Amankah tekanan Ban motor kita…

ban kempes
Kadang hal satu ini kita abaikan kalau kita naik motor… apa itu..tekanan angin ban kita…. padahal ban yang mempunyai tekanan yang pas akan membuat pengendalian motor menjadi lebih baik(aman),umur ban menjadi lebih lama,dan kita tentunya akan lebih bisa menikmati touring kita dengan nyaman… mana yah touringrider ๐Ÿ˜† .

Ban yang kurang tekanan anginnya cenderung merusak ban itu sendiri secara tidak kita sadari karena naiknya suhuย  akibat tekanan angin kurang,keausanpun akan tidak rata karena putaran ban yang tidak stabil tadi….lagipula velg akan menerima benturan lebih , bisa jadi tidak balance bin peyang dikit :mrgreen:

nah bagaimana jika tekanan ban berlebihan, sama aja…semua kalau berlebihan juga gak bagus…kecuali kelebihan uang ๐Ÿ˜†ย  pengemudian juga tidak nyaman, rider akan merasakan getaran berlebih terutama di jalan yang gak mulus, body bunyi2 semua terutama untuk bebek yang berbaju plastik(betik)… ๐Ÿ™‚

Gimana cara menjaga tekanan ban… ?

  1. Selalu periksa tekanan udara ban secara rutin waktu servis atau sedang mampir di tukang tambal ban..jangan anggap remeh komponen yang satu ini…
  2. Dalam pengukuran yang ideal ( sesuai teori loh ) harus dilakukan pada saat ban dalam kondisi tidak habis dipakai,karena tekanan ban cenderung tinggi bila motor itu habis ngelibas aspal..istilahnya panas yang ditimbulkan dari gesekan ban & aspal membuat pengukuran tidak akurat..
  3. Selalu periksa tutup pentil untuk menjaga bocornya angin lewat daerah ini… ingat tutup juga punya peranan loh dalam menjaga tekanan ban..ganti bila sudah retak atau kelihatan tidak layak.
  4. Selalu jaga tekanan ban sesuai yang direkomendasikan pabrik… jangan lupa ingat berapa saat sendiri & saat ada boncenger, yang dianjurkan.

Nah mungkin bro sekalian menganggap ah cuma gitu aja kok..tapi ingat apakah kita tidak ingin selamat sampai tujuan,apakah kita gak ingin nyaman berkendara selama perjalanan,apakah kita tidak ingin ban kita lebih awet….so think about it… keep safety riding bro.

safety
BERBAGI JALAN RAYA

Comments Via Facebook

comments

17 Comments

  1. yg keren kok tukang tmbal ban bisa tahu pas yah ke presisian tekanan ban kita??….apa mendino cekelane ban dadi apal yo??..nek aku mendino cekelane celengan…xixiixix :mrgreen:

  2. bener. harus selalu kita cek. minimal 2 minggu sekali. punya saya depan 30psi, belakang 35psi. kalau terlalu atos ra penak, kroso nggranjel. nek keempeken wedi bocor tur abot playune.

    btw, punya saya dah tubeless semua loh.

  3. yuph betul! terutama buat orang-orang di Jakarta yang lagi musim ujan.. cek ban itu wajib.. jalanan licin,bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*