Motorsiawi: Beda Perlakuan beda keawetan..beda penampilan…!!!


Motorku kok lebih kusam yah dari punya temen padahal keluaran tahun yang sama… kuda besiku kok lebih kasar dan lemot yah tarikkannya padahal dari varian sama…. beda perlakuan bro..!!! kok bisa… ???

Keluaran tahun yang sama tapi ownernya khan berlainan sifatnya..yang satu perhatian ma motor,telaten dan ngerti dikit2 seluk beluk perawatan  sedangkan yang satunya masa bodoh taunya putar grip gas motor, gas poll.. :mrgreen: bisa modif tanpa tahu efek dan resiko jangka panjang motor juga salah satu sebab menurunnya kondisi motor kedepan..contoh paling ringan adalah rantai/chain.. tanpa memahami perawatan dasar sederhana merawat rantai jangan harap usia rantai akan lama..jangan harap rantai akan “diem” pasti berisik,menjerit…kenapa karena rantai adalah tempat “beradunya besi dengan besi..kalau tanpa pelumasan dan penyeletan(kencang kendor)nya maka usia pakai akan lebih pendek,suara yang ditimbulkan juga lebih besar…”jangan salahkan kualitas” barang…barang “tidak bisa bicara” kita yang harus mengerti…

Cat motorku kok “Lebih kusam sebelum waktunya” ya iyalah sering dijemur 😀 …tanpa paint protector…lebih parahnya jarang dicuci… 😆 memang tempat parkir juga menentukan usia warna cat motor kita..apalagi motor kelas “menegah kebawah” kualitas cat yah begitulah sesuai harga..tapi kalau kita pandai merawat…lain juga hasilnya…secara berkala juga dengan memberi lapisan pelindung sekaligus pengkilap body motor juga upaya untuk menjaga keawetan warna cat motor kita..motor lebih bersinar dan cat tahan lama (kayak iklan saja 🙂 ) cuci motor secara periodik atau kala kelihatan kotor,juga aktifitas wajib biker..kotoran yang sudah jadi flex akan susah untuk dibersihkan dan akan menyatu dengan body motor…dan tampilan jadi “motor korengan” :mrgreen:

dua contoh ringan diatas juga berlaku untuk sektor mesin…servis berkala di bengkel terpercaya juga wajib..keausan dan penurunan performa motor jadi lebih lama(logikannya semua motor akan turun performa setelah masa pemakaian jangka panjang) tiada yang kekal didunia ini 😀 … sama seperti tubuh manusia..jarang dijaga kondisi akan tua sebelum waktunya …..

Semoga berguna…

ridertua.

Comments Via Facebook

comments

20 Comments

  1. Hehehe…jadi inget komentar bapak saya waktu pertama nyoba ngendarain bebek saya. Beliau bilang, “kok lebih enak naek motor yamaha daripada honda ya?” Sambil senyam senyum (bangga), saya jawab,”Pah, motor merk apapun, kalo rajin dirawat dan dipake dg semestinya,pasti enak dipakenya.” Yg saya sayangkan, kadang para pemilik motor sering ngga menghargai motornya sendiri cuma gara2 motornya itu bebek entry level berharga murah…..

    • he he… bebek kalau gak dirawat yah serasa gerobak … suatu saat bakal nyusahin pemiliknya loh malah kalau pas lewat dikerumunan ada paduan suara body motor jadi malu.. 🙂

  2. Setelah baca artikel ini sy jd males ngerawat motor… HAH??!!! Kebalik y :mrgreen: 😆
    “Penampilan tunggangan mendobrak kegantengan penunggangnya” 😆

  3. bnar jg sih…saya jga rajin ngerawat mtr…sering di cuci, dilap biar ngga berdebu, parkir di tempat yg teduh, tp kdg2 ad msbah yg ngga terduga jg, tangki motor tiba2 penyok pas d tinggal parkir kepasar ,,,,sakit hati pastiny

  4. apapun yang dirawat pasti bakalan awet n tetap clink, jadi rajin2lah merawat istri….. eh motor ding hehe… klo istri terlalu cling tar malah ditawar orang hehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*