Spidometer Analog Vs Digital…. !!!

Konsole/dasboard sepeda motor biasanya berisi informasi tentang kecepatan,panas mesin,meter bensin ,putaran mesin,tekanan olie dan lain-lain… dan pada umumnya dibagi menjadi dua macam yaitu sistim digital dan analog..

Akurat…akuratif

Biasanya sih digital lebih baik dibandingkan analog…terutama dari segi akurasinya..dimana digital menunjukkan angka sesuai dengan pembacaan sensor sedangkan analog berdasarkan mekanis…

Responsif..fluktuatif…

Untuk iniΒ  analog lebih piawai… dan masih tetap dipertahankan untuk mengukur RPM tacho meter..karena bisa melihat pergerakan naik turunnya putaran mesin dengan fluktuatif

Informatif…

Digital spedometer lebih informatif dan instan karena menampilkan angka/nilai dari pengukuran kecepatan…

Harga..kompetitif…

Untuk harga bisa jadi digital lebih mahal untuk saat ini..tapi tidak menutup kemungkinan kedepan komponen ini semakin murah karena setiap sepeda motor pasti mengaplikasikannya…

Tampilan..modif πŸ™‚

Kalau ini relatif sih yah..memang digital terlihat lebih modern…tanpa bermaksud merendahkan yang analog …. bahkan analog lebih macho… :mrgreen:

Mitos: digital—> canggih,mahal………..analog –>kuno,murah….

Speedometer gear

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

30 Comments

  1. analog no problem,..digital pun ok aja no problem :D, tp ane lebih vote ke analog cuma kan skrang sudah jamannya canggih, masa gak mau beli motor kl speedonya masih analog, atau gak mau kl speedonya digital :D.

  2. Tapi saya yakin walaupun digital tetep ada penyimpangan akurasi demi safety.
    Dan juga tampilan analog belum tentu sensornya juga analog (contohnya di supra 125).
    Untuk selera saya lebih suka tampilan tachometer analog kombinasi speedometer digital, seperti halnya selera saya pada jam tangan.

  3. pembacaan sensor dan mekanis bukannya sama saja kang?
    IMHO, digital dan analog sama2 memakai sensor, namun kalau analog memakai sensor gerak /vibrasi (motion/ vibration, maka digital memakai sensor elektronis, yaitu magnet/ cahaya (magnetic / light).

    ohya digital lebih presisi karena bisa mengukur satuan, misalnya 143km/h, kalo analog paling bisa 140 atau 145 aja cmiiw.

  4. salah kaprah. setau gue soal sensornya sama aja, cuma beda di penampilan. jadi analog nunjukin pake jarum, sedangkan digital di-convert dulu ke angka digital. lebih gampang baca yg mana tergantung. dalam kecepatan tinggi, lebih gampang lihat analog.
    soal akurat mana, gak efek di digital maupun analog. udah beda lagi bahasannya soal akurat.

  5. takometer lebih suka analog atau kalo digital ya yang model bar. lebih mudah mantaunya. kalo untuk spidometer, karepmu lah. ra patio butuh πŸ˜€

  6. kalu yang analog biasanya lebih berat spidonya karena isinya mekanis…. kalu digital lebih ramping dan lebih ringan…. modelnyapun lebih flexible…. cmiiw

  7. Tiap hari udah mantengin speedo digital ane ingin yang lebih canggih lagi, yaitu dashboard LCD berwarna, jadi nanti tampilannya kayak meteran 3G di speedtest.net πŸ˜€

  8. digital ada jg yg murah kok.. tuh pulsar 135ls sudah digital, harganya cuma 14jutaan, begitu juga pulsar 180, & 220, hargaya 16jt & 18,6jt…sdh berdigital kok ad tripmeternya jg…
    dr pada ninja 150RR yg harganya 35jt… masih analog…??? operpresss….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*