System choke otomatis

Automatic Choke

choke otomatis


Memang teknologi sangat berkembang saat ini terutama dalam otomotif yaitu system otomatis pada saat kita menyalakan mesin kala kondisi mesin masih dingin(Automatic Choke)

Fungsi Choke

Secara singkat fungsi dari choke adalah untuk membantu menyalakan mesin waktu mesin dalam keadaan dingin.

Nah sebetulnya cara kerjanya adalah: Menutup saluran udara pada karburator sehingga campuran bensin kaya/gemuk/banyak sehingga supply bensin tidak telat……..
tapi ingat jangan terlalu lama menarik tuas choke karena dapat mengakibatkan kerak di ruang bakar (carbon deposit),boros bbm,busi cepat mati karena tidak sempurnanya proses pembakaran akibat campuran bensin berlebih. untuk honda Vartech saya 2menit …. automatic choke bekerja…

tips:  pada saat awal menyalakan mesin(dingin)atau setelah kehabisan bensin(tanki kosong…tanggal tua 🙂 ) ,posisi kontak off, menggunakan kick starter beberapa kali setelah itu nyalakan mesin seperti biasa.(kontak on/ignition)

Macam macam Choke & mekanismenya

karburator dellorto dengan automatic choke

Suhu kerja choke otomatis adalah dibawah 80 derajat C ,sehingga diharapkan choke akan berhenti bekerja setelah suhu kerja mesin diatas itu.
System choke otomatis dibagi menjadi ;
1.Vacum Idle up

vacuum automatic choke

sistem choke ini terdiri dari sebuah thermostatic coil, choke piston, choke valve , fast idle cam dan linkage. Cara kerjanya dikendalikan oleh kombinasi dari vakum intake manifold, offset choke valve, suhu udara, dan panas exhaust manifold.Thermostatic coil, yang terkait dengan choke valve shaft, menahan choke valve tertutup saat mesin dingin. Pada waktu mesin distart, kecepatan udara terhadap offset choke valve menyebabkan valve  membuka sedikit karena torsi dari kumparan termostatik. Selain itu, pada saat mesin start, intake manifold vakum digunakan untuk choke piston. yang juga cenderung untuk menarik choke valve  terbuka.Akibatnya, choke valve mengasumsikan posisi di mana torsi dari thermostatic coil seimbang terhadap vakum, menarik choke piston dan kecepatan udara terhadap offset choke valve, sehingga menyebabkan aliran udara  ke dalam karburator diatur dengan campuran yang tepat selama pemanasan mesin.
Selama pemanasan, choke piston berfungsi untuk memodifikasi gerakan choke untuk mengkompensasi perubahan beban mesin atau akselerasi. Setiap akselerasi atau peningkatan beban  yang meningkat mengurangi kevakuman yang diberikan pada choke piston. Hal ini memungkinkan torsi thermostatic coil  meningkatkan penutupan choke valve untuk menyediakan mesin  campuran bahan bakar yang cukup kaya untuk akselerasi.
Sejalan dengan menghangatnya mesin , udara panas dari exhaust manifold ditarik ke dalam penutup thermostatic coil  oleh vakum di belakang choke piston. Udara panas ini menyebabkan peningkatan suhu yang menyebabkan kumparan untuk perlahan-lahan sedikit demi sedikit meregang . Sehingga choke valve akan bergerak secara bertahap ke posisi terbuka penuh.
itu hanya sebagian contoh sistem saja untuk model & cara kerja akan lain  untuk tiap produsen karburator.

2.Bimetal

automatic choke bimetal

bimetal automatic choke
automatic choke bimetal system

3.Electric

electric automatic choke

Walaupun sebagian ada yang diaplikasikan dimobil tapi dasar & cara kerjanya mungkin tidak jauh beda…

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

20 Comments

  1. Berarti banyak rugi-nya ya kalo pas macet ??? bagaimana tuh mendeteksinya ??? lagipula kalo kendaraan sudah terasa ngga enak dan boros, biasanya orang akan menjudge mesin perlu diservis…. padalah autochoke jg bisa menyebabkanya…. pdhl fungsinya cm sebentar pas awal mesin hidup aja…. saya pikir autochoke lebih fungsional jika diaplikasi diluar negeri sono…… yg notabene suhu-nya lbh extrim.
    ……hidup karbu biasaaaaa …… !!!!

    • oh dalam kondisi mesin sudah jalan suhu mesin khan pasti diatas 80 derajat bro..yah gak berfungsi .. nah kalaupun suhu luar dingin belum tentu mesin dingin khan …coba pegang fuanassssss :mrgreen:
      satu lagi RPM mesin biasanya lebih tinggi waktu mesin panas dibandingkan pada awal waktu start pagi,itu bukan karena pengaruh autochoke… mungkin ada yang gak beres dikarbunya sendiri..kotor,air dst…

      • Kamsudku kalo pas piranti di dlm choke otomatisnya bro yg rusak, entah bimetalnya, entah kumparanya, entah vakum piston-nya mampet, entah elektriknya korslet,entah sensor suhu-nya, de el el ( namanya jg mekanis )
        shg menyebabkan motor nge-choke terus …. paling kan gejalanya mbrebet atau bensin boros…. kita menganggapnya motor sdh waktunya serpis, jarang yg menjugde kerusakan disitu

    • ya gakan bisa dong, kan motornya jadi ga enakeun ga ada tenaganya, pasti ngerasalah kalo cuknya belum ditutup lagi .

  2. bro, ane ga ngerti nih sama yang “setelah kehabisan bensin(tanki kosong…tanggal tua ) ,posisi kontak off, menggunakan kick starter beberapa kali setelah itu nyalakan mesin seperti biasa.(kontak on/ignition)”, itu gunanya buat apa ? dan caranya gimana ? apakah waktu jalan kalo bensin uda cekak ?

    Makasih

  3. Tidak adapengaruh autochoke dilepas, tutp saja pakai yang pas, anepakevario sudah lama gak pengaruh apa2 tuh, bensin gak boros, yang penting rawat baik2, sudah cukup, buang autochoke yg mahal itu, tidak pengaruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*