Jalan Raya terbagus di Indonesia…ada di lahan gambut busyetttttt dah… !!!


Sungguh kaget dan takjub saya membaca ada jalan dengan kualitas bagus di Indonesia.. walau sudah berumur setengah abad (50-an tahun..!!!) kondisi jalan terlihat stabil,apalagi disana lahan gambut busyettt… ..Jalan raya  di Kalimantan(palangkaraya) yang mempunyai kualitas terbaik di Indonesia (memang ada jalan di marih yang umurnya mpe 5 dekade :mrgreen: ,ada juga 5 bulan……..!!!.) sebutannya Jalan Rusia yang memanjang dari Palangkaraya ke kota kecamatan Kasongan. Jalan ini dibuat oleh Presiden Soekarno dengan mendatangkan teknisi dari Rusia. Makanya di sebut jalan Rusia. Konon urukan batu padas untuk landasan jalannya setebal 2 meter. Itulah mengapa jalan itu stabil dan masih kuat bertahan sampai sekarang.saya kira Indonesia bisa lah membuat jalan sebagus itu dengan pondasi yang kokoh… lah tambang emas di Irian mo dibuat apa… ???? so para biker akan nyaman melibas jalan raya yang nyaman… gak seperti dibawah ini :mrgreen:


Adalah seorang saksi hidup Gardea Samsudin (70) lelaki asal Bandung, Jawa Barat mengenangnya sebagai Jalan Rusia.Warga setempat sendiri mengenal jalan itu dengan  Jalan Palangkaraya-Tangkiling.
Jalan sepanjang 34 kilometer (rencana awal 175km ,tapi karena kondisi politik saat itu dihentikan..)dan lebar 6 meter  dibangun oleh para insinyur dari Rusia(dulu The Union of Soviet Socialist Republics). Bersama puluhan warga Dayak, Samsudin dan ratusan orang Jawa lain bekerja di bawah arahan belasan insinyur Rusia. ”Saya ikut menyusun batu-batu yang menjadi fondasi jalan ini,” kata Samsudin yang kini menetap di Palangkaraya.Jalan itu adalah bukti kemahiran insinyur-insinyur Rusia membangun jalan di tanah yang sangat berbeda kondisinya dengan negara asal mereka. Sabran (saksi lain) mengisahkan, semua gambut di tapak jalan dikeruk. ”Setelah gambut dikeruk, terciptalah alur seperti sungai. Lalu, alur itu diisi batu, pasir, dan tanah padat,” kata Sabran.

Sumber: Kompas

Mau tau cerita selengkapnya baca disini : Sepotong Jalan Rusia dan Impian Soekarno

Comments Via Facebook

comments

taksi london levc tx

LEVC TX Taksi Hybrid Beraroma Mewah Khas Volvo

Tak hanya Dubai yang punya taksi mobil mewah. Inggris juga mempunyainya. Namun bukan mobil sembarangan, karena mobil yang dipakai adalah Volvo bergaya klasik yang seperti membawa nostalgia ke masa lalu di Inggris. LEVC TX Taksi [ Baca Lagi...]

42 Comments

  1. Sekarang yang lagi ngetrend jalan 1 tahun Cak
    Dan biasanya ditambal pas bulan Ramadhan
    Lumayan ada ‘uang saku aka THR’ ala petinggi2 kita

    Coba kalau semua jalan seperti itu, bisa2 uang proyeknya min 50tahun sekali 😀

    Mbacot.co.id
    Buehehehehe

  2. ini mungkin yg dbilang temen gw “jalanan lurus & mulus” dipalangkaraya,,,asli panjaaaaaaaaaaaaaaang bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttsz,, dia agak heran ga ada aksi cornering.,,ky masuk alam ghaib..

  3. sebenernya ahli2 teknik kita bisa buat jalan seperti itu cuma sayangnya antara perencanaan dan realisasi berbeda contohnya dalam bestek tebal lapisan batu 50 cm, kenyataannya cuma 15 cm, mana awet klo spt itu.

  4. Kalau jalan yang sudah sekarang direhap dengan yang model begitu, kira berapa lama pemakai jalan harus terganganggu. Tapi patut dicoba, minimal di kawasan tertentu.

  5. Abu: “Yamaha Fazer 250 datang ke Indonesia!!! Buat nglawan siapa ..???”
    Saeri: “Buat nglawan scorpio dan byson…”.

  6. Tu jalan setiap hari saya lalui 90 km Palangkaraya- Kasongan buat kerja….. Jalannya mulus, cuma sekarang perawatannya mulai kurang. Ralat kang RT, Kasongan itu bukan kecamatan lagi, sekarang sudah jd kabupaten!!! 🙂

  7. wah…kalo yg sekarang, ‘dilarang’ oleh dinas tuh membangun jalan super awet, bahkan cuma untuk 10thn pun….nanti apa lagi yg mau dimakan….kan gak ada ‘kreatifitas’ lagi.

      • kalo di p.sumatera ini……….riau yg parah drpd propinsi lain………..ninka saya pernah sampe terbang gara2 ada lobang menganga besar tapi pinggiran landai di tengah2 jalan antar propinsi yg panjang lurus. Itu malam2 dan lagi kencang2nya bawa mtr….
        orang2 di sana sdh maklum kalo buat jln mereka sdh dikorupsi dananya…makanya banyak ‘holes’ and….a…..a…..forever holes.

  8. mbah rider, emang kalo ada jalan rusak kita komplain kamana?kan kita sebagai pemakai jalan=konsumen, kalo kita uda bayar pajak kalo dapet ngak sesuai kan bisa komplain?lah trs kita harus k mana mbah rider?

  9. paling ironis lagi mbah jalan tol yg lewat aja bayar, jalannya pada tambalan, bahkan d sambungan jembatan kalo dilewati aja kerasa lwt lobang.
    Apa lagi jalan yang gratis mbah gimana hayo?….

  10. kata sapa eng indonesia ngak bisa bikin kyk gitu, keciill tuh mah..cuman hasil itung2an engineer sama acktual di lapangan beda bgt, blom yg makan aspalnya, tambah abis aja tuh jatah jalan..jadi aspal tipis, sekena aja..

    klo bener semua jalan indonesia seperti itu, dept PU anggaran bikin jalannya bisa di potong sama DPR..kkkkk

    Piss

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*