September 26, 2016

Polisi Tidur (traffic bump) apakah itu…

rubber tradffic bump

Memang kita sering melewati yang satu ini kalau di perkampungan dan dengan menggerutu kita libas aja dengan ngomel dalam hati “jalan sudah dibikin nyaman kok malah dibuat susah,dibuat bergelombang grrrrrrr …” tapi lama2 kita akan “pasrah” juga khan.. lalu kita ngomel dalam hati lagi “saya khan naik motornya pelan..pengendara yang lain tuh yang kenceng..” kilah kita dalam hati..tul gak bro..ayo jujur 😀

Polisi tidur dalam bahasa asing disebut “Sleeping Policement” ,”Traffic Bump”,”Speed Bump” yang mana fungsinya adalah memperlambat laju kendaraan bermotor, adalah bagian jalan yang ditinggikan yang dipasang melintang.

peraturan tentang polisi tidur di Indonesia

Ketinggiannya juga diatur serta cara penempatannya apalagi rambu peringatannya sesuai Keputusan menteri perhubungan no 3 tahun 1994 tentang alat pengendali dan pengamanan pemakai jalan,dimana sudut kemiringan adalah 15% dan tinggi maksimum tidak lebih dari 150 mm.

rambu jalan cembung
atau seperti ini......

Adapun penempatan yang diperbolehkan adalah pada:
1.Jalan pemukiman
2.jalan dengan kelas IIIC
3.Jalan yang sedang melakukan konstruksi

speed bump aka polisi tidur

posisi penempatan harus melintang tegak lurus dengan lalulintas jalan…dan untuk banyaknya(lebih dari satu) harus dikaji lebih lanjut sesuai manjemen dan rekayasa lalulintas

Tapi bukan yang ini loh  :mrgreen:…

kalau ini polisi lagi tidur bro
di motoGP ada pembalap tidur juga 😀

di MotoGP pun karena ketatnya persaingan sampai menghalangi rivalnya dengan cara tidur…..ampunnnnnnnnnnnn

About these ads

Comments Via Facebook

comments

38 Comments on Polisi Tidur (traffic bump) apakah itu…

  1. coba masuk gang gang kecil di sekitar kampus d malang pak bro… kudu pinjam klx nya p darmawan disana.. la jarak sejengkal ada polisi tidur.. bahannya dari semen, kecil tapi langsung meninggi, terasa sekali hentakannya

  2. @^^
    bener juga, kalo tol dipasang polwan tidur eh polisi tidur namanya jadi bukan jalan bebas hambatan lagi donk… :mrgreen:
    tapi jalan tol yg katanya bebas hambatan tetep ga bisa lepas dari hambatan yg namanya macet dan kecelakaan..

    • betul sekali bro yah namanya juga gak mau antre main serobot itu yang bikin macet… pernah merasakan transportasi di jepang wah maknyusssssssss… waktu itu tahun 2006, bis di jepang sama dengan bis terbaru disini 🙂

  3. speed bump a.k.a polisi tidur di indonesia, apalagi yg di komplek2 ato perumahan bukan merupakan pengontrol akan sopan santun berkendara lagi menurut saya…
    Tapi merupakan arogansi pribadi2 yg berada di lingkungan tersebut

    • yang arogan tu yg pake jalan bro…
      klo ga ngebut ga bakalan di ksh polisi tidur..
      coba bayangin kalo sodara lu yg ketabrak dan mati ato cacat!!!?? pasti lu bikin poldur sepuluh biji bderet…kayak kampret tdur…!!! yg nabrak pasti masuk penjara!!! biasanya 2 tahun
      sdh seharusnya smua saling mengerti..pemakai jalan dan yg punya area jalan…
      kalo mau ngebut ya di jalan besar ato tol skalian jgn di jln perumahan…

  4. q mo minTa di bikin Asrama ma Bpk” yg terkait,ah supaya di buatin Asrama Polisi.
    Alnya di daerah q Banyak sangat polisi tidurnya…. kasian pada kegiles ma mtr.
    Klo ada Asrama_nya khan bsa pd tdr di sono.
    Hehehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Translate »
%d bloggers like this: