuki TS 125 bakalan nongkrong manis di gudang ini…
    mumpung belum di terapkan peraturannya, ane mo jual aja…ayo siapa mau beli suzuki TS 125 ane….hehehehe…

  6. bagi pemilik kawasaki ninja 2 tak hrs siap2 senasib seperti RX -King (2tak) yg terkenal dulu.
    kini telah hilang di telan bumi. teliti sebelum membeli……. 2 tak / 4 tak…… peace

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*