Moped apakah itu…?

Moped…moped apayah artinya..kata serapan atau asli bahasa Indonesia sih… Moped(Motor berpedal),tapi ada juga yang menyebutkan berasal dari kata Motorvelociped (swedia)….yaitu type sepeda motor berdaya rendah dan berpedal,transportasi sederhana,murah dan lebih mudah dalam hal izin (sim kali ❓ ……)

Flat twin Douglas 1912

Disebagian negara, usia yang diperbolehkan naik moped lebih muda lagi dari pada sepeda motor pada umumnya,karena kecepatannyapun dibatasi sampai 50kpj dan mesin maksimum 49cc.

Moped pertama kali ditemukan adalah moped Douglas tahun 1912,kenapa harus pakai pedal kemungkinan karena kecilnya daya dari moped ini… pedal berfungsi saat motor melalui tanjakkan..weleh2…campur onthel neh :mrgreen: …..di tahun 1918 dengan berkembangnya teknologi mesin moped seperti transmisi,kopling dan performa mesin maka pedal semakin jarang digunakan/kelengkapan saja..(seperti evolusi yah..) namun pedal masih tetap dipakai hingga tahun 90-an walau untuk sekedar pelengkap  saja(originality purposes)

Moped ada yang diaplikasikan untuk sepeda motor tanpa pedal,dengan ukuran mesin sama,kecepatan juga sama,daya pun seperti moped,hal ini menimbulkan kerancuan antara motor bebek dengan moped??  bahkan dibeberapa negara kendaraan roda 3 dan 4 kecil kadang masuk dalam kategori moped.. Nah loh…

Comments Via Facebook

comments

Avanza vs xpander

Hasil Akhir Penjualan LMPV November 2017, Xpander Mulai Buntuti Avanza

Hasil Akhir Penjualan LMPV November 2017 Xpander Mulai Buntuti Avanza – Hasil penjualan LMPV di bulan November sudah dirilis oleh Gaikindo. Ternyata Mitsubishi dengan Xpander-nya sudah mulai menunjukkan ‘taji’nya pada saingannya. Seperti apa? Share this:TweetLike [ Baca Lagi...]

18 Comments

  1. gambar pertama dan terakhir sangat oke untuk acuan modif, terutama buat pak guru eh pak camat yach sekarang? untuk kucing irengnya..

    btw simbah tuwek ngejar target iki.. akeh nemen postingane 🙂
    target pirang hits mbah?

1 Trackback / Pingback

  1. Kenapa Yamaha dan Honda beda sebut bebek…? | ridertua

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*