Juli 28, 2016

Arti Warna Bendera Dalam MotoGP


Selama berlangsungnya Grand Prix bendera   digunakan untuk memberi tanda peringatan terhadap rider,sangat penting…. sebagai informasi apa yang sedang terjadi selama balapan…
Bendera akan dikibarkan oleh marshal pada berbagai titik di sekitar sirkuit dan rider harus selalu memperhatikan ini kalau gak mau benjol :mrgreen:

Mengabaikan instruksi bendera dapat mengakibatkan rider dikenakan hukuman berikutnya  tergantung pada tingkat keseriusan pelanggaran: peringatan, denda , perubahan posisi grid, penalti waktu, diskualifikasi, pembatalan point kejuaraan.

Bendera hitam
Diskualifikasi. Ditampilkan bersama-sama dengan nomor rider, bendera hitam berarti pengendara harus berhenti di pit pada akhir lap saat ini dan tidak bisa restart. Bendera ini akan ditampilakn setelah tim rider  diberitahu terlebih dahulu(konfirmasi ke tim).


Black Flag dengan Lingkaran warna orange
Bendera ini memberitahukan rider bahwa motornya memiliki masalah mekanik yang mungkin membahayakan dirinya sendiri atau orang lain, dan  ia harus segera meninggalkan trek.

white flag
Bendera Putih
Bendera ini menunjukkan bahwa pengendara yang diperbolehkan untuk ganti motor.Bendera ini mengindikasikan bahwa track cukup basah untuk dipakai balap setelah sebelumnya dinyatakan  “Dry race” aka balapan dalam kondisi kering

atau
Bendera putih dengan Palang Merah bergaris diagonal dan Bendera Kuning & Merah
Hujan pada bagian trek ,bendera ini memberitahukan  pada setiap rider bahwa trek dalam kondisi basah …

blue flag
Bendera Biru
Bendera ini menunjukkan kepada rider bahwa ia akan dioverlap dan dia harus memberi jalan,melambat secara bertahap,untuk memungkinkan pengendara lebih yang lebih cepat untuk melewatinya.


Bendera Chequered Hitam Putih (papan catur)
Menunjukkan akhir dari balapan atau sesi latihan. Pemenang lomba adalah pembalap pertama  melihat bendera ini saat ia melewati garis finish.(kalau gak lihat muter2 terus) :mrgreen:

yellow_flag
Bendera Kuning
Bendera ini menunjukkan bahwa  lomba ditunda.  karena ada bahaya di depan. Para pengendara harus memperlambat dan bersiaplah untuk berhenti. Dilarang menyalip sampai titik di mana bendera hijau ditampilkan.

Bendera merah
Adanya gangguan pada saat balap atau practise,Rider harus kembali perlahan ke pit. dan tidak diperbolehkan untuk keluar dari pit lane.

green flag

Bendera Hijau
Track aman clear…biasanya dikibarkan saat sesi practice atau warm up

Kadang memang ada kejadian2 lucu selama berlangsungnya race..dimana belum ada bendera Chequered tanda balapan usai..tapi sudah jingkrak2 selebrasi..akhirnya diovertake rider dibelakangnya  😆

About these ads

Comments Via Facebook

comments

30 Comments on Arti Warna Bendera Dalam MotoGP

  1. Kadang memang ada kejadian2 lucu selama berlangsungnya race..dimana belum ada bendera Chequered tanda balapan usai..tapi sudah jingkrak2 selebrasi..akhirnya diovertake rider dibelakangnya
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    Gw nonton kejadian ini … si rider-nya udah peDE banget bahwa dia udah menang, eh ternyata kurang satu lap lagi … kru team-nya ngasih kode supaya dia lanjut lagi, dia malah bengong dulu, akhir nya di overtake … kekekekekekek … kesian …

  2. Pemenang lomba adalah pembalap pertama melihat bendera ini saat ia melewati garis finish.
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++
    Yang pertama melewati garis finish kali mbah … kalo baru liat doank mah blm finish kaliii .. kekkekekek …

  3. Thanks buat infonya
    Saya taunya cuma black, red, yellow, sama green
    Itupun gara2 sering lihat di F1

    Njaluk dicemplungne nyang kalen pembalap koplak’e kui 😀

  4. kok finish flag udh bkibar dsisi sirkuit pdhl race baru 15lap dr 28lap,,apa pnybabx,,,???
    pihak dorna bingung lalu mnurunkn tim independent utk mnyelidiki,,hasilx: tnyta istri pak rt lg ngejemur tu bendera krn abis dcuci….laporan selesai,,,,jiaah gubraQqkkk dah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Translate »
%d blogger menyukai ini: